Julianne Moore Profile
Julianne Moore Profile Photo

Julianne Moore

Profesi
Aktris
Nama Asli
Julie Anne Smith
Tgl Lahir
Dec 3, 1960
Lahir di
Fayetteville, North Carolina, AS
Profesi
Aktris
Populer
Berperan sebagai Amber Waves di film "Boogie Night" (1997)
Tempat Lahir
Fayetteville, North Carolina, AS
Tinggi Badan
163
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Merah
Warna Mata
Hijau
Ayah
Peter Moore Smith
Pekerjaan Ayah
Kolonel, pilot helikopter, pengacara militer, hakim
Ibu
Ann Smith
Pekerjaan Ibu
Pekerja sosial bagian kejiwaan
Pendidikan
  • Lulus dari Frankfurt American High School di Frankfurt, Germany, tahun 1979
  • Lulus dari the School of The Performing Arts at Boston University tahun 1983 dengan gelar BFA di Drama
Saudara
Valerie (adik), Peter Moore Smith III (adik)
Suami/Istri
Sundar Chakravarthy (21-Nov-83 - 12-Okt-85), John Gould Rubin (aktor, 3-Mei-86 - 25-Agt-95), Bart Freundlich (sejak 23-Agt-03)
Anak-anak
Caleb (l. 4-Des-97), Liv Helen (l. 11-Apr-02)
Populer Sejak
Berperan sebagai Amber Waves di film "Boogie Night" (1997)

Julianne Moore lahir 3 Desember 1960 dengan nama asli Julie Anne Smith. Dia adalah kakak dari Valerie dan Peter Moore Smith III. Ayahnya, Peter Moore Smith, adalah pengacara militer, hakim dan pilot helikopter dengan pangkat kolonel. Sementara ibunya, Anne Love, bekerja sebagai pekerja sosial bagian kejiwaan. Semasa kecil Julianne dibesarkan di pangkalan militer Bragg di California utara. Besar di lingkungan militer, Julianne menjadi anak yang berkarakter keras dan kerap tinggal berpindah-pindah bersama keluarganya. Dia pernah tinggal di Amerika Serikat dan sempat menempuh pendidikan di Frankfurt Jerman. Beranjak dewasa, Julianne mengambil gelar sarjananya di College of Fine Arts, Boston University.

Tahun 1983, Julianne pindah ke New York dan sempat bekerja sebagai pelayan. Dia kemudian menjajal kemampuan menjadi aktris di opera sabun yang tayang di CBS, "As the World Turns". Beberapa tahun kemudian Julianne mengganti namanya agar tidak sama dengan nama aktris lain. Awalnya Julianne menggunakan nama Julie Smith, namun ketika ternyata nama tersebut telah dipakai, Julianne akhirnya menggabungkan dua nama depannya, Julie dan Anne, serta nama tengah ayahnya, Moore.

Debut pertama Julianne di layar lebar yakni lewat peran sebagai Susan di film produksi Paramount Pictures, "Tales from the Darkside: The Movie" (1990). Namun, namanya baru mulai dikenal ketika dia beradu akting bersama Harrison Ford dan Tommy Lee Jones di film "The Fugitive" (1993). Kepiawaiannya berakting berhasil meraih penghargaan Golden Globe Special Ensemble Award lewat penampilannya sebagai Marian di film drama "Short Cuts" (1993). Adapun Julianne juga dikenal lewat perannya sebagai Dr. Sarah Harding di film "The Lost World: Jurassic Park" (1997). Pamornya sebagai aktris semakin melejit ketika dia mendapat kesempatan untuk bermain di film yang meraup keuntungan sebesar lebih dari 43 juta dollar, "Boogie Nights" (1997).

Pamor Julianne sebagai aktris kian bersinar terang pada periode 2000 hingga 2007. Dia mulai banyak membintangi beberapa film terkenal seperti "Hannibal" (2001), "Evolution" (2001), "The Hours", "Laws of Attraction" dan "Next". Bakat akting dan caranya membawakan peran juga dapat disaksikan di film baru seperti "Shelter", "A Single Man", "Chloe dan "The Kids Are All Right".

Selain sibuk menjadi aktris, Julianne juga dipercaya untuk menjadi model produk Revlon sejak tahun 2002. Dia kerap muncul di iklan Revlon bersama beberapa aktris terkenal seperti Halle Berry, Susan Sarandon, Kate Bosworth dan Jessica Alba. Dibalik kesibukan pekerjaan, aktris yang kini hampir berusia 50 tahun tersebut tak pernah lalai mengurus keluarganya. Bagi Julianne keluarga adalah prioritas utamanya. Dia bahkan lebih memilih beberapa film yang digarap pada musim panas sehingga suami dan anak-anaknya bisa hadir di lokasi syuting. Dalam kehidupan pribadi, Julianne pernah menikah tiga kali yakni dengan Sundar Chakravarthy (1983 - 1985), John Gould Rubin (1986 - 1995) dan sutradara Bart Freundlich yang pernah menggarap film Julianne, "Trust the Man" (sejak 23 Agustus 2003). Dari pernikahannya dengan Bart, Julianne dikaruniai dua anak yakni Caleb (4 Desember 1997) dan Liv Helen (11 April 2002).