Ridwan Kamil Bagikan MoU Keluarga Buatan Mendiang Eril, Cara Didik Auto Jadi Panutan
Instagram/ridwankamil
Selebriti

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan MoU antara semua anggota keluarganya yang diketik mendiang putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz beberapa tahun lalu.

WowKeren - Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dikenal dengan gaya milenialnya. Dalam urusan keluarga, rupanya mantan walikota Bandung ini menerapkan MoU (memorandum of understandings) yang mengikat semua anggota KK.

Pada Rabu (19/4), Ridwan Kamil membagikan MoU yang drafnya diketik mendiang Emmeril Kahn Mumtadz tujuh tahun lalu. Setidaknya ada 9 peraturan yang disetujui setiap anggota keluarga sang gubernur. Masing-masing anggota keluarga termasuki Eril dan Zara telah memberikan tanda tangan sebagai tanda setuju.

Tertanggal 2 Januari 2016, MoU tersebut berisi peraturan yang tampak lazim namun menunjukkan keteraturan. Adapun aturannya berisi tentang memprioritaskan orangtua, mengecek LINE dan menjawab pertanyaan sesama nggota keluarga, membereskan kamar dan kamar mandi masing-masing hingga terkait uang saku.

Keluarga Ridwan Kamil juga menerapkan peraturan untuk mengabari jika pulang begitu hari petang karena mereka ada jadwal ngaji bersama pukul 8:00 malam. Kemudian, perihal uang saku semula diberikan 2 minggu sekali namun direvisi menjadi sebulan sekali. Terakhir, mereka wajib menjaga kebersihan tubuh dan belajar manner.

Ridwan Kamil Bagikan MoU Keluarga Buatan Mendiang Eril, Cara Didik Auto Jadi Panutan

Source: Instagram


Berdasarkan balasannya di kolom komentar, sosok yang akrab dipanggil Kang Emil ini menyebutkan bahwa sanksi bagi pelanggar adalah potong uang saku. Namun ia bersyukur karena mayoritas peraturan sudah dipatuhi oleh anak-anak.

"Memorandum of Understanding. 7 tahun lalu, antara saya, mamah @ataliapr , alm A Eril dan Zara. Draft MoU diketik alm A Eril. Alhamdulillah mayoritas dipatuhi anak-anak," tulis Ridwan Kamil pada postingan tersebut.

Postingan sang Gubernur itu lantas menarik perhatian warganet. Bahkan tidak sedikit pula yang auto menjadikannya inspirasi agar bisa ditiru dan diterapkan dalam mendidik anak.

"Salah satu panutan saya untuk menjadi kepala rumah tangga yg hebat yaitu Bapak Gubernur," kata pemilik akun @arfa****ndjax. "Saya save dulu pak siapa tau abis lebaran udah halal dan ga jomblo lagi mau diterapin ke anak saya nantinya," sahut @eka_****xnsd. "Patut dicontoh ❤️ makasii pak ilmu parentingnya ❤️," imbuh akun @tata****xsdjq.

Sementara itu, keluarga Ridwan Kamil beberapa waktu lalu merayakan kelulusan Almarhum Eril dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada 2022 lalu, Eril dikabarkan hilang ketika berenang di Sungai Aare, Swiss. Sebulan lebih pencarian, Eril ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait