HYBE Resmi Akuisisi 14,8 Persen Saham SM Entertainment dari Lee Soo Man
YouTube/HYBELABELS/SMTOWN
Musik

Perseteruan Lee Soo Man dan SM Entertainment memasuki babak baru. Pada Jumat (10/2), HYBE yang dikabarkan melirik saham SM telah membuat kesepakatan dengan Lee Soo Man.

WowKeren - Perseteruan Lee Soo Man dengan SM Entertainment menunjukkan perkembangan tidak terduga. Setelah menjadi desas-desus, posisi HYBE dalam hal ini semakin jelas.

Pada Jumat (10/2), HYBE dikonfirmasi telah mengakuisisi 14,8 persen saham SM Entertainment dari Lee Soo Man seharga 422,8 miliar won (sekitar Rp5 triliun) secara resmi. Perusahaan multilabel itu telah menandatangai kesepakatan dengan Lee Soo Man selaku pendiri SM.

Sebelum kesepakatan dibuat, Lee Soo Man memiliki 18,46 persen saham di SM Entertainment. Angka tersebut menunjukkan bahwa produser kelahiran 1952 itu sebagai pemegang saham tertinggi.

Awal pekan ini, Kakao secara resmi menjadi pemegang saham terbesar kedua setelah Lee Soo Man usai mengakuisisi 9,05 persen saham. Hal itu kemudian dikecam Lee Soo Man hingga membuatnya mengambil langkah hukum untuk memulihkan haknya.


Sebelumnya, CO-CEO SM Entertainment yakni Lee Sung Soo yang juga keponakan Lee Soo Man dan Tak Young Jun mengumumkan rencana SM 3.0. Strategi bisnis itu mencakup direstrukturisasi, termasuk memutuskan hubungan dengan Lee Soo Man yang sudah lama menjadi produser.

Beberapa hari setelah pengumuman itu, muncul Kakao sebagai pemilik saham terbesar kedua. Lee Soo Man yang ada di luar negeri lantas pulang kembali ke Korea dan akan menuntut SM Entertainment.

Adapun tuduhan yang dikenakan terhadap SM adalah pelanggaran Undang-Undang Komersial dengan secara ilegal menerbitkan saham baru perusahaan dan obligasi koversi tanpa persetujuan dari pemegang saham utama yakni Lee Soo Man. Padahal tengah terjadi sengketa manajemen di dalam perusahaan.

Di luar kesepakatan dengan Lee Soo Man, HYBE juga telah mengumumkan rencana untuk mengakuisisi saham tambahan SM Entertainment dari pemegang saham minoritas. Apabila rencana ini terwujud, maka kepemilikan HYBE akan semakin diperkuat.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru