11 Potret Prosesi Siraman Erina Gudono Calon Bojo Kaesang Yang Penuh Haru
Indosiar
Selebriti
Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

Jelang prosesi akad nikah dengan Kaesang Pangarep, Erina Gudono menjalani acara tradisi Jawa yakni prosesi Siraman yang dilaksanakan pada Jumat (9/12). Beriku potret lengkapnya:

WowKeren - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menikah pada Sabtu (10/12) mendatang. Jelang prosesi akad nikah, pasangan ini menjalani acara tradisi Jawa yakni siraman yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat (9/12). Kaesang akan menjalani Siraman di Solo sementara Erina akan melaksanakan Siraman di rumahnya di Yogyakarta.

Sebelumnya dikatakan bahwa untuk acara Siraman, air yang akan dipakai diambil dari tujuh sumber air. Dijelaskan pula bahwa sumber air untuk Siraman berasal dari kediaman Erina Gudono dan kediaman Kaesang. Sementara lima sumber air lainnya diambil dari tempat lain.

Sementara itu, acara Siraman Erina disiarkan secara live di stasiun televisi. Sementara Kaesang juga melakukan Siraman. Namun Presiden Joko Widodo berbagi cerita bahwa putra bungsunya menangis di momen tersebut. Simak berikut potretnya:

(wk/rosi)

1. Memohon Izin Menikah


Memohon Izin Menikah
Indosiar

Erina memasuki ruangan acara untuk melakukan tradisi Langkahan. Tampak ia memakai kebaya warna hijau lengkap dengan jarik dan gaya rambut disanggul. Erina duduk bersimpuh memberikan ungkapan terima kasih kepada sang ibu serta meminta izin untuk menikah.

Suasana syahdu mengiringi acara prosesi iraman di mana Erina tak kuasa menahan air mata di momen meminta izin emnikah dengan Kaesang. Erina juga meminta izin untuk menikah terlebih dahulu kepada dua kakaknya. Acara ini berjalan dengan lancar serta penuh haru di mana semua keluarga merestui serta mendoakan kebahagiaan untuk Erina.

2. Sungkeman dan Langkahan


Sungkeman dan Langkahan
Indosiar

Usai melakukan tradisi Langkahan, Erina kemudian menjalani Sungkeman. Ia bersimpuh di kaki sang ibu yang kemudian disambut pelukan oleh Ibu Gudono. Tak hanya kepada sang ibu, Erina juga melakukan Sungkeman kepada kedua kakaknya. Acara kemudian dilanjut dengan penyerahan Sanggan Pelangkah dan ritual simbolis lainnya.

3. Pihak Kaesang Juga Haru Biru


 Pihak Kaesang Juga Haru Biru
Indosiar

Tak hanya pihak Erina, mempelai pria juga penuh haru biru. Saat diwawancara, keluarga Joko Widodo mengatakan bahwa Kaesang menangis di momen Siraman. Akan tetapi, momen Siraman Kaesang sendiri tak terekspos ke media. Tampak mata Kaesang agak sembab ketika diwawancarai media.

4. Pakai Baju Jumputan


Pakai Baju Jumputan
Indosiar

Dalam prosesi Siraman, Erina mengenakan Baju Jumputan yang khas. Selain itu, Erina juga memakai rompi dari melati di badan dan di kepala bak mahkota. Sebelum melakukan Siraman, Erina mengabadikan foto bersama keluarganya.

5. Siraman Air Pertama


Siraman Air Pertama
Indosiar

Ibu Gudono menjadi yang pertama menyiramkan air yang diambil dari 7 sumber. Siraman pertama dilakukan oleh Ibu Gudono yang menyiramkan canting berisikan air kepada sang putri. Erina terlihat khusyuk mengikuti serangkaian acara Siraman menjelang pernikahannya.

6. Makna Bagian Siraman


Makna Bagian Siraman
Indosiar

Jawa memiliki kekayaan budaya yang memiliki makna di setiap ritualnya. Seperti kali ini, sirama di kepala, badan dan kaki ternyata memiliki makna tertentu. Siraman di kepala berartikan agar tak mudah emosi seentara siraman di bagian dada dan perut berarti segera mendapat momongan.

7. Siraman Oleh Pini Sepuh


Siraman Oleh Pini Sepuh
Indosiar

Siraman juga dilanjutkan oleh pini sepuh, orang terdekat yang sudah ditunjuk untuk mengikuti prosesi siraman. Pini sepuh yang diundang oleh keluarga Gudono terlihat menuangkan air ke Erina di prosesi Siraman. para pinisepuh ikut memandikan dan memberikan berkahnya.

8. Berwudhu dengan Air Kendi


Berwudhu dengan Air Kendi
Indosiar

Usai para pini sepuh menyiramkan air ke Erina saat Siraman akan ada proses wudhu dari air kendi. Tampak Ibu Gudono memegangi kendi saat Erina berwudhu. Erina membasahi wajah serta tangan hingga telinganya dengan air kendi tersebut.

9. Pecah Pamor Sebagai Wanita Dewasa


Pecah Pamor Sebagai Wanita Dewasa
Indosiar

Usai berwudhu, acara dilanjut dengan pemecahan kendi. Kendi yang kosong tersebut dipegang oleh kedua orang tua, kemudian dijatuhkan ke tanah sehingga pecah. Ini menjadi simbol Erina pecah pamor sebagai wanita dewasa.

10. Potong Rikmo


Potong Rikmo
Indosiar

Usai melakukan siraman dan pemecahan kendi, dilanjut dengan memotong rambut Erina yang merupakan bagian ritual Potong Rikmo. Nantinya rambut Erina ini akan dikubur bersama dengan milik Kaesang di halaman rumah. Prosesi Siraman ini sendiri bertujuan agar semua hal buruk dikubur bersamaan dengan rambut hingga kelak Erina dan Kaesang disertai kebaikan serta kebahagiaan dalam rumah tangganya.

11. Pakai Kain Nogosari


Pakai Kain Nogosari
Indosiar

Siraman akhirnya telah usai dilakukan dan Eriana kemudian dibalut kain batik Nogosari. Sementara itu, keluarga kemudian melakukan serangkaian ritual melepaskan Erina memiliki kehidupan baru, salah satunya ialah Lepas Ayam Srana.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait