BLACKPINK Tercepat, NewJeans Cetak Rekor Perfect All-Kill Baru Untuk Girl Grup
Musik

BLACKPINK masih mempertahankan takhta dengan Perfect All-Kill tercepat sejak debut. Meski NewJeans masih belum bisa mengalahkannya, Minji cs mencetak rekor baru untuk girl grup.

WowKeren - Bicara soal girl grup K-Pop, BLACKPINK salah satu yang punya pencapaian luar biasa sejak debutnya. Bahkan BLACKPINK masih mempertahankan gelar girl grup dengan "Perfect All Kill (PAK) tercepat" tercepat. Sementara NewJeans telah membuat rekor baru.

Rekor PAK dianggap sebagai standar mengukur kesuksesan grup di K-Pop. Pasalnya, posisi lagu di chart mencerminkan sebesar apa penerimaan publik Korea. Sebuah lagu disebut PAK jika berada di puncak tangga lagu iChart termasuk Melon, Genie, Bugs, FLO, VIBE, dan YouTube Music.

Lagu yang berhasil memperoleh PAK dianggap hits besar di Korea. Pada dasarnya sulit diraih, hal ini semakin menantang untuk girl grup terutama bagi mereka yang masih rookie.

Hampir 7 tahun berlalu, belum ada girl grup yang melampaui kecepatan BLACKPINK meraih PAK. Hanya 6 hari setelah dirilis, lagu "Whistle" menduduki puncak semua chart musik digital dan membuat BLACKPINK meraih PAK pertama mereka. Hingga saat ini, BLACKPINK masih jadi girl grup tercepat yang memperoleh status itu.


Di sisi lain, tidak berlebihan apabila NewJeans dijuluki sebagai rookie monster. Dengan lagu-lagu yang langganan nangkring di chart, popularitas NewJeans semakin meroket meski belum lama debut.

Comeback pertama NewJeans dengan lagu "OMG" menunjukkan kekuatan mereka. Bukan title track, single pra-rilis "Ditto" lah yang berhasil menaklukkan semua chart musik digital setelah 6 hari rilis. Dengan demikian, Minji cs meraih PAK 146 hari setelah resmi debut.

Meski bukan yang tercepat, NewJeans meraih poin PAK terbesar sepanjang sejarah girl grup K-Pop. Per Selasa (24/1), NewJeans menyapu nomor 1 semua chart dan mendapatkan 463 PAK. Bahkan angka itu mengalahkan rekor IU dengan "Celebrity" yang meraih 462 PAK, karya perempuan dengan pencapaian terbanyak. Angka PAK "Ditto" diperkirakan masih bisa naik lagi.

Saat ini, NewJeans berada di urutan kedua dengan PAK terbanyak. Sementara di puncak, masih ada "Dynamite" dari BTS dengan 610 PAK.

Sementara itu, NewJeans juga berhasil di Spotify. "OMG" tercatat sudah menghabiska 10 hari di Chart Spotify Korea Selatan. Sedangkan "Attention" yang menjadi lagu debut mereka sudah berada di chart Melon Weekly Top 10 selama 23 pekan.

(wk/inta)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait