Aurel Hermansyah Bongkar Alasan Krisdayanti Minumkan Kopi ke Ameena, Dokter Ungkit Efek Negatif
Instagram/aurelie.hermansyah
Selebriti

Aurel Hermansyah sempat membela Krisdayanti karena menyuapi minuman kopi ke Ameena yang masih balita. Namun, dokter justru mengungkap kalau menyuapi kopi ke balita justru beresiko.

WowKeren - Krisdayanti dihujat saat pamer kesamaan dirinya dan sang cucu, Ameena. Ia dikecam publik lantaran mengaku Ameena suka kopi seperti dirinya dan menyuapkan minuman itu kepada putri Aurel Hermansyah dam Atta Halilintar tersebut.

"Good morning selamat masuk Bulannya 𝙰𝚖𝚎𝚎𝚗𝚊 yaaaa sebentar lagi nga terasa nunggu dia bisa lari kejar Gemmi,yaAllahhh doyan kopi kayak Gemmi . Semoga kelak pandai menyenangkan hati semua yg sudah cinta dan doa buat ameena yaaa .Semangat 𝙰𝚖𝚎𝚎𝚗𝚊 🤍," kata KD.

Namun usai KD dikecam, Aurel sang putri justru pasang badan. Aurel mengungkap percaya penuh pada sang ibu. Ia menyebut alasan KD menyuapi kopi untuk mencegah Ameena mengalami step.

"Sebenarnya kalau dikasih kopi aku juga dari kecil dikasih kopi," terang Aurel. "Karena kalau kata orangtua zaman dulu kalau dikasih kopi supaya nggak step (kejang-kejang). Jadi ya kita dengerin apa kata orangtua aja."


Walau Aurel menilai KD punya alasan mulia, memberi kopi pada anak demi menghindari step atau kejang itu diduga cuma sekedar mitos. Seorang praktisi anak, dr Wiyarni Pambudi, SpA, menyebut jika tips itu hanyalah hoax. dr Wiyarni menilai kalau memberi kopi pada balita itu cukup beresiko.

"Hoax ya. Untuk anak yang punya risiko atau kondisi kejang, dokter akan memberikan resep obat anti kejang, bukannya kopi," kata dr Wiyarni pada detikHealth. "Walaupun hanya sesendok kecil, sangat berpengaruh karena bayi jauh lebih sensitif dari pada orang dewasa. Efek kafein sendiri juga diteliti bisa bertahan sampai lebih dari 6 jam."

Dokter Wiyarni menyarankan kalau anak yang masih dibawah dua tahun sebaiknya diberi ASI Eksklusif dan MPASI. Selain itu anak yang mengalami kejang sebaiknya dibawa ke dokter alih-alih diminumi kopi.

"Lebih baik anak yang masih dibawah 2 tahun diberikan ASI eksklusif dan MPASI. Kopi itu gak ada manfaatnya, efeknya negatif," terang dr Wiyarni. "Kalau anaknya step atau kejang segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan obat dan perawatan yang tepat."

Terkait efek negatif, kopi memiliki kandungan kafein yang bisa memicu insomnia dan membuat denyut jantung meningkat. Selain itu, kopi bisa memicu gangguan penyerapan kalsium untuk balita yang masih membutuhkan makanan bergizi dan bisa membuat balita jadi mudah rewel.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait