HYBE Buka Suara usai Dituduh Tetapkan Batasan Usia untuk MV 'How Sweet' NewJeans
Instagram/newjeans_official
Musik

Video musik 'How Sweet' milik NewJeans diduga jadi korban sabotase HYBE karena jumlah penayangan di YouTube yang rendah. Atas tudingan ini, HYBE pun akhirnya angkat bicara.

WowKeren - NewJeans resmi comeback dengan merilis video musik "How Sweet" pada Jumat (24/5). Sudah empat hari dirilis, "How Sweet" belum juga mampu melampaui jumlah viewer MV "Bubble Gum".

"Bubble Gum" mencapai lebih dari 10 juta penayangan dalam satu hari setelah dirilis. Sebaliknya, "How Sweet" hanya mencapai 8,4 juta penayangan setelah tiga hari dirilis. Mengingat lagu tersebut menduduki peringkat tinggi di tangga musik domestik, termasuk posisi ke-2 di Top 100 Melon, para penggemar berspekulasi tentang jumlah penayangan YouTube yang relatif rendah.

Lambatnya jumlah penayangan ini memunculkan dugaan bahwa HYBE telah mengklasifikasikan MV tersebut sebagai konten dengan batasan usia. Klaim ini muncul di tengah ketegangan yang ada antara HYBE dan CEO ADOR, Min Hee Jin.

Pada Senin (27/5), HYBE akhirnya angkat bicara dan membantah tegas semua rumor miring yang dialamatkan kepada mereka. Salah seorang perwakilan HYBE menegaskan bahwa mereka tidak pernah menetapkan batasan usia untuk MV "How Sweet", terlebih hanya untuk mensabotase comeback NewJeans.

HYBE mengatakan bahwa pihak YouTube sendiri yang telah menetapkan batasan usia untuk video musik NewJeans tersebut. Oleh karena itu, mereka mencoba untuk menghubungi pihak YouTube dan menanyakan perihal masalah ini.

"HYBE tidak menetapkan batasan usia saat mengupload video musik ke YouTube. YouTube mengklasifikasikan konten sebagai konten yang dikenai pembatasan usia berdasarkan kriterianya sendiri. Kami telah meminta klarifikasi dari YouTube mengenai kriteria spesifik yang menyebabkan pembatasan usia dan sedang menunggu tanggapan mereka," beber HYBE.

Publik pun berspekulasi bahwa kehadiran Coca-Cola dalam MV "How Sweet" mungkin menjadi penyebabnya. Di mana algoritma YouTube menandainya sebagai iklan, sehingga menyebabkan pembatasan tersebut. Google dilaporkan sedang memeriksa aspek teknis dari masalah ini.

Sebelumnya, MV "How Sweet" terseret rumor plagiarisme atas dua lagu milik musisi luar negeri. "How Sweet" diklaim telah menjiplak lagu "Summer Love" milik band Midnight Fusic dan "F.U.I.L.Y" milik penyanyi Karencitta. Rumor ini pun menjadi perdebatan warganet di media sosial.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait