Gigi Profile
Gigi Profile Photo

Gigi

Profesi
Grub band
Tgl Lahir
Mar 22, 1994
Lahir di
Bandung, Jawa Barat
Profesi
Grub band
Populer
Debut album "Angan" (2004)
Tempat Lahir
Bandung, Jawa Barat
Kewarganegaraan
Indonesia
Populer Sejak
Debut album "Angan" (2004)

Gigi dibentuk pada tanggal 22 Maret 1994. Band legendaris yang berasal dari Bandung ini memiliki personil Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bass) dan Gusti Hendy (drum).

Nama Gigi sebetulnya adalah celetukan yang dilontarkan oleh Budjana ketika berdiskusi dengan ketiga anggota lainnya mengenai nama band mereka. Para personilnya berniat mengganti nama band yang semula dinamai BDH (Beri Daku Harapan) tersebut dengan nama yang lebih enak diingat. Karena sudah kehabisan ide, mereka sempat akan mengganti nama bandnya dengan Orang Utan.

Budjana, yang melihat Ronald tertawa terpingkal-pingkal dengan ide menamai band Orang Utan, menjadi terinspirasi kemudian berceletuk tentang nama Gigi. Ide iseng yang dilontarkan Budjana tersebut tak disangka malah mendapat persetujuan dari personil lain. Akhirnya, jadilah nama Gigi dipakai sebagai nama band mereka.

Formasi pergantian personil beberapa kali pernah dialami Gigi semenjak terbentuk. Aria Baron, yang awalnya mengisi posisi gitaris resmi keluar pada 1995, disusul Ronald Fristanto dan Thomas yang juga hengkang di tahun 1996. Opet Alatas (bass) dan Budy Haryono (drum) masuk untuk mengisi posisi yang kosong di band yang hanya menyisakan Armand dan Budjana sebagai personil tersebut.

Namun lagi-lagi satu personil harus keluar dari tubuh Gigi. Kali ini giliran Opet yang memutuskan untuk meninggalkan Gigi di tahun 1998, disusul berikutnya Budy di tahun 2003. Thomas yang baru keluar dari rehabilitasi masuk kembali untuk mengisi posisi drumer.

Gigi, yang berumur hampir dua dekade, jelas sudah banyak berkontribusi di dunia permusikan Indonesia. Terhitung, dua puluh album sudah dirilis olehnya. Beberapa album Gigi antara lain "Angan" (1994), "2x2" (1997), "Peace, Love & Respect" (2007), "Jalan Kebenaran" (2008) dan "Sweet 17" (2011). Berbagai penghargaan pun, dari gelar "Band Terbaik" sampai "Penjualan Album Terbanyak" sudah kenyang diterima Gigi.

Di ulahtahunnya yang ke 15 tahun, Gigi meluncurkan sebuah buku setebal 429 halaman berjudul "15 Tahun Gigi". Buku tersebut mengulas sejarah dan perjalanan karir Gigi dari awal pembentukan sampai menginjak usia yang ke-15. Selain itu, Gigi juga memperingati hari jadinya itu dengan mengadakan konser yang mengundang 15 artis sebagai bintang tamu.

Menginjak di usia yang sudah ke 18 tahun, Gigi masih menunjukkan keeksisannya. Band ini menyabet dua penghargaan di "Dahsyatnya Awards 2012" sebagai "Legend Terdahsyat" dan single "Bye Bye" (2011) sebagai pemenang "Video Klip Terdahsyat".

Gigi Lirik Lagu