Mendiang Lee Sun Kyun Dapat Penghormatan di Screen Actors Guild Awards 2024
Instagram/hoduent
Film

Mendiang aktor Lee Sun Kyun dikenang dalam ajang Screen Actors Guild Awards 2024. Bintang ‘Parasite’ itu mendapatkan penghormatan dari tamu undangan lain yang terdiri dari aktor ternama.

WowKeren - Lee Sun Kyun (Lee Sun Gyun) mendapat penghormatan dari para aktor lain yang menjadi tamu Screen Actors Guild Awards (SAG) 2024. Bintang film “Parasite” itu dikenang karena bakatnya yang luar biasa dalam dunia seni peran.

Pada Sabtu (24/2) waktu setempat, SAG 2024 menggelar upacara penyerahan piala di Los Angeles. Pihak SAG 2024 menyisihkan waktu untuk mengenang para aktor yang meninggal dunia pada tahun 2023.

Pada momen tersebut, video retrospektif untuk aktor yang sudah berpulang ditayangkan. Salah satunya menunjukkan Sun Kyun saat membintangi film “Parasite” karya sutradara Bong Joon Ho.

“Tahun lalu, kami kehilangan banyak aktor luar biasa. Absennya orang-orang yang menyentuh dunia dengan bakat mereka sangat terasa,” kata Naomi Watts.


Semasa hidupnya, Sun Kyun pernah sebelumnya pernah memenangkan Ensemble Award pada upacara penghargaan tahun 2020 bersama rekan mainnya di “Parasite”. Pada saat itu, sang aktor merayakan kemenangannya dengan gembira bersama Song Kang Ho, Choi Woo Shik, Park So Dam, dan Lee Jung Eun.

Pada hari-hari terakhirnya, Sun Kyun tengah menghadapi penyelidikan kasus narkoba yang menyeretnya sejak Oktober 2023. Sun Kyun sendiri sudah mendapatkan hasil negatif dalam setiap tes narkoba, tetapi polisi tetap meneruskan penyelidikan.

Hingga pada 27 Desember, Sun Kyun ditemukan meninggal dunia di sebuah mobil yang terparkir di Waryong Park, Jongno-gu, Seoul. Sebelum ditemukan, aktor “Parasite” dilaporkan oleh Jeon Hye Jin telah meninggalkan semacam surat wasiat dan menghilang dari rumah.

Pada Jumat (12/1), Asosiasi Seniman Budaya yang terdiri dari 29 pelaku seni menggelar konferensi pers untuk menyuarakan tuntutan terkait kematian Sun Kyun. Asosiasi itu diwakili sutradara Bong Joon Ho, Lee Won Tae, aktor Kim Eui Sung, dan penyanyi Yoon Jong Shin secara bergantian menyampaikan pendapat mereka.

Sebagai hasil konferensi pers, Asosiasi Seniman Budaya mendesak adanya penyelidikan menyeluruh terhadap proses hukum Sun Kyun. Kedua, mereka meminta media memberikan klarifikasi terkait proses investigasi dan menghapus artikel yang tidak sesuai dengan tujuan pemberitaan. Terakhir, mereka mengajukan revisi undang-undang yang berlaku untuk melindungi hak asasi seniman budaya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru