Biografi Afiqah

Amanina Afiqah Ibrahim atau yang akrab disapa Afiqah merupakan artis cilik yang dikenal lewat iklan biskuit Oreo. Afiqah adalah anak sulung dari pasangan Erwin Andri Ibrahim dan Dina Walintukan. Ia memiliki seorang adik laki-laki yang terpaut 4 tahun di bawahnya bernama Danish Xavier Ibrahim.

Afiqah mengawali karirnya dengan terjun sebagai bintang iklan susu merk Bebelac Star. Dalam iklan tersebut, Afiqah memerankan seorang anak yang memenangkan kontes penghargaan. Dengan tampang imutnya, Afiqah naik ke podium dan mengucapkan terima kasih.

Namanya mulai melejit saat ia membintangi sebuah iklan biskuit, Oreo Ice Cream Jeruk. Dengan ekspresi wajah yang menggemaskan, Afiqah sukses menghipnotis masyarakat. Bahkan kata-kata yang terdapat dalam iklan tersebut, seperti "Afiqah......, iyaaaa..., apa....?" menjadi sebuah trend di kalangan masyarakat. Sejak saat itu orang-orang kerap menjadikan foto Afiqah sebagai foto profil di sosial media dan mengeditnya jadi komik meme di internet.

Afiqah juga merambah ke dunia tarik suara dengan mengeluarkan single perdana berjudul "MAMA (You Are My Everything)" pada Juli 2012. Selang setahun kemudian, Afiqah kembali meluncurkan single keduanya, "Idolaku". Lagu ini dipersembahkan Afiqah untuk idolanya yaitu Morgan Oey, SM*SH dan Coboy Junior.

Tak hanya itu saja, Afiqah juga terjun ke dunia film. Ia dipercaya oleh Hanung Bramantyo untuk bermain dalam film "Perahu Kertas" dan "Perahu Kertas 2". Dalam film yang diadaptasi dari novel karya Dewi Lestari ini, Afiqah berperan sebagai Kugy Kecil yang saat dewasanya diperankan oleh Maudy Ayunda.