7 'Wajah' Raihaanun di Berbagai Film, Raih Banyak Penghargaan Termasuk Piala Citra
Instagram/raihaanun/filmnasional
Selebriti

Raihaanun telah mengantongi banyak penghargaan dari acara bergengsi. Mulai dari Pemeran Utama Wanita Terbaik hingga Aktris Utama Terpilih Piala Citra dari acara penghargaan bergengsi.

WowKeren - Aktris cantik Raihaanun mengawali karier sebagai finalis GADIS Sampul 2003. Ia kemudian membintangi sejumlah iklan dan melebarkan sayap dalam dunia akting pada tahun 2002. Namanya mulai melambung saat membintangi film remake "Badai Pasti Berlalu" pada tahun 2007.

Sukses sebagai aktris, hebatnya Raihaanun ternyata memiliki background pendidikan yang gak sejalan dengan kariernya saat ini. Ia tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Desain Interior di Universitas Pelita Harapan Karawaci pada tahun 2007.

Dalam belasan tahun berkarier, pemilik nama lengkap Siti Hafar Raihaanun Nabila ini telah mengantongi banyak penghargaan dari acara bergengsi. Mulai dari Pemeran Utama Wanita Terbaik hingga Aktris Utama Terpilih. Intip yuk 7 potret peran Raihaanun di deretan film ikoniknya.

(wk/rosi)

1. 'Badai Pasti Berlalu'


'Badai Pasti Berlalu'
IMDb

Dalam film "Badai Pasti Berlalu" tahun 2007, aktris cantik ini memerankan tokoh utama bernama Siska. Karakternya digambarkan sebagai perempuan yang baru dikhianati oleh kekasihnya dan kemudian bertemu dengan seorang pria bernama Leo, diperankan oleh Vino Bastian, teman kuliah kakaknya.

Namun bukannya bukannya mendapati hubungan yang baik, Leo ternyata hanya memanfaatkan Siska sebagai taruhan. Sudah jatuh tertimpa tangga pula, ia kemudian jatuh ke pelukan seorang manajer kafe yang berkarakter licik bernama Helmi (Winky Wiryawan).

Berkat perannya itu, Raihaanun membuat terobosan dengan masuk banyak nominasi di tahun 2007. Di antaranya Breakthrough Actor/Actress dari MTV Indonesia Movie Awards, Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Aktris Pendatang Baru Terfavorit dari Indonesian Movie Actors Award. Raihaanun juga masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop Festival Film Bandung.

2. 'Lovely Man'


'Lovely Man'
Karuna Pictures

"Lovely Man" merupakan salah satu film terbaik yang dibintangi oleh mantan istri Teddy Soeriaatmadja ini. Ia memerankan tokoh Cahaya, gadis pesantren, pergi ke Jakarta untuk mencari bapaknya, Syaiful (Donny Damara), yang meninggalkan rumah waktu dirinya masih berusia empat tahun.

Sesampainya di ibu kota, Cahaya menemukan bahwa bapaknya ternyata setiap malam bekerja sebagai waria dengan nama Ipuy. Mereka berdua pun berjalan menyusuri jalanan ibu kota semalaman, mencoba menemukan kembali ikatan keluarga yang sudah lama hilang.

Raihaanun pun membawa ulang piala pertamanya sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik serta menjadi nominator Pemeran Utama Wanita Terfavorit dari Indonesian Movie Actors Awards 2012. Selain itu, keponakan desainer Itang Yunasz ini masuk nominasi Aktris Utama Terpilih Piala Maya tahun 2012.

3. '27 Steps of May'


'27 Steps of May'
Green Glow Pictures/Go-Studio

"27 Steps of May" mengisahkan tentang May (Raihaanun) yang menjadi korban pemerkosaan Kerusuhan Mei 1998 dan ayahnya (Lukman Sardi) yang menjadi petinju untuk menyalurkan emosinya akibat trauma dari kerusuhan tersebut.

Akting Raihaanun yang sukses menghidupkan karakter May membuatnya memborong banyak penghargaan. Ia membawa pulang Piala Citra Aktris Terbaik di Festival Film Indonesia. Deretan penghargaan lain yang diraihnya adalah piala Aktris Utama Pilihan di Festival Film Tempo 2018 dan Best Actress di ASEAN International Film Festival and Awards 2019.

Tak lupa deretan nominasi yang memasukkan nama Raihaanun di Indonesian Movie Actors Awards 2019 sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit serta Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop di Festival Film Bandung 2019.

4. 'Salawaku'


'Salawaku'
Kamala Film/Remonity Foundation

"Salawaku" merupakan film konflik kompleks tentang Saras (Karina Salim) yang patah hati dan mencari kedamaian sendiri. Saras pun bertemu dengan Salawaku yang tengah mencari kakaknya bernama Binaiya. Film ini berlatar di Indonesia bagian Timur, yaitu Maluku, tepatnya Pulau Seram Bagian Barat.

Raihaanun dipercaya menghidupkan karakter Binaiya dan berhasil melakukannya dengan sukses. Ia diganjar Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2016 dan Indonesian Movie Actors Awards 2017. Selain itu, Raihaanun juga masuk nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terfavorit di Indonesian Movie Actors Awards 2017.

5. 'Twivortiare'


'Twivortiare'
MD Pictures

Pada tahun 2019, Raihaanun membintangi "Twivortiare" bersama dengan Reza Rahadian. Film ini sendiri mengisahkan tentang pasangan yang bertemu langsung jatuh cinta bahkan gercep nikah namun dua bulan malah bercerai.

Akan tetapi perpisahan mereka seolah tak berjalan mulus lantaran tautan berbagai peristiwa senantiasa mempertemukan. Raihaanun memerankan karakter Alexandra Rhea, istri yang punya ego besar dengan cinta yang besar sayangnya caranya kurang tepat.

Dari film ini, Raihaanun masuk nominasi Aktris Utama Terpilih di Piala Maya tahun 2019.

6. 'Heart-Break.com'


'Heart-Break.com'
One Star Productions

Pada tahun 2009, ibu tiga anak ini membintangi film "Heart-Break.com" dengan peran sebagai Nayla. Film genre drama dan komedi ini mengisahkan tentang sebuah lembaga intelijen yang khusus menangani kasus patah hati bernama, Heart-Break.com. yang mengatasi masalah seputar percintaan.

Raihaanun sendiri bermain sebagai Nayla seorang perempuan yang LDR dengan Agus (Ramon Y. Tungka), tapi tega memutuskan hubungan. Rupanya ia telah berpacaran dengan Kevin (Gary Iskak). Film ini menarik perhatian karena jarang menamukan Raihaanun tampal di genre yang ada komedinya.

7. 'Affliction'


'Affliction'
YouTube/Teddy Soeriaatmadja

"Affliction" menjadi debut Raihaanun dalam genre horror thriller film layar lebar. Ia memerankan karakter istri berjiwa kuat bernama Nina. Suaminya, Hasan (Ibnu Jamil) memiliki banyak rahasia tak terduga bahkan pernah membunuh teman bernama Dimas.

Raihaanun juga melakukan adegan mengalami kekerasan oleh Hasan yang dikisahkan memasuki episode delusi yang berisi ia sendiri membunuh Nina.

Film garapan Teddy Soeriaatmadja ini sukses besar dan meraih serangkaian penghargaan dari Festival Film Wartawan Indonesia 2021. Raihaanun sendiri memenangkan Aktris Utama Terbaik - Genre Film Horor dari ajang tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait