Ahn Hyo Seop Profile
Ahn Hyo Seop Profile Photo

Ahn Hyo Seop

Profesi
Aktor
Tgl Lahir
Apr 17, 1995
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Park Yeon/Che Ah Jin di serial drama Splash Splash Love (2015)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Tinggi Badan
187
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Populer Sejak
Berperan sebagai Park Yeon/Che Ah Jin di serial drama Splash Splash Love (2015)

Paul Ahn atau yang lebih dikenal sebagai Ahn Hyo Seop lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 17 April 1995. Ahn Hyo Seop kemudian pindah ke Kanada bersama keluarganya saat ia berusia 7 tahun. Ia memiliki seorang kakak perempuan yang bekerja sebagai akuntan, dan seorang kakak laki-laki yang berprofesi sebagai apoteker.

Kedua orangtua Ahn Hyo Seop sangat mementingkan edukasi bagi anak-anak mereka. Oleh sebab itu, Ahn Hyo Seop awalnya tidak pernah berharap untuk terjun ke dunia hiburan. Namun ketika ia mendapat tawaran dari agensi hiburan, Ahn Hyo Seop memutuskan untuk pindah dari Kanada ke Korea seorang diri di usia 17 tahun.

"Aku hanya siswa biasa di Kanada, tapi aku mendapat telepon dari nomor yang tidak ku kenal. Aku masih tidak tahu bagaimana mereka tahu tentang taku, tapi itu adalah tim pengembangan rookie yang mengaku ingin menemuiku," beber Ahn Hyo Seop dalam talk show "Happy Together" pada 2017.

Keputusan Ahn Hyo Seop untuk hijrah ke Korea sempat ditentang oleh orangtuanya, mengingat ia baru duduk di bangku SMA. Namun ia sudah membulatkan tekad untuk pindah ke Korea, meninggalkan keluarganya di Kanada. Di Korea, Ahn Hyo Seop menjadi idol trainee JYP Entertainment.

Selama menjadi trainee JYP, Ahn Hyo Seop berlatih bersama para member GOT7. Ia bahkan berteman dekat dengan Jackson Wang karena mereka sama-sama kerap menggunakan bahasa Inggris. Namun Ahn Hyo Seop tidak jadi debut bersama GOT7, salah satunya karena tubuhnya terlalu tinggi.

Meski begitu, Ahn Hyo Seop tidak pantang menyerah. Pada 2015, ia debut sebagai member boy group One I One di bawah naungan Starhaus Entertainment. Boy group tersebut debut dengan single "Love You" pada 1 Oktober 2015, namun kini diduga sudah bubar karena tidak aktif sejak Januari 2019.

Meski awalnya berniat terjun ke dunia musik, Ahn Hyo Seop kemudian merasa tidak mau bermusik lagi. Pria berzodiak Aries tersebut merasa dirinya tidak memiliki keterampilan yang cukup di dunia musik. Oleh sebab itu, ia memilih untuk lebih menggeluti dunia akting.

"Aku menjadi trainee di JYP Entertainment selama sekitar tiga tahun. Tetapi pada satu titik, aku tidak ingin bermusik lagi. Aku menyukai musik, tetapi aku tidak memiliki keterampilan yang cukup, yang membuatku stres. Jadi, aku pikir akan lebih baik jika menjadikannya (musik) sebagai hobi," beber Ahn Hyo Seop. "Sejujurnya, itu sulit. Karena saya belajar di Kanada, saya sudah terbiasa dengan budaya di sana. Jadi, ada kesalahpahaman kecil yang terjadi karena perbedaan budaya."

Ahn Hyo Seop kemudian debut akting melalui drama "Splash Splash Love" pada 2015. Di tahun yang sama, ia juga menjadi salah satu cast member variety show "Always Cantare 2". Setelah itu, ia mendapat peran sebagai tokoh pendukung di "One More Happy Ending", "Happy Home", dan "Entertainer" pada 2016.

Nama Ahn Hyo Seop mulai banyak dikenal usai ia berperan di serial "My Father is Strange" pada 2017. Namun drama "Still 17" lah yang menjadi terobosan besar Ahn Hyo Seop hingga ia diganjar penghargaan Best New Actor dari SBS Drama Awards 2018. Di tahun 2018, Ahn Hyo Seop juga berperan di web series "Top Management" bersama Cha Eunwoo.

Dalam "Top Management", Ahn Hyo Seop bersama Cha Eun Woo, Jung Yuan, dan Bang Jae Min diceritakan tergabung dalam idol group S.O.U.L (Sound of Ultra Light). Mereka berempat kemudian merilis single "Get Myself With You" dan bahkan menelurkan sebuah mini album di bawah nama S.O.U.L pada 2018. Selain itu, Ahn Hyo Seop juga menyumbang soundtrack untuk "Top Management" dengan kolaborasinya bersama Z.HERA yang bertajuk "I Will Show You".

Setelah itu, ia kembali memukai penggemar dengan perannya sebagai pewaris kaya yang dihidupkan kembali oleh bola misterius setelah kematiannya di "Abyss". Dalam serial drama tersebut, Ahn Hyo Seop beradu akting dengan Park Bo Young dan mendapat nominasi Best New Actor dari Korea Drama Awards 2019.

Popularitas Ahn Hyo Seop kemudian meroket setelah ia membintangi drama "Dr. Romantic 2" bersama Lee Sung Kyung pada 2020. Akting apiknya di "Dr. Romantic 2" membuat Ahn Hyo Seop memenangkan kategori Best New Actor (Television) dari ajang penghargaan Baeksang Arts Awards 2020 yang bergengsi. Ia juga diganjar penghargaan Excellence Award (Actor in a Miniseries Action/Genre Drama) dari SBS Drama Awards 2020.

Pada 2021, Ahn Hyo Seop beradu akting dengan Kim Yoo Jung di serial "Lovers of the Red Sky". Chemistry apik di antara Ahn Hyo Seop dan Kim Yoo Jung membuat mereka diganjar penghargaan Best Couple Award dari SBS Drama Awards 2021. Selain itu, Ahn Hyo Seop juga mendapat penghargaan Excellence Award (Actor in a Miniseries Genre/Fantasy Drama) di ajang yang sama.

Ahn Hyo Seop kemudian kembali memukau penggemar dengan perannya sebagai CEO tampan di serial "Business Proposal" yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama. Dalam drama tersebut, ia beradu akting dengan Kim Sejeong, Kim Min Kyu, dan Seol In A.

Dari sisi kehidupan pribadi, Ahn Hyo Seop sempat terlibat rumor kencan dengan sesama selebriti. Pada 2022, Ahn Hyo Seop mendadak dirumorkan telah lama mengencani aktris cantik Park Ji Hyun. Rumor tersebut berawal dari postingan di komunitas online, dimana seorang netizen mengaku sering melihat Ahn Hyo Seop di sekitar lingkungan rumah Park Ji Hyun. Keduanya diketahui sempat membintangi iklan pakaian bersama pada 2017.

Park Ji Hyun sendiri sempat pacaran go public dengan penyiar KBS Cho Hang Ri pada Agustus 2017, sebulan sebelum ia bertemu Ahn Hyo Seop. Namun mereka putus hanya dalam waktu enam bulan. Selain itu, Ahn Hyo Seop dan Park Ji Hyun juga diduga beberapa kali mengunggah lovestragam di Instagram untuk menunjukkan hubungan mereka. Hal tersebut memperkuat rumor kencan di antara keduanya.

Mengingat rumor kencan ini begitu banyak menarik perhatian di berbagai situs komunitas online, agensi Park Ji Hyun pun angkat bicara. Secara singkat, Namoo Actors selaku agensi sang aktris merilis sebuah pernyataan yang memilih untuk tidak berkomentar apa-apa. "Kami tidak memiliki apa-apa untuk dikatakan," kata pihak agensi. Sementara itu, pihak Ahn Hyo Seop masih belum mengkonfirmasi ataupun membantah rumor kencan tersebut.

Selain itu, Ahn Hyo Seop juga ramai dijodoh-jodohkan dengan Kim Sejeong oleh penggemar. Chemistry apik keduanya di "Business Proposal" memang membuat banyak penonton merasa baper. Baru-baru ini, Ahn Hyo Seop dan Kim Sejeong juga menunjukkan interaksi manis di SBS Drama Awards 2022 dimana keduanya menerima penghargaan Best Couple Award.

Setelah ajang penghargaan berakhir, Kim Sejeong sempat mengunggah selfie-nya bersama Ahn Hyo Seop ke Instagram. "Best Couple Award. Selamat atas penghargaan akting terbaikmu, oppa! Sangat menyenangkan bisa berkumpul lagi! Mari kita bertemu lagi!" demikian caption di unggahan Kim Sejeong. Selain di feed, Kim Sejeong juga membagikan selfie-nya bersama Ahn Hyo Seop di Instagram Stories dengan iringan lagunya yang berjudul "Between Chance and Fate".

Unggahan tersebut langsung disambut baik para penggemar hingga membuat mereka bertanya-tanya apakah Ahn Hyo Seop dan Kim Sejeong berkencan di dunia nyata. Namun setelah mendapat banyak respons, Kim Sejeong justru menghapus selfie-nya bersama Ahn Hyo Seop dari Instagram. Hal ini justru membuat banyak penggemar semakin curiga.

Selain itu, keduanya juga diduga melakukan lovestragam usai Ahn Hyo Seop membagikan sejumlah selfie-nya ke Instagram dengan caption emoji kelinci. Unggahan Ahn Hyo Seop tersebut dikaitkan dengan postingan Kim Sejeong yang membagikan selfienya mengenakan bando kuping kelinci. Penggemar juga menduga lokasi selfie baru Ahn Hyo Seop sama dengan tempat Kim Sejeong berada beberapa waktu lalu. Meski demikian, hingga kini keduanya masih belum memberikan konfirmasi apa pun terkait dugaan kencan tersebut.

Di sisi lain, Ahn Hyo Seop sendiri merupakan salah satu selebriti yang relatif bebas kontroversi. Jika tidak sedang syuting ataupun menggarap proyek, Ahn Hyo Seop senang menghabiskan waktu bersama kucingnya yang bernama Baul di rumah. Aktor berkewarganegaraan Kanada tersebut juga kerap melepas penat dengan menonton video Netflix dan YouTube.

Meski demikian, aktingnya di "Business Proposal" sempat menuai pro-kontra. Ahn Hyo Seop memang berhasil mencuri hati para pencinta drakor kala memerankan karakter Kang Tae Moo yang kaya, karismatik, dan bersifat dingin-di-luar-hangat-di-dalam. Namun sejumlah review online menilai akting Ahn Hyo Seop masih canggung dan dipaksakan. Ia dinilai gagal memancarkan aura kuat dan dewasa yang dimiliki karakter Kang Tae Moo di versi webtoon-nya. Bahkan ada yang menyebut Kang Tae Moo versi Ahn Hyo Seop viral hanya karena visual tampannya.

Setelah mendapat sejumlah review buruk, banyak netizen yang kemudian membela Ahn Hyo Seop. Beberapa netizen menyoroti fakta bahwa Ahn Hyo Seop sudah membuktikan kemampuan aktingnya lewat "Dr. Romantic 2" hingga "Lovers in the Red Sky" sebelum "Business Proposal". Akting Ahn Hyo Seop sebagai Kang Tae Moo juga dipuji bisa menghibur penonton, sesuai dengan genre komedi romantis drama tersebut.

"Tapi drama ini seharusnya mengeluarkan energi positif. Ini adalah jenis drama yang membantu Anda menghilangkan stres dan merasa baik, jadi jika Anda ingin mempelajari akting, Anda dapat menonton drama lain, mengapa meributkan drama yang ringan dan menghibur?" tulis salah satu netizen.

"Ini bukan hanya tentang visualnya. Aktingnya membuatku tertawa dalam adegan lucu dan membuat hatiku berdebar juga dalam adegan romantis. Dia melakukan pekerjaan dengan baik. Berhentilah membencinya," komentar yang lain.

Terlepas dari kritik yang sempat diterimanya, Ahn Hyo Seop masih terus aktif berkarya di dunia akting hingga kini. Ia akan kembali memerankan karakter Seo Woo Jin dalam "Dr. Romantic 3" yang dijadwalkan tayang tahun 2023. Selain itu, Ahn Hyo Seop juga akan membintangi serial Netflix "A Time Called You" yang diadaptasi dari drama Taiwan "Some Day or One Day".

Filmografi

Serial Drama

  1. "Splash Splash Love" sebagai Park Yeon / Che A Jik (2015)
  2. "One More Happy Ending" sebagai Ahn Jung Woo (2016)
  3. "Happy Home" sebagai Choi Chul Soo (2016)
  4. "Entertainer" sebagai Ji Noo (2016)
  5. "Queen of the Ring" sebagai Park Se Gun (2017)
  6. "My Father is Strange" sebagai Park Cheol Soo (2017)
  7. "Still 17" sebagai Yoo Chan (2018)
  8. "Abyss" sebagai Cha Min (2019)
  9. "Dr. Romantic 2" sebagai Seo Woo Jin (2022)
  10. "Lovers of the Red Sky" sebagau Ha Ram (2021)
  11. "Business Proposal" sebagai Kang Tae Mu (2022)
  12. "Dr. Romantic 3" sebagai Seo Woo Jin (2023)
  13. "A Time Called You" sebagai Goo Yeon Joon / Nam Si Heon (2023)

Web Series

  1. "Top Management" sebagai Hyun Soo Yong (2018)

Acara Televisi

  1. "Always Cantare 2" sebagai cast member (2015)
  2. "Celebrity Bromance" sebagai bintang tamu (2016)
  3. "My Little Old Boy" sebagai host special (2021)

Diskografi

Digital Single

  1. "Love You" (bersama One O One) (2015)
  2. "Stunning" (bersama One O One) (2015)
  3. "You Are My Light" (bersama One O One) (2016)
  4. "S.O.U.L Digital Single" (bersama S.O.U.L) (2018)

Mini Album

  1. "S.O.U.L Mini Album" (bersama S.O.U.L) (2018)

Soundtrack

  1. "I Will Show You" (bersama Z.HERA) – "Top Management" OST (2018)

Penghargaan

A-Awards

  1. 2022: A-Awards – Confidence

APAN Star Awards

  1. 2021: Best New Actor (nominasi)
  2. 2022: Excellence Award (Actor in a Miniseries) (nominasi), Male Actor Popularity Award (nominasi), Best Couple Awards (bersama Kim Se Jeong) (nominasi)

Asia Artist Awards

  1. 2017: Rookie Award
  2. 2019: Choice Award (Actor)
  3. 2020: Best Actor Award, Popularity Award (Actor) (nominasi)
  4. 2022: Popularity Award (Actor) (nominasi)

Baeksang Arts Awards

  1. 2020: Best New Actor – Television

Korea Drama Awards

  1. 2019: Best New Actor (nominasi)

MBC Drama Awards

  1. 2016: Best New Actor (nominasi)

SBS Drama Awards

  1. 2018: Best New Actor, Character of the Year (nominasi)
  2. 2020: Excellence Award (Actor in a Miniseries Action/Genre Drama), Best Couple Award (bersama Lee Sung Kyung) (nominasi)
  3. 2021: Excellence Award (Actor in a Miniseries Genre/Fantasy Drama), Best Couple Award (bersama Kim Yoo Jung)
  4. 2022: Top Excellence Award (Actor in a Miniseries Romance/Comedy Drama), Best Couple Award (bersama Kim Se Jeong])
Trivia
  1. Tinggal di Kanada sejak usia 7 tahun sehingga fasih berbahasa Inggris
  2. Penggemar berat aktor tampan Hyun Bin sejak kecil
  3. Sempat jadi anggota orkestra saat SMP dan SMA
  4. Pindah dari Kanada ke Korea seorang diri di usia 17 tahun demi meniti karier
  5. Sempat menjadi trainee idol di JYP Entertainment selama tiga tahun
  6. Hampir debut bersama GOT7
  7. Bersahabat dekat dengan Jackson Wang dan Rowoon SF9
  8. Kuliah di Kookmin University jurusan Bisnis Internasional yang kurikulumnya diajarkan dalam bahasa Inggris
  9. Mantan anggota boy group One O One
  10. Kucing peliharaannya diberi nama Baul, mirip dengan nama Inggris-nya, Paul
  11. Punya kebiasaan unik untuk mandi sebelum berolahraga
  12. Tipe wanita idealnya adalah seseorang yang mudah diajak berkomunikasi
  13. Menurut Kim Min Kyu, Ahn Hyo Seop suka random beatboxing sendiri
  14. Punya kebiasaan mengakhiri hari dengan minum soju
  15. Mendirikan agensi The Present Co. bersama manajernya
  16. Harus minum wine sebelum lakukan adegan ciuman dengan Lee Sung Kyung di "Dr. Romantic 2"
  17. Masuk dalam jajaran Korea Power Celebrity 2022 versi Forbes di peringkat 37