Birthday Spotlight: Happy Kim Dayeon Day
Twitter/official_kep1er
Selebriti

Kim Dayeon Kep1er telah masuk usia baru pada Kamis (2/3). Simak perjalanan karier lengkap mantan peserta 'Girls Planet 999' yang merupakan idol all rounder ini.

WowKeren - Kim Dayeon Kep1er merayakan ulang tahunnya ke-20 (perhitungan umur internasional) pada Kamis (2/3). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas karier idol jebolan "Girls Planet 999".

Populer karena menjadi salah satu trainee dengan skill mumpuni di program survival tersebut, Dayeon dengan cepat menarik hati banyak penggemar. Apalagi sejak pra-debut, Dayeon juga sudah terkenal punya visual luar biasa.


Kini berada di bawah naungan Jellyfish Entertainment dan beraktivitas sebagai member Kep1er, Kim Dayeon senantiasa menunjukkan pesonanya yang tidak terbatas.

Tanpa menunggu lama, yuk simak perjalanan karier Dayeon sebelum menjadi salah satu member girl grup dengan predikat all-rounder ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut
Newsen/Official Mnet

Kim Dayeon dilahirkan di Distrik Dongjak, Seoul, pada 2 Maret 2003. Dibesarkan oleh orangtua yang punya usaha restoran sashimi, Dayeon terbiasa membantu pekerjaan mereka.

Sebelum debut, Dayeon dikenal dengan visualnya yang cantik dari sananya. Selain terdaftar sebagai pelajar SOPA, ia menghabiskan 4 tahun 1 bulan masa trainee sebelum akhirnya resmi menapaki karier sebagai idol. Saat masih menjadi trainee CNC Entertainment, penyuka samgyeopsal itu mengikuti "Produce 48" namun tereliminasi di episode 5 dan berakhir di peringkat ke-70.

Dua tahun setelahnya, Dayeon berpartisipasi dalam "Girls Planet 999" sebagai trainee dari STARDIUM Entertainment pada pertengahan 2021. Sering kali menjadi sorotan selama survival berlangsung, Dayeon masuk ke line-up debut Kep1er usai mengumpulkan 885.286 poin.

2. Debut


Debut
Twitter/official_kep1er

Menjadi salah satu trainee di daftar, Dayeon debut bersama Kep1er yang diasuh oleh WAKEONE Entertainment. Sebagaimana grup hasil audisi idol, Kep1er hanya akan berpromosil selama 2,5 tahun. Nama Kep1er sendiri berarti planet di tata bintang Kepler yang dinamai dari astronom Johannes Kepler, sesuai dengan tema luar angkasa sejak survival berjalan.

Setelah ditunda karena beberapa member dinyatakan COVID-19, Kep1er resmi debut pada 3 Januari 2022. Dengan album "FIRST IMPACT", mereka mempromosikan title track "WA DA DA". Dayeon sendiri debut sebagai sub-vocalist, main dancer dan main rapper.

Semula direncanakan debut pada Desember 2021, Kep1er terpaksa membatalkan penampilan mereka di Mnet Asia Music Awards (MAMA). Namun setelah resmi debut, mereka dengan cepat meraih kemenangan pertama "WA DA DA" di acara musik KBS "Music Bank" pada 14 Januari 2022.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
NAVER Post/Mnet

Pada tahun pertama Dayeon debut bersama Kep1er, mereka sudah berpartisipasi dalam program survival grup "Queendom 2" pada Maret 2022. Girl grup beranggota sembilan orang ini berhasil menunjukkan pesona dan kemampuan mereka menguasai panggung selama acara.

Setelah menempati posisi ke-5, Kep1er comeback dengan EP kedua "Doublast". Mereka mempromosikan "Up!" sebagai lagu musim panas yang kemudian diikuti dengan promosi single Jepang "Fly Up". Pada Oktober 2022, Kep1er kembali dengan EP ke-3 "Troubleshooter" dan title track "We Fresh"

Selama setahun berkarya, Kep1er juga mendapatkan beberapa penghargaan sebagai grup rookie. Salah satunya adalah kemenangan sebagai Favorite New Artist di MAMA Awards 2022. Bersama girl grup paling hot tahun lalu, Kep1er terlibat panggung kolaborasi yang menarik banyak pasang mata.

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara
oh News/Top Star News

Soal hubungan asmara, Dayeon pernah digosipkan pacaran dengan sesama idol yakni Won Ciipher. Rumor kencan kedua idol rookie itu disebarkan oleh sebuah akun Twitter anonim.

OP menggunggah bukti-bukti yang diduga bukti Dayeon dan Won berpacaran. Semacam lovestagram, foto-foto itu seolah menunjukkan Dayeon dan Won berada di lokasi yang sama dan waktu sama. Keduanya juga disebut-sebut mempunyai barang couple seperti casing ponsel dan item fashion lain.

Menanggapi rumor ini, baik agensi Dayeon maupun Won memberikan tanggapan senada. Mereka memutuskan untuk menghormati privasi artis karena kencan masuk ke ranah pribadi dan sulit memberikan konfirmasi.

5. Kontroversi


Kontroversi
Official Mnet

Sejak menjadi trainee yang bersaing di "Girls Planet 999", nama Kim Dayeon sering dibahas. Bukan hanya dari sisi positif, Dayeon terseret tuduhan pilih kasih yang dilayangkan kepada Mnet.

Selama tayang, jatah layar Dayeon dianggap lebih banyak daripada trainee lain. Bahkan disebut-sebut Dayeon mendapat lebih dari 50 persen jatah layar di "Girls Planet 999". Selain itu saat para peserta melakukan tantangan di pedesaan, beberapa peserta menginap di rumah keluarga Dayeon dan juri permainan adalah ibunya.

Setelah debut, Dayeon juga tak lepas dari kritik. Menyusul berita kencan dengan Won Chiiper, keduanya dikritik karena menggunakan aplikasi fans seolah untuk mengekspos hubungan mereka. Salah satunya adalah saat Dayeon menunjukkan tas baru dan bercanda kepada fans agar membelinya sehingga mereka punya barang couple. Ternyata Won juga memiliki tas dengan model yang sama.

Selain itu, Kim Dayeon dan Won membagikan foto dengan piyama yang dibeli di tempat yang sama kepada penggemar. Meski motifnya berbeda, tokoh kartun pada piyama itu sama. Ada pula foto yang diambil di satu tempat yang sama di akun resmi mereka.

Dugaan Kim Dayeon dan Won terang-terangan mengisyaratkan hubungan di depan penggemar membuat mereka menuai kritik. Netizen Korea merasa kasihan dengan fans yang "dilibatkan" dalam aksi bucin mereka di media sosial.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/official_kep1er

Dayeon bersama Kep1er memulai 2023 dengan promosi single Jepang ke-2 yakni "Fly By". Rencana merilis title track "I Do! Do You?" itu sudah diumumkan sejak Januari 2023. Album Jepang terbaru mereka baru bisa didengarkan pada 15 Maret 2023.

Setelah promosi Jepang selesai, Kep1er akan kembali dengan musik baru pada 10 April mendatang. Meski belum ada detail lebih lanjut, agensi telah memberikan konfirmasi mengenai aktivitas mereka.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru