'Duty After School' Viral, Intip 7 Drama Bertahan Hidup Lainnya Yang Gak Kalah Menegangkan
Netflix/OCN
TV

'Duty After School' belakangan ini menjadi viral dengan menghadirkan tema bertahan hidup. Bukan kali pertama Korea Selatan mengangkat tema ini. Deretan drama ini juga bertema serupa.

WowKeren - "Duty After School" belakangan ini menjadi viral. Drama yang tayang pada 31 Maret 2023 ini mengisahkan tentang siswa kelas 3 dan kelas 2 di sekolah menengah yang seharusnya belajar untuk ujian kelulusan namun malah harus bertahan hidup karena invasi makhluk asing yang muncul dari langit.

Makhluk asing ini menimbulkan kekacauan dan membunuh para penduduk bumi. Untuk meningkatkan kekuatan militer di Korea, pemerintah mengumumkan seluruh universitas dan sekolah menengah membentuk pasukan cadangan.


Para siswa yang seharusnya memegang pensil dan buku mau tidak mau memegang senjata untuk bertahan hidup. "Duty After School" telah menayangkan bagian pertama dan part kedua akan rilis pada 28 April 2023 mendatang.

Drama yang dibintangi oleh Moon Sang Min ini menarik banyak perhatian terlebih dengan genre survival atau bertahan hidup. Banyak alasan salah satunya menggandeng genre thriller untuk menambah ketegangan. Sementara itu, selain "Duty After School" deretan drama ini juga bergenre survival. Mulai dari bertahan hidup dari zombie hingga berada di keadaan yang tidak pasti. Simak berikut ini:

(wk/rosi)

1. 'Sweet Home' (2020)


'Sweet Home' (2020)
Netflix Korea

"Sweet Home" (2020) merupakan drama yang berkisah tentang seorang siswa pendiam yang tinggal pada sebuah apartemen kecil. Namun apartemen tersebut ternyata menyimpan segudang fenomena misterius di mana manusia tiba-tiba berubah menjadi monster.

Alhasil, para penghuni apartemen pun berusaha bertahan hidup dengan bertarung melawan sang monster. Drama yang mendapuk Song Kang sebagai tokoh utama ini merupakan adaptasi webtoon dengan judul yang sama. Sangat populer, "Sweet Home" berlanjut ke musim 2 dan 3.

2. 'All of Us Are Dead' (2022)


'All of Us Are Dead' (2022)
Netflix Korea

"All of Us Are Dead" (2022) merupakan drama garapan Netflix yang menceritakan tentang sekelompok siswa yang menunggu untuk diselamatkan setelah virus zombie pecah di sekolah mereka. Para siswa pun bertarung dengan zombie demi bertahan hidup dan berjuang keras melawan zombie.

Beda dari yang lain, karena ada karakter yang tergolong sembi atau manusia setengah zombie dengan jenis lebih dari satu. Berlanjut ke season kedua, "All of Us Are Dead" diduga akan berhubungan dengan kisah sembi tersebut.

3. 'Squid Game' (2021)


'Squid Game' (2021)
Netflix Korea

"Squid Game" (2021) merupakan drama tentang orang-orang yang terjebak dalam permainan bertahan hidup misterius dengan hadiah 45,6 miliar won. Dalam permainan hidup dan mati tersebut, para kontestan harus sukses melewati 6 jenis permainan untuk mendapatkan uang itu. Mereka pun melakukan segala cara untuk bisa menang dan keluar hidup-hidup.

Pertama kali tayang pada 17 September 2021, drama ini mendapatkan popularitas yang luar biasa baik di Korea Selatan maupun secara global. Drama yang dibintangi oleh Lee Jung Jae ini dilaporkan berlanjut ke season kedua dan segera ditayangkan pada tahun 2024.

4. 'Kingdom' (2019)


'Kingdom' (2019)
Netflix Korea

Drama bertema melawan zombie selalu menarik perhatian. Namun "Kingdom" (2019) menyuguhkan latar waktu dan tempat berbeda yakni era Joseon. Drama ini berkisah tentang perjalanan Putera Mahkota mendapatkan jawaban awas wabah misterius yang menyerang sebuah desa. Hingga akhirnya ia menemukan bahwa wabah misterius ini telah mengubah sebagian warga menjadi zombie.

"Kingdom" menjadi salah satu drama yang dinanti kelanjutannya. Intrik politik kerajaan dan bagaimana penyelesaian wabah zombie di era kerajaan tak urung membuat penonton penasaran. Dilaporkan drama ini digarap hingga season tiga.

5. 'Happiness' (2021)


'Happiness' (2021)
Official tvN

Masih dengan musuh yang sama, "Happiness" (2021) juga bercerita tentang penyakit menular baru yang membuat penderitanya berperilaku seperti zombie. Latar tempatnya juga diambil layaknya "Sweet Home" yakni di sebuah apartemen bertingkat dengan banyak penghuni.

Kisah penyakit menular yang diceritakan dalam drama ini disertai dengan masalah kelas dan modal yang menunjukkan wajah sebenarnya masyarakat kapitalis Korea. "Happiness" memilih cara ini agar pemirsa dapat merasakan realitas drama di tengah kehadiran para zombie yang bisa menggila kapan saja.

6. 'Dark Hole' (2021)


'Dark Hole' (2021)
Official OCN

"Dark Hole" (2021) adalah drama bertahan hidup mutan tentang sekelompok penyintas yang berjuang untuk hidup mereka di antara manusia mutan yang diciptakan setelah menghirup asap gelap dari lubang pembuangan misterius di kota Mu Ji. Manusia yang mengisap asap gelap tersebut berubah menjadi monster yang memiliki nafsu membunuh. Drama ini melibatkan krisis kepercayaan serta tokoh utama yang memburu pembunuh suaminya.

7. 'Search' (2020)


'Search' (2020)
Official OCN

"Search" (2020) merupakan drama misteri militer tentang operasi rahasia di Zona Demiliterisasi (DMZ). Drama ini menyoroti ikatan yang mengharukan antara anggota kelompok pencari saat mereka berjuang untuk melarikan diri dari zona demiliterisasi bersama. Diluar dugaan, mereka berhadapan dengan makhluk misterius yang merupakan monster pembunuh. Alhasil para tentara malah harus berjuang untuk dapat bertahan hidup.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait