Kenal Dekat: Han So Hee, Ratu Drakor Baru yang Terus Eksis Meski Diterpa Drama Kehidupan
Wedding21 News
Selebriti
Kenal Dekat

Intip kisah hidup aktris cantik Han So Hee yang sukses mencuri perhatian para pencinta drakor lewat perannya sebagai pelakor di serial 'The World of the Married'.

WowKeren - Aktris cantik Han So Hee mulai banyak dikenal berkat perannya sebagai pelakor (perebut laki orang) di drama Korea "The World of the Married". Karakternya sebagai seorang wanita muda yang mengencani pria beristri sukses menguras emosi penonton dan membuktikan kemampuannya sebagai seorang aktris.

Setelah mendapat kesuksesan di "The World of the Married", Han So Hee mulai dipercaya untuk menjadi pemeran utama sejumlah drakor. Karakter yang diperankannya pun beragam, mulai dari mahasiswi seni, penulis lirik lagu, hingga gangster yang menjadi mata-mata di badan kepolisian.


Kini menjadi salah satu "Ratu Drama Korea" alias "Ratu Drakor", Han So Hee ternyata juga pernah diterpa drama kehidupan di dunia nyata. Kedua orangtuanya bercerai sejak ia kecil sehingga Han So Hee dibesarkan oleh neneknya. Untuk mengejar cita-citanya sebagai seorang aktris, Han So Hee juga nekat pindah ke Seoul dengan hanya sedikit uang. Oleh sebab itu, ia harus mengambil kerja sambilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Drama kehidupan Han So Hee tidak berhenti sampai di situ. Setelah namanya meroket berkat "The World of the Married", Han So Hee sempat terlibat kontroversi karena kasus penipuan yang menyeret ibunya. Ibu Han So Hee dituduh melakukan penipuan senilai 85 juta won atau setara Rp 1 miliar karena tidak membayar utang seperti yang dijanjikannya.

Ingin tahu bagaimana tanggapan Han So Hee atas kasus penipuan ibunya? Penasaran dengan perjalanan panjang Han So Hee untuk menjadi seorang Ratu Drakor? Simak perjalanan karier dan biodata lengkap Han So Hee berikut ini!

(wk/Bert)

1. Profil Umum


Profil Umum
Instagram/xeesoxee

Nama Selebriti:Han So Hee

Nama Asli: Lee So Hee

Tanggal Lahir: 18 November 1994

Tempat Lahir: Ulsan, Korea Selatan

Tinggi Badan: 165 cm

Gender: Wanita

Golongan Darah: AB

Zodiak: Sagitarius

Agensi: 9ato Entertainment

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Pekerjaan: Aktris

Warna Rambut: Hitam

Warna Mata: Hitam

Pendidikan:

  1. Ulsan High School of Arts
  2. Ulsan Girls' High School

Terkenal sejak: Berperan sebagai Lee Seo Won di "Reunited Worlds" (2017)

Akun Media Sosial Resmi:

  1. Instagram: xeesoxee

2. Filmografi


Filmografi
Official JTBC

Serial Drama

  1. "Reunited Worlds" sebagai Lee Seo Won (2017)
  2. "Money Flower" sebagai Yoon Seo Won (2017)
  3. "100 Days My Prince" sebagai Kim So Hye (2018)
  4. "After the Rain" sebagai Soo Jin (2018)
  5. "Abyss" sebagai Jang Hee Jin (2019)
  6. "The World of the Married" sebagai Yeo Da Kyung (2020)
  7. "Nevertheless" sebagai Yoo Na Bi (2021)
  8. "My Name" sebagai Yoon Ji-Woo / Oh Hye-Jin (2021)
  9. "Soundtrack #1" sebagai Lee Eun Soo (2022)
  10. "Gyeongseong Creature" sebagai Yoon Chae Ok (2023)

3. Penghargaan


Penghargaan
Star News

APAN Star Awards

  1. 2021: Best New Actress (nominasi)
  2. 2022: Top Excellence Award (Actress in an OTT Series) (nominasi), Popularity Star Award (Actress) (nominasi)

Asia Artist Awards

  1. 2020: Best New Artist (Actor)
  2. 2021: AAA Best Artist (Actor)

Baeksang Arts Awards

  1. 2020: Best New Actress (nominasi)
  2. 2022: Best Actress (nominasi)

Blue Dragon Series Awards

  1. 2022: Best New Actress (nominasi)

Brand of the Year Awards

  1. 2020: Rising Star Actress

Korea First Brand Awards

  1. 2020: Rising Star Actress

MBC Drama Awards

  1. 2017: Best New Actress (nominasi)

4. Trivia


Trivia
Instagram/xeesoxee
  1. Tinggal dan diurus oleh sang nenek sejak kecil karena kedua orangtuanya bercerai
  2. Saking sayangnya dengan sang nenek, Han So Hee sempat buat tato dengan desain bunga kelahiran neneknya agar mereka seolah-olah selalu bersama
  3. Sempat mengambil jurusan seni tapi akhirnya banting setir ke dunia akting
  4. Ngaku bawa pakaiannya sendiri kala berperan di MV "Tell Me What to Do" milik SHINee
  5. Rela hapus tato di lengannya saat debut sebagai aktris
  6. Ingin jadi aktris seperti Kim Hee Ae yang bisa memimpin jalannya cerita
  7. Saat membaca naskah "The World of the Married", Han So Hee justru merasa kasihan pada karakter Yeo Da Kyung yang diperankannya
  8. Akun Instagram-nya sempat dibombardir komentar kebencian oleh netizen Indonesia karena aktingnya yang sangat meyakinkan sebagai pelakor di "The World of the Married"
  9. Ikut "action school" selama hampir tiga bulan untuk belajar melakukan adegan action dengan aman di "My Name"
  10. Demi perannya di "My Name" yang kerap menggunakan pistol dan pisau, Han So Hee sempat membawa pisau kemana-mana untuk membiasakan diri
  11. Perannya di "Soundtrack #1" mengingatkan Han So Hee soal cinta bertepuk sebelah tangan yang pernah ia rasakan di masa muda
  12. Wajahnya sempat terluka kala syuting adegan action tingkat tinggi untuk "Gyeongseong Creature"
  13. Penggemar berat BLACKPINK dan memilih Jennie sebagai bias-nya
  14. Sering disebut sebagai kembaran Shin Ryujin ITZY
  15. Masuk dalam jajaran Korea Power Celebrity 40 versi Forbes di tahun 2021 dan 2022

5. Riwayat Hidup


Riwayat Hidup
Instagram/xeesoxee

Lee So Hee atau yang lebih banyak dikenal sebagai Han So Hee lahir pada 18 November 1994. Saat usianya baru 5 tahun, kedua orangtua Han So Hee bercerai sehingga ia harus dibesarkan oleh sang nenek.

Saat usianya 17 tahun, Han So Hee dan neneknya pindah ke Ulsan tempat sang ibu tinggal. Meski begitu, Han So Hee tidak tinggal bersama ibunya dan tetap tinggal bersama sang nenek. Ia kemudian memutuskan untuk mengejar karier di dunia akting demi sang nenek yang ingin melihat cucunya di televisi.

"Nenekku selalu suka menonton TV. Jadi… tentu saja, nenek mulai ingin melihatku di televisi. Tumbuh bersama nenek, aku terus-menerus mendengar dia membicarakannya. Dan itu perlahan membuatku berpikir tentang bagaimana rasanya tampil di TV. Begitulah pengejaran mimpi dimulai untukku," beber Han So Hee dalam sebuah wawancara.

Han So Hee kemudian memutuskan untuk pindah ke Seoul setelah lulus SMA. Di usia 20 tahun, Han So Hee nekat pindah dari Ulsan ke Ibu Kota hanya dengan berbekal uang 300.000 won atau sekitar Rp 3,5 juta. Han So Hee berjanji untuk menghasilkan banyak uang karena melihat neneknya yang sudah tua harus merawatnya sendirian.

Meski demikian, perjalanan Han So Hee untuk mencapai cita-citanya tidaklah mulus. Awalnya, Han So Hee harus membanting tulang dan bekerja di bar sampai pagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rutinitas tersebut ia lakukan setiap hari selama satu tahun.

Secara perlahan, Han So Hee mulai meraih popularitas di media sosial hingga jumlah followers-nya terus bertambah. Pada 2016, Han So Hee muncul di video klip "Tell Me What to Do" milik grup K-Pop populer SHINee. Setelah itu, Han So Hee juga sempat menjadi model dalam sejumlah video klip lain, di antaranya "That Girl" yang dinyanyikan Jung Yong Hwa bersama Loco, "The Hardest Part" milik Roy Kim, hingga "You&I" milik MeloMance.

Han So Hee kemudian debut di dunia akting lewat drama "Reunited Worlds" pada 2017. Han So Hee terus meniti karier di dunia akting sebagai pemeran pembantu di sejumlah drama seperti "Money Flower", "100 Days My Prince", dan "Abyss".

Karakternya sebagai Yeo Da Kyung di drama "World of the Married" lah yang kemudian membuat popularitas Han So Hee meroket. Di drama tersebut, Han So Hee berperan sebagai seorang gadis muda yang menjadi selingkuhan pria beristri. Penampilan apik Han So Hee saat memerankan karakter Yeo Da Kyung sukses membuat penonton geregetan.

Drama "World of the Married" sendiri mendapat kesuksesan yang luar biasa. Selama pemutaran 16 episode, jumlah penonton "World of the Married" terus melonjak hingga sukses memecahkan rekor "SKY Castle" sebagai pemegang rating drama tertinggi dalam sejarah jaringan kabel. Berkat perannya sebagai Yeo Da Kyung, Han So Hee pun dinobatkan sebagai Rookie of the Year dalam ajang penghargaan Asia Artist Awards 2020.

Setelah menerima respons luar biasa lewat "World of the Married", Han So Hee pun dipercaya untuk menjadi bintang utama dalam sejumlah proyek lain. Salah satunya adalah drama "Nevertheless" yang ia bintangi bersama aktor tampan Song Kang. Drama tersebut mengisahkan tentang Yoo Na Bi (diperankan Han So Hee) yang menjalin hubungan terbuka dengan Park Jae Yeon (diperankan oleh Song Kang). Drama tersebut mendapat banyak sorotan karena adegan-adegan beraninya dan juga chemistry luar biasa antara Han So Hee dan Song Kang.

Tak hanya itu, Han So Hee telah menunjukkan sisi gaharnya lewat serial Netflix berjudul “My Name” yang tayang pada 2021. “My Name” bercerita tentang Yoon Ji Woo (diperankan Han So Hee) yang bergabung dengan jaringan kriminal dan menyusup ke tubuh kepolisian sebagai agen rahasia untuk mengetahui kebenaran di balik kematian ayahnya. Perannya di serial ini mengharuskan Han So Hee melakukan lebih banyak aksi dibanding proyek-proyek sebelumnya.

”Itu cukup mendadak. Aku tidak secara khusus mencari proyek bergenre aksi, tetapi aku selalu ingin memainkan naskah di mana karakter wanita memimpin proyek itu sendirian. Kebetulan naskah yang ku inginkan itu memiliki genre aksi, dan aku berkata akan melakukannya. Aku sangat menyukai genre noir, jadi menurutku itu berpengaruh besar pada pilihanku,” beber Han So Hee dalam wawancara bersama Sports Chosun beberapa waktu lalu.

Kini sukses menjadi seorang aktris papan atas, Han So Hee diketahui masih belum pernah mengkonfirmasi hubungan asmara. Meski begitu, Han So Hee sempat dirumorkan berpacaran dengan lawan mainnya di “Nevertheless”, Song Kang. Rumor kencan itu mencuat usai keduanya tampak sangat intim dan mesra kala syuting bersama.

Rumor tersebut makin santer pasca beredarnya foto seorang pria dan wanita yang diduga merupakan Song Kang dan Han So Hee saat tengah berkencan. Pada 18 Juni 2022 lalu, saluran YouTube gosip selebriti Sojang mengklaim foto tersebut merupakan hasil jepretan penggemar yang mendapati Han So Hee serta Song Kang sedang berkencan. Namun kebenaran di balik “foto kencan” tersebut akhirnya bisa terungkap.

Aktor Moon Sang Min yang turut membintangi “My Name” bersama Han So Hee mengunggah foto pemicu rumor tersebut ke akun Instagram-nya. Moon Sang Min kemudian menandai akun Han So Hee dan fotografer yang mengambil foto tersebut di unggahannya. Ternyata, wanita dan pria dalam foto tersebut adalah Han So Hee dan Moon Sang Min, bukannya Song Kang. Adapun foto tersebut diambil dalam acara kumpul-kumpul “My Name” dan awalnya diunggah oleh fotografer yang dekat dengan Han So Hee ke Instagram Stories. Dengan demikian, rumor kencan Han So Hee dan Song Kang masih belum terbukti.

Tak hanya rumor kencan, Han So Hee ternyata juga sempat terlibat dalam kontroversi pelik pasca mendapat kesuksesan besar lewat “The World of the Married”. Pada 2020 lalu, seorang netizen anonim mengaku telah ditipu oleh ibu dari seorang selebriti yang menjadi populer melalui drama “The World of the Married”. Netizen itu menjelaskan bahwa dirinya telah bergabung dengan grup arisan yang dijalankan ibu selebriti tersebut sejak Oktober 2015 dan harus membayar uang sebesar 2.450.000 won atau setara Rp 28,9 juta per bulannya. Seharusnya, netizen tersebut menerima uang arisan pada September 2016, namun ibu selebriti tersebut justru menghilang.

”Saya punya mimpi yang ingin saya capai dengan uang itu, tetapi semuanya sia-sia. Sekarang saya tidak peduli dengan uangnya, saya hanya ingin orang itu menerima hukuman. Setiap kali saya melihat selebriti itu di TV, saya menjadi sangat marah. Aku tidak bisa tidak berpikir, 'Apakah dia menjadi terkenal karena uangku?' Saya telah hancur, tetapi selebriti itu sukses bahkan ketika ibunya menipu orang,” tulis netizen tersebut.

Tak lama kemudian, Han So Hee langsung memberikan tanggapan lewat blog pribadinya. Meski tidak ikut berbuat salah, Han So Hee meminta maaf kepada orang-orang yang menjadi korban penipuan ibunya. Aktris cantik tersebut kemudian menjelaskan bahwa ayah ibunya telah bercerai sejak ia berumur 5 tahun, dan ia dibesarkan oleh sang nenek sejak saat itu. Han So Hee juga mengaku tidak pernah berhubungan dengan sang ibu dan baru mengetahui soal utangnya saat ia berusia 20 tahun.

”Karena ibuku adalah putri dari wanita yang membesarkanku (sang nenek), dan karena kewajiban moral hubungan orang tua-anak, aku melunasi hutang ibuku sebanyak yang ku bisa sebelum debut,” tulis Han So Hee. “Setelah debut, melalui kontak dari berbagai debitur, aku mengetahui bahwa dia (sang ibu) memiliki lebih banyak utang yang belum dibayar yang dia pinjam atas namaku. Aku juga mengetahui bahwa dia telah memasukkan namaku ke dalam dokumen utang tanpa sepengetahuanku dan bahwa namaku terlibat dalam utang yang sangat besar sehingga aku tidak dapat menanganinya.”

Karena sang ibu menggunakan rekening bank yang dibuat atas nama Han So Hee dalam proses meminjam uang, aktris cantik tersebut lantas ikut terseret dalam gugatan penipuan ibunya. Rekening itu dibuat oleh sang ibu sejak Han So Hee masih kecil, dan digunakannya untuk meminjam uang tanpa sepengetahuan sang aktris. 9ato Entertainment selaku agensi Han So Hee lantas mengklarifikasi bahwa pengadilan telah memutuskan kasus penipuan yang dilakukan sang ibu tidak berkaitan dengan aktris mereka.

“Putusan akhir Pengadilan Distrik Ulsan pada 8 April 2021 menyatakan, ‘Uang dipinjam menggunakan rekening atas nama Han So Hee, tetapi tidak cukup untuk mengakui bahwa Han So Hee bertanggung jawab secara tanggung renteng atas utang tersebut, jadi tidak ada bukti untuk mengakui (keterlibatannya)’,” tulis pihak agensi pada 7 Maret 2022.

Han So Hee sendiri juga dengan tegas menyatakan tidak akan lagi memberikan bantuan atas utang-utang ibunya. Langkah tersebut dilakukan untuk memblokir sang ibu dari memakai nama putrinya untuk meminjam uang dan menyalahgunakan fakta bahwa putrinya adalah selebriti terkenal untuk meminjam uang.

Terlibat dalam situasi pelik terkait keluarga, Han So Hee pun menuai simpati publik. Banyak yang menilai Han So Hee merupakan seorang putri berbakti yang sempat membayar utang sang ibu. Beberapa netizen pun marah dengan aksi ibu Han So Hee yang meminjam uang menggunakan nama putrinya.

Ini sangat menyedihkan. Dia tidak dapat menerima cinta orang tuanya dengan baik sejak dia masih muda. Dan dia juga harus membayar kembali utang ibunya. Aku berharap kamu bisa sukses dan menjadi bahagia,” komentar salah satu netizen. “Dengan ini, Han So Hee akan dibebaskan dari lubang ini. Ibunya sekarang bisa dijebloskan ke penjara. Dia tidak perlu membayar utang ibunya hanya karena dia ibu kandungnya. Seluruh negeri tahu tentang ini,” tambah netizen lain.

Kini, Han So Hee masih terus aktif di dunia akting. Han So Hee akan bekerja bersama aktor tampan Park Seo Joon dalam proyek terbarunya, “Gyeongseong Creature”, yang diperkirakan tayang tahun depan. Jika ingin tahu lebih banyak informasi mengenai Han So Hee, kalian bisa mencari berita terbaru di laman profilnya berikut ini!

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait