Bang Si Hyuk Bicara Soal Kebebasan Musisi Barat Hingga Idol Kpop yang Sering Dicap 'Artis Buatan'
Instagram
Selebriti

Dalam wawancaranya berama CNN, Bang Si Hyuk ditanya tentang perasaannya terhadap kritik yang sering diterima HYBE serta tekanan pada artis dan tag khas 'buatan pabrik' yang masih melekat pada K-Pop.

WowKeren - Bang Si Hyuk berbicara banyak hal dalam wawancaranya berama CNN serta berdiskusi mendalam tentang rencana masa depan HYBE dan industri K-Pop pada umumnya. Dalam kesempatan tersebut, pewawancara bertanya kepada Bang Si Hyuk bagaimana perasaannya tentang kritik yang sering diterima HYBE, atau industri secara umum dari khalayak globalnya. Keluhan ini termasuk tekanan pada artis dan tag khas "buatan pabrik" yang masih melekat pada K-Pop.

Sebagai tanggapan, Bang Si Hyuk tidak membantah klaim tersebut sepenuhnya dan setuju bahwa beberapa kritik ini memang berasal dari kenyataan. Tapi ada standar ganda yang dimainkan. Karena sebanyak artis K-Pop berada di bawah tekanan untuk sukses, itu tidak eksklusif untuk industri ini. "Ini bukan legenda urban total. Tentu saja ada beberapa unsurnya di masa lalu. Tetapi kita harus bertanya, apakah pertanyaan-pertanyaan ini dapat dibenarkan?" katanya.


Bang Si Hyuk juga menunjukkan bahwa seniman Barat juga rentan terhadap situasi stres. Faktanya, mereka terkadang lebih terpapar pada mekanisme penanggulangan racun dari alkohol atau penyalahgunaan narkoba. Namun, pertanyaan-pertanyaan ini tidak pernah ditanyakan tentang industri musik Barat.

"Saya tidak melihat perbedaan yang jelas ketika kami menerapkan hal yang sama pada pop Barat. Apakah salah satu seniman Barat tidak menjalani kehidupan yang penuh tekanan? Dalam kebanyakan kasus, mereka menghadapi bencana yang lebih serius daripada orang Korea dalam bentuk penyalahgunaan narkoba atau alkohol," tambahnya.

Sedangkan mengenai kurangnya otonomi artistik di K-Pop, Bang Si Hyuk sekali lagi mengakui bahwa masalahnya bukan tidak ada di industri. Tetapi banyak hal berkembang di masa sekarang dengan semakin banyak label yang menunjukkan komitmen untuk melindungi kebebasan artis mereka. Sebanyak Bang Si Hyuk mengakui kritik tersebut, keengganannya yang jelas terhadap diskriminasi antara K-Pop dan artis pop Barat diringkas dalam komentarnya ketika berkata, "Tolong pikirkan betapa bebasnya artis Barat."

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait