LE SSERAFIM Tersandung Isu Plagiat Jelang Comeback dengan 'Unforgiven'
Twitter/le_sserafim
Musik

Segera merilis album 'Unforgiven', LE SSERAFIM dituduh melakukan plagiat terhadap karya penyanyi latin Rosalia. Pembahasan ini menimbulkan perdebatan di media sosial dan forum online.

WowKeren - LE SSERAFIM akan segera comeback dalam waktu dekat. Menjelang album "Unforgiven" rilis, girl grup besutan Source Music ini justru tersandung isu plagiat seorang penyanyi latin bernama Rosalia.

Mulanya, tuduhan LE SSERAFIM melakukan plagiat muncul melalui sebuah utas pengguna Twitter. Kemudian pembahasan itu dibawa ke forum online hingga membuat netizen Korea ikut menjatuhkan atensi mereka pada permasalahan ini.

LE SSERAFIM Tersandung Isu Plagiat Jelang Comeback dengan \'Unforgiven\'

Source: Twitter

Adapun kesamaan dari LE SSERAFIM dan Rosalia salah satunya adalah helm kucing yang muncul dalam MV "FEARLESS" dan "SAOKO". Milik Rosalia sudah dirilis pada 4 Februari 2022 sedangkan LE SSERAFIM baru pada 2 Mei 2022. Kim Chaewon cs juga dituduh mencuri irama dan cara menyanyi Rosalia dalam lagu "Linda".

OP juga mengklaim adanya kesamaan dalam MV "Chicken Teriyaki" (dirilis 25 Februari 2022) dan "Antifragile" (dirilis 16 Oktober 2022). Kemudian, ada performance potong rambut LE SSERAFIM di SBS Gayo Daejun 24 Desember 2022 dituduh mengikuti tur Motomami Rosalia pada 18September 2022.

LE SSERAFIM Tersandung Isu Plagiat Jelang Comeback dengan \'Unforgiven\'

Source: Twitter

Terkait kesamaan LE SSERAFIM dan Rosalia, OP mengklaim ada terlalu banyak bahkan dari lagu-lagu hingga vibe mereka. Apabila semuanya kebetulan, ia berharap HYBE dan LE SSERAFIM agar lebih berhati-hati dalam membentuk konsep mereka.

Akar kekecewaan OP adalah karena Rosalia membutuhkan 4 tahun untuk merilis album. Apalagi Rosalia sempat menjalani operasi pita suara saat berusia 16 tahun dan tidak bisa bernyanyi setahun.

Tuduhan terhadap LE SSERAFIM ini kemudian mendapatkan reaksi beragam dari netizen. Mereka memperdebatkan apakah ada yang sengaja sama atau sekadar kebetulan saja.

"Inilah mengapa mereka mengumpat pada K-Pop," kata salah satu netizen. "Bahkan ketika 'Antifragile' keluar, ada obrolan tetnang kesamaan ini dalam postingan, ini melewati batas referensi," sahut netizen lain.

"Ada hal yang mirip dan ada yang tidak," komentar seorang fans. "Kisah Rosalia sangat keren... Serius, dia penyanyi yang bagis," sambung yang lain. "Jika kamu ingin mereferensikan sesuatu, setidaknya jangan terlalu mencolok," ujar lainnya.

Sementara itu, LE SSERAFIM bakal merilis "Unforgiven" pada 1 Mei mendatang. Comeback mereka kali ini hampir bersamaan dengan setahun peringatan debut.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait