'Birthday' Red Velvet Catat Penjualan Fisik Paling Tinggi tapi Lemah di Chart Digital
Instagram/redvelvet.smtown
Musik

'Birthday' debut di posisi #19 di chart MelOn. Lagu tersebut debut di posisi #25 di MelOn Daily Chart pada keesokan harinya dan di posisi ke-44 di MelOn Weekly Chart pada hari ini, Senin (5/12).

WowKeren - Pada 28 November, Red Velvet comeback dengan mini album keenam mereka, "The ReVe Festival 2022 - Birthday" dan judul lagu "Birthday". Album tersebut telah memecahkan mereka sendiri untuk penjualan album minggu pertama tertinggi, namun raihan digitalnya tak sebaik harapan.

Pada hari pertama perilisan, "The ReVe Festival 2022 - Birthday" terjual dengan total 392.000 copy yang mengesankan di Hanteo Chart. Album ini memecahkan rekor penjualan album hari pertama Red Velvet sebelumnya sebesar 231.100 copy yang dibuat oleh "The ReVe Festival 2022 - Feel My Rhythm."

Dari 28 November hingga 4 Desember, Red Velvet "The ReVe Festival 2022 - Birthday" terjual total 496.874 copy, mencapai penjualan album minggu pertama tertinggi baru grup wanita tersebut di Hanteo. Rekor mereka sebelumnya adalah 443.922 copy yang dibuat oleh mini album kelima mereka, "The ReVe Festival 2022 - Feel My Rhythm" Maret lalu.

"The ReVe Festival 2022 - Birthday" sudah menandakan kesuksesannya setelah memecahkan rekor pribadi Red Velvet untuk jumlah pre-order stok. Itu mencatat 712.187 pre-order pada 27 November. Selain itu, mini album tersebut mencapai pre-order stok tertinggi keenam dari album girl grup K-pop mana pun dalam sejarah.


Di sisi lain, title track comeback Red Velvet, "Birthday", debut di posisi #19 di chart MelOn. Lagu tersebut debut di posisi #25 di MelOn Daily Chart pada keesokan harinya dan di posisi ke-44 di MelOn Weekly Chart pada hari ini, Senin (5/12).

Ini tentu tak sebaik lagu Red Velvet sebelumnya, "Feel My Rhythm" yang stabil di posisi Top 3 MelOn untuk beberapa waktu setelah dirilis. Para netizen di komunitas online Pann pun ikut mengomentari comeback terbaru Red Velvet dengan "Birthday".

"Meski begitu, aku merasa jika RV merilis lagu seperti 'Psycho' sekarang, mereka akan bisa bangkit kembali. Bukankah inti mereka solid?" komentar netizen. "Aku hanya merasa mereka diberi lagu yang buruk kali ini. Bahkan selama 'RBB', orang bertanya-tanya apakah RV akan mulai gagal," kata netizen lainnya. "Semua orang tetap diam saat 'Feel My Rhythm' sukses. Biasanya mereka akan merilis lagu bagus dan merilis sesuatu seperti 'RBB', lalu merilis lagu bagus lagi," ujar yang lain.

"Setiap kali mereka merilis lagu baru, orang-orang memanggil mereka has-been dan kemudian mereka merilis lagu lain yang bagus, dan hasilnya naik lagi. Melihat bagaimana mereka masih bisa menjual dengan baik dan mereka masih populer berarti inti mereka pasti sangat solid, keke," kata netizen. "Memang benar bahwa mereka mungkin tidak selalu membuat gebrakan dengan begitu banyak senioritas tapi mereka masih menjadi grup yang populer. Tapi aku hanya berharap penggemar mereka berhenti mengatakan bahwa mereka yang pertama mencoba konsep ini atau itu," imbuh lainnya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait