Terbaru Dian Sastro, 10 Artis Ini Geram Fotonya Dicatut Tanpa Izin untuk Jualan
Instagram/cathysharon
Selebriti

Sejumlah artis yang mengetahui fotonya dicatut oknum penjual tak bertanggung jawab tentu merasa geram, yang mana hal itu juga merugikan konsumen. Berikut beberapa di antaranya.

WowKeren - Memiliki popularitas memang menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Sebab dengan popularitas, berbagai keuntungan bisa diperoleh. Termasuk salah satunya dalam mempromosikan produk-produk tertentu. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak sekali brand-brand besar yang mendapuk artis untuk mempromosikan produk mereka kepada khalayak umum.

Semakin tinggi popularitas artis maka tarif yang dipasang juga kian mahal. Dengan kekuatan popularitas, hal itu bisa mengajak orang lain untuk membeli atau mencoba produk yang dimaksud. Tak mengherankan pula jika hal-hal semacam ini justru kerap dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa penjual rupanya dengan sengaja mencomot foto artis tertentu untuk mempromosikan produk jualan mereka agar laku.


Padahal, mereka sama sekali belum meminta izin kepada artis yang bersangkutan. Tentu saja, hal-hal semacam ini cukup meresahkan. Terutama bagi artis-artis yang merasa dirugikan dengan promosi produk yang mencatut foto mereka tanpa seizinnya. Sayangnya, praktik semacam ini masih terjadi sampai sekarang.

Sejumlah artis yang mengetahui namanya dicatut oknum penjual tak bertanggung jawab tentu merasa geram. Beberapa dari mereka kesal dan berusaha mengingatkan konsumen untuk tidak mudah percaya dengan akun-akun penjual yang memanfaatkan popularitas mereka.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk melihat artis mana saja yang pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan, ketika foto mereka dicatut tanpa izin untuk keperluan bisnis. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Dian Sastro


Dian Sastro
Instagram/therealdisastr

Baru-baru ini, artis Dian Sastro meluapkan kekesalannya lewat unggahan di Instagram. Itu terjadi setelah ia mendapati sejumlah oknum penjual secara asal menyomot fotonya tanpa izin. Ia pun memperingatkan agar oknum tersebut lebih bersikap bijaksana jika memang ingin berjualan, tanpa mencatut foto orang lain tanpa seizin yang bersangkutan.

"Teman-teman, please be mindful kalo lagi berwirausaha. Mohon jangan asal menggunakan foto orang lain untuk memasarkan produk jualannya," tulisnya. Untuk menghindari adanya korban, Dian pun mengklarifikasi bahwa dirinya sama sekali tidak pernah memakai produk tersebut.

2. Ivan Gunawan


Ivan Gunawan
Instagram/ivan_gunawan

Desainer kondang Ivan Gunawanjuga pernah dibuat geram dengan oknum penjual yang seenak hati mencatut fotonya. Hal itu diketahui dari unggahan pria yang akrab disapa Igun tersebut yang memperlihatkan potongan gambar dari salah satu postingan akun gosip di Instagram. Postingan tersebut berisi kisah Igun dalam menurunkan berat badan.

Namun, ia merasa dirugikan lantaran artikel tersebut berisi promosi produk penurun berat badan. Akun gosip itu pun langsung memberikan klarifikasi dan meminta maaf pada Igun. Igun berharap agar para pelaku usaha tak sembarangan mencatut fotonya. Ia pun menerima permintaan maaf dari akun yang bersangkutan dan menganggap masalah selesai.

3. Farah Quinn


Farah Quinn
Instagram/farahquinnofficial

Chef terkenal Tanah Air Farah Quinn juga pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan. Fotonya dicatut tanpa izin di situs belanja online untuk iklan produk dapur seperti pisau dan wajan. Farah pun merasa namanya tercemar lantaran ia tidak tahu pasti seperti apa kualitas barang yang dijual dengan memanfaatkan fotonya itu.

Sebab hal tersebut dikhawatirkan bisa memberikan citra buruk dirinya dalam masak-memasak. Sempat melayangkan somasi, namun Farah tak mendapat respons baik dari perusahaan yang bersangkutan sehingga ia melaporkannya ke Mabes Polri. "Adanya foto ini bisa mencemarkan nama baik dan merusak reputasi saya," ujarnya.

4. Melly Goeslaw


Melly Goeslaw
Instagram/melly_goeslaw

Melly Goeslaw punya cara tersendiri dalam menghadapi oknum-oknum tak bertanggung jawab seperti itu. Mulanya, ia masih memberikan kesempatan pada oknum penjual dengan mendiamkan akun tersebut yang mempromosikan barang dagangannya dengan mencomot namanya. Padahal, teman-temannya memintanya untuk membawa kasus tersebut ke jalur hukum.

Namun lama-kelamaan, oknum tersebut dirasa sudah keterlaluan. "Krn ini produk udah mulai ngendorse admin2 fansclub artis2 besar. Ini buruk banget sih menurut sy," tulis Melly. Meski tak ambil pusing, ia pun meminta bantuan kepada para artis untuk mengecek admin dan menegur jika melihat produk pelangsing yang menggunakan foto dirinya.

5. Okky Lukman


Okky Lukman
Instagram/okidatanglagi

Okky Lukman memang pernah membuat publik takjub dengan perubahan pada penampilan fisiknya yang dinilai semakin ramping dan cantik. Namun, siapa sangka jika perubahan itu justru dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi? Oknum penjual tersebut mencatut foto Okky.

Tentu saja, hal ini membuat Okky geram. Okky yang merasa dirugikan pun tak tinggal diam begitu saja. Ia lantas memberikan klarifikasi dan mempertanyakan izin produk pelangsing tersebut kepada BPOM. Tak hanya itu, ia juga mengancam akan membawa perkara itu ke jalur hukum.

6. Ari Wibowo


Ari Wibowo

Ari Wibowo pernah merasa dirugikan saat fotonya dicatut tanpa izin untuk mempromosikan bisnis investasi. Fotonya bersama seorang pria dicatut dan diunggah oleh akun tertentu, dengan menyebutkan seolah-olah Ari Wibowo telah bergabung dengan bisnis investasi tersebut.

Ari Wibowo pun mengunggah ulang postingan itu dan membantah tegas hal tersebut. Ia dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tidak pernah bergabung dalam investasi yang dimaksud. Terkait foto itu, Ari mengaku bahwa dirinya hanya diminta untuk berfoto dengan pria tersebut. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing dengan penipuan semacam ini.

7. Tya Ariestya


Tya Ariestya
YouTube/Tya Ariestya

Untuk mendapatkan kepercayaan pembeli, penjual memang perlu memberikan testimoni yang meyakinkan dari orang-orang yang telah mencoba produk tersebut. Namun sayangnya, masih ada akun penjual yang membuat testimoni abal-abal dengan mencatut foto artis yang bersangkutan. Tya Ariestya pernah dirugikan dengan akun penjual produk pelangsing.

Akun tersebut memakai foto Tya yang menunjukkan seolah-olah ia berhasil menurunkan berat badan dengan produk tersebut. Padahal, ia berhasil menurunkan berat badan tanpa bantuan produk pelangsing apa pun. Ia lantas mengingatkan jika memang ingin berjualan maka sebaiknya menggunakan testimoni yang jujur.

8. Cathy Sharon


Cathy Sharon
Instagram/cathysharon

Cathy Sharon beberapa waktu lalu sempat dibuat kaget ketika foto dirinya dicatut untuk katalog prostitusi online. "Kalau dari saya (pertama kali) tahu lewat (pesan di) WhatsApp, ada yang menghubungi saya mengirimkan foto dan link (katalog prostitusi online)," katanya. Tak tinggal diam, ia pun membawa perkara itu ke jalur hukum.

Ia khawatir jika ada publik yang tidak mengenalnya akan berpikir negatif terhadap dirinya akibat foto di katalog tersebut. "Oleh sebab itu saya keberatan dan saya menghubungi (kuasa hukum) Sandy (Arifin)," ucap Cathy. Hal itu juga berdampak pada kehidupan sosialnya dengan banyak keluarga dan kerabat yang bertanya padanya mengenai hal tersebut.

9. Liza Natalia


Liza Natalia
Instagram/lizanataliaofficial

Liza Natalia pernah naik pitam lantaran nama dan fotonya digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Hal itu diketahui dari unggahan Liza berupa tangkapan layar berisi nomor WhatsApp seseorang namun dengan menggunakan fotonya. Adapun modus yang dilakukan adalah menawarkan barang-barang branded.

Ia pun memperingatkan orang-orang untuk tidak terperdaya dengan nomor tersebut. Tak hanya itu, ia juga mengunggah tangkapan layar bahwa akun tersebut mengaku sudah berganti nomor sehingga nomor yang lama (nomor asli Liza) sudah tidak digunakan. "Mohon hati-hati ya guys ada penipu ya pakai foto aku dan japriin orang-orang dan nawar-nawarin barang branded dll…. Hati2 yaa" tulisnya.

10. Indro Warkop


Indro Warkop
Instagram

Terakhir, ada Indo Warkop yang juga ikut dirugikan lantaran fotonya dicatut oleh oknum penjual yang tidak bertanggung jawab. Foto-fotonya dipakai untuk mempromosikan produk kesehatan. Indro pun resah lantaran akun tersebut juga menyertakan testimoni seolah-olah itu adalah pernyataan Indro.

"Saya gatau ini obat/suplemen/apa untuk diabetes, yg jelas sudah mengambil gambar pribadi dan menggunakan nama saya untuk memperdagangkan produknya. Testimoni kesembuhan tidak satupun benar dari saya," tulisnya. Bahkan, orang yang membeli produk itu ada yang mengenal Indro. Indro pun meminta agar publik tidak tertipu.

Nah, demikian tadi sederet artis Tanah Air yang fotonya pernah dicatut oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk berjualan. Aksi di atas memang bukan contoh yang baik untuk dilakukan karena sama dengan penipuan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait