Yang Hyun Suk Dibebaskan dari Tuduhan Ancam Han Seo Hee untuk Tutupi Kasus Narkoba B.I
YG/Dispatch/Instagram/131_online
Selebriti

Pengadilan membeberkan bahwa Yang Hyun Suk tidak bersalah terkait dengan tuduhan telah mengancam informan (Han Seo Hee) untuk menutupi kasus narkoba yang menyeret B.I eks iKON.

WowKeren - Hari ini, Kamis (22/12) Divisi Kriminal ke-23 Pengadilan Distrik Pusat Seoul akhirnya telah memberikan vonis pertama untuk Yang Hyun Suk terkait dengan keterlibatannya dengan kasus narkoba B.I eks iKON di 2019 lalu. Pada kasus ini, Yang Hyun Suk mendapatkan tuduhan telah mengancam informan yang diketahui adalah Han Seo Hee demi menutupi kasus narkoba B.I.

Yang Hyun Suk dibebaskan dari tuduhan telah melanggar Undang-Undang Hukuman Berat Kejahatan Khusus pada pengadilan pertama yang dipimpin oleh hakim ketua Cho Byung Gu. Pembebasan Yang Hyun Suk ini diungkapkan karena tidak adanya cukup bukti yang memberatkannya.

"Untuk memutuskan bersalah atas ancaman dan pembalasan, keputusan informan untuk menarik kembali komentar mereka sebelumnya pastilah karena rasa takut, dengan kebebasan berbicara individu mereka ditekan secara signifikan. Namun, percakapan antara (Yang Hyun Suk) dan informan tidak cukup menunjukkan bahwa informan berada di bawah tekanan berat," ungkap pengadilan.

Pembebasan Yang Hyun Suk dari tuduhan ini diungkapkan juga karena Han Seo Hee terkenal kerap mengubah pernyataannya selama penyelidikan berlangsung. Apalagi pada waktu sama kala Han Seo Hee yang mengaku takut atas ancaman Yang Hyun Suk, ia justru ketahuan merokok ganja dan menuntut meminta uang untuk mencabut laporannya.


"Sepanjang penyelidikan, 'A' mengoreksi keterangan saksinya berkali-kali. Selain itu, setelah memenuhi bagiannya dengan mengingat kembali pernyataannya di depan polisi, 'A' menuntut berbagai bentuk kompensasi, termasuk pembayaran sebesar 500 miliar won (sekitar 6,12 triliun rupiah). Dengan demikian, sulit untuk menyimpulkan bahwa 'A' diancam sampai-sampai kebebasan berbicara atau pengambilan keputusannya dikompromikan," beber pengadilan.

Namun, pengadilan membenarkan bahwa yang Hyun Suk memang mencoba langkah untuk membuat Han Seo Hee menarik laporannya terkait kasus narkoba B.I. "Meskipun demikian, terdakwa Yang Hyun Suk menggunakan langkah-langkah tertentu dan meyakinkan informan 'A' untuk menarik kembali komentarnya tentang afiliasi B.I dengan perdagangan obat-obatan terlarang. Tindakan tersebut dapat dilihat sebagai pelanggaran pidana dan pantas mendapatkan pengawasan publik," terang pengadilan.

Sebelumnya, Yang Hyun Suk sendiri juga mengungkapkan bantahan telah mengancam Han Seo Hee terkait dengan skandal narkoba B.I pada persidangan yang digelar tahun lalu. Yang Hyun Suk mengaku bahwa ia sempat bertemu dengan Han Seo Hee. Namun, ia membeberkan tidak pernah mengancam atau memaksa informan untuk membuat pernyataan palsu.

Sebelumnya, Han Seo Hee mengatakan ke pengadilan bahwa ia mendapatkan ancaman pembunuhan dari Yang Hyun Suk ketika datang ke YG Entertainment. Ia mengungkapkan mendapatkan ancaman "sangat mudah untukku untuk membunuh orang sepertimu" ketika dipaksa untuk mencabut laporannya terkait kasus narkoba B.I.

Yang Hyun Suk sendiri diungkapkan membantah tuduhan tersebut berulangkali selama persidangan. "Tidak mungkin untuk mengatakan hal-hal seperti itu," ungkap Yang Hyun Suk selama persidangan berlangsung. Sebelumnya, jaksa penuntut umum sendiri memberikan tuntutan agar Yang Hyun Suk dihukum 3 tahun penjara.

(wk/alfa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait