TWICE Jual 1 Juta Album 'Ready To Be' Tapi Jeblok di Chart Digital, Kinerja Fandom Dipertanyakan
Twitter/JYPETWICE
Musik

Secara khusus, 'Ready To Be' memulai debutnya di No.1 di Circle Album Chart dengan 1.427.039 juta copy terjual, menjadi album ke-11 TWICE yang menduduki puncak chart ini.

WowKeren - Pada 10 Maret, TWICE comeback dengan mini album ke-12 "Ready To Be", bersama title track-nya "Set Me Free". Namun, dibandingkan dengan perilisan sebelumnya, album baru ini mendapat raihan digital yang buruk dengan lagu-lagu yang hampir tidak masuk ke chart musik digital, hingga akhirnya terlempar dari chart waktu 2 hari.

Di sisi lain, penjualan album fisik TWICE sangat mengesankan meski grup tersebut memasuki tahun ke-8. Secara khusus, "Ready To Be" memulai debutnya di No.1 di Circle Album Chart dengan 1.427.039 juta copy terjual, menjadi album ke-11 TWICE yang menduduki puncak chart ini dan menempatkan mereka pada level yang sama dengan Girls' Generation dan BIG BANG (dalam hal jumlah album yang debut di No.1 Circle Album Chart).

Di Hanteo Album Chart, lebih dari 600.000 copy album "Ready To Be" terjual. Album baru ini juga diprediksi akan debut di No.2 di Billboard 200 Chart dan No.7 di UK's Album Chart.


TWICE Jual 1 Juta Album \'Ready To Be\' Tapi Jeblok di Chart Digital, Kinerja Fandom Dipertanyakan TWICE Jual 1 Juta Album \'Ready To Be\' Tapi Jeblok di Chart Digital, Kinerja Fandom Dipertanyakan

Twitter, Circle

Meski pencapaian ini bisa dibilang sangat mengesankan, beberapa netizen memperhatikan perbedaan antara raihan fisik dan digital TWICE dalam comeback terbaru. Secara khusus, banyak yang bertanya-tanya apakah fandom Korea TWICE telah menyerah pada streaming, dan apakah fandom global girl grup tersebut telah berkembang.

"Apa fandom Korea TWICE menyerah begitu saja pada streaming? Album baru tidak berjalan dengan baik secara digital," komentar netizen. "Penjualan fisik sangat tinggi tapi penjualan digital mengecewakan. Aku bertanya-tanya apa yang terjadi," kata netizen lainnya. "Kesenjangan antara penjualan digital dan fisik terlalu besar," imbuh yang lain.

"Apa karena fandom internasional TWICE membeli album tapi fandom Korea mereka tidak streaming?" kata netizen. "Secara pribadi, aku pikir 'Set Me Free' bukanlah title track yang bagus, karena itu digitalnya rendah. 'Moonlight Sunrise' akan punya raihan lebih bagus," ujar lainnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru