Ria Ricis Dikecam pasca Biarkan Moana Nangis Kejer kala Lihat Sapi Disembelih
Instagram/riaricis1795
Selebriti

Ria Ricis angkat bicara usai dikecam karena dinilai biarkan Moana sang putri menyaksikan penyembelihan sapi secara langsung yang dianggap bisa membuat anak trauma.

WowKeren - Momen Hari Raya Idul Adha selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia, terutama momen penyembelihan hewan kurban. Namun, momen ini belakangan menimbulkan kontroversi terutama ketika anak kecil yang masih balita terlibat. Salah satunya adalah cerita tentang putri dari artis Ria Ricis dan Teuku Ryan (II), Moana, yang menjadi sorotan saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Baru-baru ini, video yang memperlihatkan reaksi Moana saat melihat sapi kurbannya hendak disembelih, dibagikan di akun Instagram @maskanulhuffadz. Moana yang ditemani pengasuhnya, terlihat menangis dan menggelengkan kepalanya seolah tidak rela sapi tersebut disembelih. Hal ini mengundang kritikan dari banyak warganet.

Menurut warganet, anak-anak terutama yang masih sangat kecil seperti Moana, tidak seharusnya melihat proses penyembelihan hewan kurban. Ada yang khawatir hal ini dapat menimbulkan trauma bagi anak seusia Moana yang baru akan genap berusia dua tahun pada Juli mendatang.

Tidak tinggal diam, Ria Ricis yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, dengan segera memberikan klarifikasi. Melalui kolom komentar di akun Instagram @maskanulhuffadz, Ricis menjelaskan bahwa dirinya selalu memberikan pemahaman mengenai makna Idul Adha kepada Moana. Ia juga memastikan bahwa Moana tidak melihat penyembelihan secara langsung.

Dr sblm hr H, bu icis sering kasih afirmasi terkait hari idul adha trmasuk dengan kisahnya. Dan sampai hr ini alhamdulillah dia paham, tida ada trauma dan masi mau makan sapi kambing dll. Terimakasi perhatiannya semua,” jelas Ria Ricis.

Ria Ricis juga menegaskan bahwa pada saat pemotongan, sapi ditutup dengan terpal sehingga Moana tidak bisa melihat proses penyembelihan secara gamblang. “Moana udah dikasih afirmasi soal hari ini sama bu icis dan waktu pemotongan tentu sapi ditutupin sehingga ga terlihat secara gamblang. Moana, jadi anak solehah ya sayang,” pungkasnya.

Video reaksi Moana memang mengundang beragam tanggapan dari netizen. Namun, penting bagi kita untuk memahami bahwa setiap keluarga memiliki cara yang berbeda dalam mendidik anak mereka, termasuk dalam memperkenalkan tradisi dan nilai agama.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait