Meenoi Absen Syuting Iklan karena Minta Bayaran Hampir Selevel Lee Hyori
Instagram/meenoie
Selebriti

Setelah Meenoi diekspos Dispatch soal minta bayaran lebih, YouTuber Lee Jin Ho menjelaskan kecenderungan penyanyi bernama asli Park Min Young itu patok harga nyaris sekelas Lee Hyori.

WowKeren - Meenoi dan kontroversinya kini menarik YouTuber Lee Jin Ho untuk membedah tentang apa yang sebenarnya terjadi. Penyanyi bernama asli Park Min Young itu rupanya meminta bayaran lebih daripada yang ditawarkan oleh pihak Kosmetik P. Seperti diketahui, penyanyi itu absen dari syuting iklan dengan produk tersebut.

Pada 7 Maret, Dispatch merilis perkembangan baru bahwa Meenoi menaikkan bayarannya untuk 6 bulan kepada pengiklan. Lewat chat yang beredar, disebutkan bahwa penyanyi itu ingin bayaran hingga mencapai 400 juta won (sekitar Rp4,72 miliar). Dengan demikian, Meenoi menuntut 200 juta won (sekitar Rp2,3 miliar) untuk iklan 3 bulan.

Sehubungan dengan klaim mantan reporter Lee, Meenoi menarik rasa penasaran atas alasannya meminta bayaran setinggi itu. Padahal, penyanyi itu masih belum punya gebrakan sekelas artis A-list lainnya.

“Di tengah kontroversi tersebut, banyak orang tertarik pada satu hal, yaitu nilai merek Meenoi. Orang-orang mengajukan pertanyaan seperti: 'Dia menerima jumlah X untuk iklan selama 6 bulan?' 'Bukankah biaya tiap selebriti berbeda-beda?' 'Dia tidak begitu terkenal, bagaimana dia bisa menagih sebanyak itu selama 6 bulan?' Jadi, saya melakukan penyelidikan mengenai hal ini,” kata Jin Ho.

Untuk itu, reporter Lee mencari tahu bagaimana cara kerja industri iklan dalam membayar modelnya. Kecuali bintang papan atas seperti Lee Hyori, biaya iklan artis lain apalagi yang semi populer sekitar 200 juta won dalam setahun. Kasus ini berbeda dengan kontrak Meenoi yang meminta dibayar 6 bulan, yang bisa dikatakan hampir menyamai level Hyori.

“Jadi saya mencari tahu tentang bagaimana struktur biaya industri periklanan. Dalam kasus perusahaan tempat Meenoi mempersiapkan syuting, biaya rata-rata untuk sebuah iklan adalah 200 juta hingga 250 juta won (sekitar Rp2,3 miliar hingga Rp2,9 miliar ) per tahun. Kecuali bintang papan atas seperti Lee Hyori, selebriti semi populer mana pun akan dibayar 200 juta hingga 250 juta untuk kesepakatan iklan tahunan,” papar YouTuber Lee.

Mantan reporter itu mengatakan, “Namun, Meenoi mengenakan biaya 200 juta won untuk kontrak enam bulan. Selain itu, Meenoi diduga meminta 250 juta won untuk enam bulan, yang lebih tinggi dari rata-rata industri. Meskipun jumlah sebenarnya untuk kontrak tersebut biaya penampilannya memang tinggi, industri periklanan punya pendapat berbeda.”

Meenoi Absen Syuting Iklan karena Minta Bayaran Hampir Selevel Lee Hyori

Source: YouTube


Perbedaan bayaran Meenoi dari artis umumnya membuat YouTuber Lee memberikan analisis lebih jauh. YouTuber itu menjelaskan bahwa industri periklanan kini sedang ramai menggunakan model yang akrab di kalangan generasi MZ seperti Lee Young Ji. Agaknya, Kosmetik P ingin memperluas pasar lagi ke generasi Z.

“Ada tren peningkatan model periklanan wanita yang menyasar Gen Z. Sosok yang paling menonjol dalam sorotan adalah Lee Young Ji. Di belakangnya adalah Meenoi. Oleh karena itu, ada pendapat orang dalam industri bahwa 200 juta won untuk enam bulan sebenarnya masuk akal,” terangnya.

Meskipun permintaan model untuk menyasar gen-Z sedang tinggi. YouTuber itu mernganggap bayaran Meenoi terlalu tinggi dibanding tingkat pengakuannya di industri. Sejak sebelum bergabung dengan AOMG, penyanyi itu sudah dibayar tinggi bahkan untuk acara tingkat kabupaten.

“Meenoi sebagai penyanyi belum banyak dikenal publik dan bayaran penampilannya yang tinggi sudah terkenal di industri,” jelas YouTuber Lee. “ Bahkan sebelum bergabung dengan AOMG, Meenoi mengenakan biaya sebesar 40 juta won (sekitar Rp472 juta) untuk satu kali tampil di sebuah acara tingkat provinsi. Terlebih lagi, dikatakan bahwa biaya penampilannya semakin meningkat setelah ia menandatangani kontrak dengan AOMG,” sebut YouTuber Lee.

Kemudian, ia menambahkan. “Meskipun Meenoi mendapatkan popularitas melalui lagu covernya, mengenakan biaya sebesar 40 juta won untuk menghadiri satu acara sudah merupakan tingkat teratas di industri ini. Itu sebabnya labelnya meminta 200 juta won tetapi Meenoi mengharapkan 250 juta won.”

Terakhir, YouTuber Lee mengkritik Meenoi karena terlalu melebih-lebihkan nilai mereknya. Ia menganggap bahwa kontroversi ini muncul dimulai dari permintaan bayaran Meenoi yang lebih tinggi daripada selebriti lainnya.

Sementara itu, Meenoi mulai menarik perhatian publik usai live sambil nangis-nangis dan minta maaf. Beberapa hari berikutnya, ia terungkap telah absen dari syuting iklan dan menimbulkan kontroversi lain seperti diekspos saat sedang merokok di dalam ruangan hingga terlambat datang saat mengisi festival.

Masalah Meenoi semakin meruncing ketika Dispatch membeberkan bukti bahwa ucapan penyanyi dan faktanya sesuai. Apalagi, Meenoi menuduh agensi memalsukan stempel tanda tangan yang berujung pada konflik. Penyanyi itu kabarnya juga sudah memutuskan hengkang dari agensi.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait