HYBE Peringatkan SM Entertainment Soal Berikan Hak Eksklusif Distribusi Musik ke Kakao
Selebriti

HYBE merilis pernyataan mengenai kontrak kerja sama SM-Kakao. Mereka menyoroti bahwa isi utama dari kontrak kerja sama ini sulit untuk dianggap sebagai kerja sama horizontal seperti yang diklaim SM.

WowKeren - HYBE merilis pernyataan resmi terkait kontrak kerjasama bisnis antara SM Entertainment dan Kakao. Menurut perusahaan multi-label tersebut, kerjasama ini akan menyulitkan SM Entertainment di masa depan.

Pada 24 Februari, HYBE merilis pernyataan mengenai kontrak kerja sama bisnis SM-Kakao yang dilaporkan pada sehari sebelumnya, mengatakan, "Sesuai dengan hasil setelah meninjau keabsahan kontrak tersebut, kami akan mengambil semua tindakan hukum perdata dan pidana yang diperlukan."

Melalui pernyataannya, HYBE mengatakan, "Dalam kontrak akuisisi obligasi konversi yang dibuat secara terpisah pada saat SM dan Kakao menandatangani kontrak kerja sama bisnis, isinya bahwa SM secara istimewa akan memberikan saham baru atau sekuritas terkait saham kepada Kakao."

Mereka melanjutkan, "Menurut klausul ini, Kakao dapat terus meningkatkan saham mereka dengan menggunakan preferensi untuk meningkatkan alokasi modal disetor setiap kali harga saham SM turun, sehingga mustahil untuk mencegah skenario ketimpangan bagi pemegang saham umum. Dalam hal ini, pemegang saham lain, kecuali Kakao, dapat terus mengalami dilusi ekuitas."


HYBE juga menyoroti bahwa isi utama dari kontrak kerja sama bisnis sulit untuk dianggap sebagai kerja sama horizontal seperti yang diklaim SM. Mereka berkata, "Kakao akan memiliki hak eksklusif untuk mendistribusikan album/sumber digital SM domestik dan internasional tanpa batas waktu, dan akan memiliki hak untuk mengelola artis SM di Amerika Utara dan Selatan. Distribusi keseluruhan tiket Kakao untuk konser/fanmeeting juga akan membatasi kekuatan negosiasi artis."

Mengutip konten "anak perusahaan SM, SM Life Design, akan memproduksi album artis di bawah Kakao, dan artis Kakao akan menggunakan set video musik yang dibuat oleh SM Life Design", HYBE menekankan, "Dibandingkan dengan hak bisnis penting yang diteruskan SM ke Kakao, konten bisnis yang diterima SM tampaknya tidak menguntungkan."

HYBE menyatakan, "Dalam industri hiburan, album dan sumber digital adalah sumber pendapatan utama bagi agensi dan artis, dan kekuatan negosiasi distribusi pendapatan bervariasi tergantung pada status masing-masing artis. Melalui kontrak ini, SM menyerahkan hak bisnis penting ini untuk Kakao, memberi mereka hak eksklusif tanpa batas waktu."

Mereka menambahkan, "Jelas bahwa kegiatan masa depan artis SM di Amerika Utara dan Selatan akan ditata ulang di bawah kepemimpinan Kakao melalui kontrak kerja sama ini. Mempertimbangkan fakta bahwa SM lebih unggul dari Kakao dalam segala hal di pasar Amerika Utara dan Selatan, kami bertanya-tanya apakah keputusan ini masuk akal."

Terakhir, HYBE berkata kepada dewan manajemen SM saat ini, "Kami percaya bahwa kontrak ini merusak nilai pemegang saham SM, membatasi hak artis SM, dan membatasi masa depan semua orang di bawah SM. Oleh karena itu, kami meminta dewan manajemen SM saat ini untuk menghentikan semua proses pengambilan keputusan terperinci terkait dengan kontrak ini."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait