Langsung Ralat, Rose BLACKPINK Diduga Tak Sengaja Tulis Ungkapan Hate Speech
Instagram/roses_are_rosie
Selebriti

Rose BLACKPINK tampaknya salah eja hingga dianggap tulis ungkapan hate speech di pesan ulang tahun untuk Jisoo. Namun netizen pun memberikan pembelaan pada Rose.

WowKeren - Hal yang tak terduga dialami Rose BLACKPINK saat menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk rekan segrupnya, Jisoo. Pada unggahan Instagram Story-nya itu, Rose diduga tak sengaja melakukan kesalahan penulisan hingga dianggap menggunakan ungkapan hate speech alias ujaran kebencian.

Pada Selasa (3/1) kemarin, Jisoo merayakan ulang tahunnya yang ke-28. Para member BLACKPINK lain termasuk Rose pun membagikan pesan ucapan selamat ulang tahun mereka untuk Jisoo lewat media sosial Instagram.

"Selamat ulang tahun, kakak perempuan tertua kami yang imut, Jisunni (Jisoo unnie). Saya harap Anda memiliki hari paling bahagia di dunia. Aku mencintaimu," tulis Rose di unggahan Instagram Story, Selasa (3/1) dengan bahasa Korea Selatan dan huruf hangul.

Langsung Ralat, Rose BLACKPINK Diduga Tak Sengaja Tulis Ungkapan Hate Speech

Kbizoom


Namun salah satu kata dalam capiton Rose itu segera menimbulkan kontroversi. Hal itu karena Rose menulis “very very" ("neomu neomu" dalam bahasa Korea) dengan ejaan "nomu nomu", ungkapan yang dianggap sebagai ujaran kebencian. "Nomu" digunakan untuk meremehkan mendiang mantan Presiden Roh Moo Hyun di komunitas sayap kanan "Daily Best" (Ilbe).

Sebelumnya, Crayon Pop juga tertimpa masalah karfena menggunakan ungkapan "nomu nomu" di media sosial di masa lalu. Bahkan Crayon Pop sampai mengalami boikot dari industri periklanan dan pertunjukan gara-gara kontroversi tersebut.

Langsung Ralat, Rose BLACKPINK Diduga Tak Sengaja Tulis Ungkapan Hate Speech

Instagram Story

Namun tampaknya tulisan Rose tersebut sama sekali tidak ada unsur yang mengarah ke hate speech. Rose tampaknya menulis tanpa tahu ada makna negatif dari "nomu nomo" yang memang punya pelafalam mirip dengan "neomu neomu".

Hal itu pula lah yang diyakini oleh banyak netizen lain. Netizen menanggapi dengan mengatakan, "Saya pikir dia benar-benar menulisnya tanpa menyadarinya". Terbukti Rose kemudian segera mengkoreksi unggahan Instagram Story-nya tersebut.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait