NCT DREAM dan 9 Artis Ini Ciptakan Momen Melokal Tak Terduga Sepanjang Tahun 2023
Instagram
Selebriti

Sejak larangan bepergian akibat COVID-19 dicabut dan makin berkembangnya media sosial, banyak artis Korea Selatan menciptakan momen melokal bak meleburkan diri dengan fans Indonesia.

WowKeren - Sepanjang tahun 2023, banyak artis K-Pop maupun K-Drama menciptakan momen melokal yang tidak terduga. Menariknya, momen melokal para selebriti ini bukan hanya melibatkan mereka yang datang ke Indonesia, melainkan saat mereka berada di negara asal.

Sebagai salah satu pasar terbesar K-Pop, konser dan fanmeeting para artis asal Korea Selatan banyak diadakan di Indonesia sepanjang 2023. Sejak larangan bepergian akibat COVID-19 dihilangkan, jumlah acara artis Korea meningkat pesat pada tahun ini. Dengan demikian, keadaan mendukung para artis bisa lebih jauh mengenal dan merasakan pengalaman selayaknya para penggemar di Indonesia.


Bukan hanya mereka yang datang, para artis Korea baik dari K-Pop dan K-Drama bisa turut terlibat momen melokal karena kian mudahnya interaksi melalui internet. Kini, para artis bisa bercakap-cakap dengan fans menggunakan beragam aplikasi seperti Dear U. Bubble, Weverse, hingga Instagram pribadi mereka. Alhasil, ada saja konten para artis yang menunjukkan suasana seperti di Indonesia, salah satunya lewat challenge TikTok yang sifatnya semakin universal.

Tim WowKeren telah merangkum 10 momen para selebriti Korea melokal bak orang Indonesia sepanjang 2023. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

(wk/inta)

1. NCT DREAM


NCT DREAM
YouTube/Fadil Jaidi

Bagi artis SM Entertainment, Indonesia barangkali sudah tidak asing lagi. Namun, aksi NCT DREAM saat bertemu dengan Fadil Jaidi dan ayahnya, Pak Muh, telah menciptakan momen melokal yang ada di luar dugaan.

Pada Maret 2023 lalu, NCT DREAM mengunjungi Jakarta untuk menggelar konser “THE DREAM SHOW: In A Dream”. Setelah tampil, Renjun cs sempat menemui tamu spesial, Fadil beserta Pak Muh.

Dalam pertemuan yang terekam dalam vlog Fadil, para member NCT Dream menunjukkan sikap sopan kepada Pak Muh. Mark Lee, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung menyapa Pak Muh dengan gaya khas Indonesia saat pertama kali berjumpa.

Satu per satu member NCT DREAM menjabat tangan Pak Muh, lalu mereka mencium tangan ayah Fadil itu. Tidak seperti Indonesia, budaya menyapa di Korea biasanya hanya cukup dengan saling membungkuk dan mengatakan “halo” atau bersalaman tanpa mencium tangan. Budaya mencium tangan orang yang lebih tua sendiri sudah biasa untuk orang Indonesia.

Melihat NCT DREAM mencium tangan Pak Muh, Fadil pun sama tidak menyangkanya. Influencer itu mengatakan, “Kaget pada salim.”

2. Chanyeol dan Sehun EXO


Chanyeol dan Sehun EXO
X

EXO-SC sempat menggelar fancon “Back to Back” di Jakarta pada Februari 2023. Selama berada di Indonesia, Sehun dan Chanyeol menarik perhatian fans karena sederet momen melokal mereka.

Setelah fancon, Sehun dan Chanyeol menyempatkan diri untuk pergi main golf. Tanpa diduga, kedua idol ini antre di ATM untuk melakukan tarik tunai. Momen mereka tarik tunai diketahui berkat foto-foto yang beredar di media sosial.

Dalam foto tersebut, Sehun dan Chanyeol berdiri di depan mesin ATM dengan pakaian golf mereka. Keduanya menarik perhatian karena adegan berada di depan ATM mengingatkan fans pada cowok Indonesia biasa.

Selain itu, Sehun dan Chanyeol terekam sedang main golf dengan latar belakang pepohonan tropis. Mereka bahkan dikira main golf di dekat pohon pisang karena tampilan daun bunga bird of paradise.

3. WayV


WayV
YouTube/WayV

WayV selama ini dikenal dengan kepribadian asyik dan tingkah tidak terduga mereka. Boy grup besutan SM Entertainment dan Label V yang aktif di Tiongkok ini sempat melakukan hal tidak terduga saat mengunjungi Jakarta pada Mei lalu.

Sungguh melokal, WayV pergi ke Pantjoran Chinatown Pantai Indah Kapuk untuk berbelanja. Tanpa disangka bahwa Hendery cs membawa contekan agar bisa melakukan tawar-menawar, seperti para pengunjung pasar di Indonesia. Mereka bahkan sempat melatih pelafalan untuk mengatakan “bisa kurang gak?” dengan benar.

Selain diberikan contekan jurus menawar, WayV juga siap dengan terjemahan untuk menyebut nominal uang dalam Bahasa Hokkien. Meskipun WayV berusaha keras untuk membaur bak warga lokal, pada akhirnya mereka mencampur percakapan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Aksi WayV melakukan tawar-menawar pun menciptakan momen melokal yang sama sekali tidak disangka oleh fans.

4. Suga BTS


Suga BTS
X

Pada Mei lalu, Suga BTS menggelar konser solo sebagai AGUST D. Selama berada di Jakarta, pemilik nama asli Min Yoongi itu ternyata tidak enak badan hingga harus mengganti minuman andalan di atas panggung dengan campuran “wedang” khas Indonesia.

Saat tampil, Suga membawa gelas berisi minuman berupa cairan berwarna kuning. Rapper kelahiran 1993 itu merasa tidak enak badan setelah berpindah-pindah negara, sehingga ia membuat campuran minuman untuk memperbaiki kondisinya.

Sejak manggung di Jakarta, Suga selalu minum campuran minuman energi dengan lemon dan jahe. Suga menyebut minuman itu sebagai “hyperball”. Apa yang dilakukan Suga mencampur lemon dan jahe ini seperti kebiasaan orang Indonesia saat tidak enak badan. Bukan hanya Suga, para personel band pengiring juga meminum ramuan yang sama.

5. Taeyong NCT


Taeyong NCT
Instagram/raffinagita1717

Momen melokal Taeyong NCT kali ini agaknya lebih seperti tren para artis Indonesia. Leader NCT 127 itu sempat mampir ke kediaman Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pada Juli 2023 lalu.

Kedatangan Taeyong ke kediaman RANS adalah untuk berlatih tenis bersama Gigi. Momen Taeyong latihan tenis dengan Gigi tidak diduga oleh fans, karena selama ini Jaehyun yang dikenal gemar melakukan olahraga tersebut.

Taeyong bermain tenis dengan Gigi saat di Indonesia sedang maraknya kompetisi olahraga di kalangan para artis. Gigi pun sempat berpartisipasi dalam pertandingan “Lagi Lagi Tenis” bersama dengan Gege Elisa melawan Luna Maya dan Nia Ramadhani.

6. Eric Nam 


Eric Nam 
X

Pada Agustus lalu, Eric Nam viral usai mendadak menyanyikan lagu Ari Lasso yang berjudul “Hampa”. Momen melokal tak terduga itu terjadi saat Eric melalukan permainan relay di dalam video YouTube IMGames.

Meskipun hanya beberapa baris, Eric berhasil mengeksekusi “Hampa” dengan baik. Ia bahkan bertanya-tanya bagaimana respons fans Indonesia terhadap nyanyiannya yang tidak ada di dalam rencana itu.

Sambil menambahkan emoji hati, Eric bertanya, “BAGAIMANA PENAMPILANKU?”

Sebagai tanggapan untuk Eric, fans memuji pelafalan penyanyi itu saat menyanyi lagu berbahasa Indonesia. Mereka tidak menyangka bahwa Eric akan sefasih itu, padahal nyanyiannya sama sekali tidak terduga bahkan untuk yang bersangkutan.

7. Ahn Hyo Seop


Ahn Hyo Seop

Ahn Hyo Seop memperkenalkan diri dengan nama dan sapaan khas Indonesia saat menggelar fanmeeting di Jakarta. Tanpa diduga, aktor kelahiran 1995 itu senang mendapatkan panggilan “Mas Ucup”.

Sangat melokal, Hyo Seop menyebut dirinya sendiri dengan “Mas”, sapaan untuk laki-laki yang lebih tua. Hyo Seop menganggap nama Indonesianya sangat menggemaskan saat dilafalkan. Dengan demikian, Hyo Seop mengkonfirmasi bahwa nama Indonesia yang ia gunakan adalah Ucup.

“Begitu dengar, rasanya kayak pelafalannya lucu. Imut. Jadi, aku suka,” kata Hyo Seop.

Kala itu, Hyo Seop sendiri mengaku jarang mendapat panggilan dari orang terdekatnya. Oleh orangtuanya, Hyo Seop dipanggil “Paul” seperti nama yang ia gunakan saat berada di Kanada.

8. Hongjoong dan Wooyoung ATEEZ


Hongjoong dan Wooyoung ATEEZ
X/SonyMusicID

Tidak ada angin tidak ada hujan, Hongjoong dan Jung Wooyoung ATEEZ tiba-tiba melakukan challenge TikTok asal Indonesia. Mereka menciptakan momen melokal, padahal ATEEZ sedang tidak berkunjung dan tak ada jadwal ke Indonesia sepanjang tahun 2023 ini.

Pada 22 Agustus, Hongjoong dan Wooyoung muncul dalam konten video Sony Music Indonesia. Mereka menari dengan gerakan dengan iringan musik challenge TikTok Indonesia yang saat itu viral.

Segera setelah konten itu muncul, ATEEZ auto ditodong konser solo di Indonesia. Seperti diketahui, ATEEZ yang tergolong rajin menggelar tur solo belum pernah sekali pun mampir ke Indonesia sejak debut pada 2019 lalu. Mereka hanya pernah manggung di depan ATINY Indonesia dalam beberapa festival.

9. SoDa Siblings, Anak Lee Beom Soo


SoDa Siblings, Anak Lee Beom Soo
Instagram/yoonj.lee

Istri Lee Beom Soo (Lee Bum Soo) dan anak-anaknya pindah ke Bali sejak Oktober 2023. Dengan mulai tinggal di Pulau Dewata, SoDa Siblings yang terdiri dari Soeul dan Daeul, tak luput dari momen melokal selama beradaptasi.

Pada unggahan Lee Yoon Jin, Mama SoDa Siblings, kedua bersaudara itu diketahui sekolah di Indonesia. Momen kakak beradik “The Return of Superman” ini selama berada di Bali pun dibagikan oleh Yoon Jin.

Untuk pergi sekolah, SoDa Siblings rupanya diantar oleh ojek online (ojol)! Momen SoDa Siblings berangkat sekolah diantar ojol muncul lewat postingan Yoon Jin saat mereka baru dua minggu pindah. Dalam foto itu, baik Soeul maupun Daeul dibonceng oleh abang ojol, membuat mereka naik motor bertiga.

Unggahan Yoon Jin di mana SoDa Siblings berangkat sekolah diantar ojol dengan segera menarik perhatian fans dan viral. Momen ini menyedot atensi penggemar lantaran belum pernah ada anak artis yang berangkat sekolah diantar oleh abang ojol lengkap dengan atribut berupa jaket hingga helm serba hijau. Tidak ada yang menyangka bahwa SoDa Siblings bisa begitu melokal layaknya anak-anak Indonesia lainnya.

10. Super Junior


Super Junior
X

Pada 15 Desember lalu, Leeteuk, Choi Siwon, dan Shindong Super Junior turut memeriahkan acara HUT Transmedia 22 Power Up. Mereka bertiga tergabung dalam sub-unit baru yang dinamai Super Junior L.S.S.

Selama acara itu, Leeteuk cs sempat diajari Nassar menyanyikan lagu hitsnya yang berjudul “Seperti Mati Lampu”. Setelah diberi contoh Nassar, Leeteuk mencoba menirukan nyanyian sang pedangdut. Dengan cengkoknya, Leeteuk hampir menyerupai penyanyi dangdut lokal.

Selain menyanyi “Seperti Mati Lampu”, Shindong juga sempat mencoba makan seblak. Tidak biasanya idol Korea disuguhi makanan seperti seblak.

Demikianlah 10 momen melokal yang dialami artis atau grup asal Korea sepanjang tahun 2023. Di antara momen-momen di atas, mana yang menjadi favoritmu?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait