Rizky Billar Profile
Rizky Billar Profile Photo

Rizky Billar

Profesi
Aktor, model
Nama Asli
Muhammad Rizky Billar
Tgl Lahir
Jul 12, 1995
Lahir di
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Profesi
Aktor, model
Populer
Berperan sebagai Dendi di sinetron "Anak Jalanan" (2016)
Tempat Lahir
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Suami/Istri
Lesti Andryani (penyanyi, sejak 19-Agt-21)
Kekasih
Syahra Larez (aktris)
Anak-anak
Muhammad Leslar Al-Fatih Billar (laki-laki, L. 26-Des-21)
Populer Sejak
Berperan sebagai Dendi di sinetron "Anak Jalanan" (2016)

Muhammad Rizky alias Rizky Billar terlahir dari pasangan Daniel Eddy dan Rosmala Dewi pada 12 Juli 1995. Ia merupakan anak bungsu dari enam bersaudara, denganempat kakak laki-laki serta satu kakak perempuan.

Sejak kecil, Rizky Billar disebut sudah pandai dan memiliki sifat ceria dan sering tertawa. Menurut kakak sepupunya yang bernama Ade Efril Manurung, Rizky Billar sudah pintar berakting sejak kecil.

"Rizky Billar memang ketika lahirnya pun dia sangat beda sama abang-abangnya juga. Dia kan anak yang paling bungsu kan, kecil dia. Dia beda sendiri, memang lincah dan dia juga pintar orangnya. Dan waktu kecil dia sudah tahu akting," beber Ade Efril Manurung kepada Intens Investigasi.

Dengan wajahnya yang tampan, Rizky Billar pertama kali mendapat tawaran menjadi model kala ia sedang berjalan-jalan ke mal. Awalnya, Rizky Billar merasa ragu untuk menerima tawaran tersebut karena merasa tak percaya diri. Butuh waktu enam bulan hingga Rizky Billar akhirnya memantapkan diri untuk terjun ke dunia modelling.

Awalnya, Rizky Billar hanya menjadi model di Medan. Ia kemudian memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi Cover Guest majalah remaja Aneka Yess pada tahun 2011 dan berhasil menyabet juara pertama.

"Pada saat itu kan posisi masih sekolah, jadi Jakarta-Medan, Jakarta-Medan. Setelah tamat sekolah, gue ke Jakarta, stay (tinggal)," beber Rizky Billar di kanal YouTube Raffi Ahmad.

Setelah pindah ke Jakarta, Rizky Billar mulai serius dan menekuni dunia entertainment. Ia sering mengikuti casting meski pada akhirnya kerap menerima penolakan. "Enggak pernah keterima ya. Alasannya sih klasik, dimana mereka nganggap gue dialognya atau dialeknya masih Medan. Akhirnya gue ditolak," ungkap Rizky Billar dalam salah satu video YouTube-nya.

Meski demikian, Rizky Billar tak pantang menyerah. Ia terus mencoba hingga akhirnya mendapat kesempatan untuk main sinetron bersama sejumlah artis ternama seperti Yuki Kato hingga Verrell Bramasta pada 2014. Sayangnya, sinetron berjudul "Restu Bumi" tersebut justru gagal tayang.

"Tapi justru Alhamdulillah, itulah yang membuka jalan gue. Pada akhirnya gue bisa syuting-syuting sinetron lewat PH (production house) tersebut," paparnya. "Seiring berjalannya waktu, gue mulai syuting ini, syuting itu, dan ya hanya peran-peran biasa. Peran-peran biasa yang mana (bayarannya) hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan gue sehari-hari lah saat itu."

Namun tak lama kemudian, Rizky Billar cukup lama tak mendapat pekerjaan. Ia kemudian mulai mengikuti casting-casting lain sebagai bintang iklan. Meski begitu, Rizky Billar mengakui bahwa casting iklan sangat sulit dilakukan. Pasalnya, ada ratusan hingga ribuan orang yang mengantre untuk mengikuti casting iklan satu produk.

Tahun 2017 menjadi titik rendah dalam hidup Rizky Billar. Karena merasa kariernya di dunia hiburan mentok, Rizky Billar sempat ingin bekerja di salah satu pabrik di Jepang saja. "Pernah frustasi gue syuting jarang. Titik terendah 2017 akhir, gue kayak ngerasa dunia syuting tuh bukan dunia gua. Gue pengin ke Jepang, kerja di pabrik. Agak berat sih pekerjaannya," jelasnya.

Nasib Rizky Billar mulai membaik kala ia membintangi sinetron "Ada Dua Cinta" pada 2018. Dalam sinetron tersebut, Rizky Billar beradu akting dengan Syifa Hadju dan Amanda Manopo. Lewat sinetron tersebut, Rizky Billar pertama kali mendapatkan porsi adegan yang cukup besar sebagai salah satu pemeran utama.

Berkat sinetron itu pula, Rizky Billar juga bisa menjadi model iklan tanpa harus melewati casting. Selain itu, Rizky Billar juga bisa membeli mobil BMW pertamanya menggunakan honor yang ia dapat dari sinetron "Ada Dua Cinta". Meski demikian, Rizky Billar lagi-lagi mengalami krisis lantaran tidak mendapat pekerjaan lain hingga uangnya menipis.

"Gue enggak bisa nge-maintain karier gue saat itu. Tapi dari situ gue belajar, dari situ gue berjanji sama diri gue, ketika gue punya uang gue harus bisa nge-maintain, gue harus bisa menginvestasikan uang gue. Gue harus bisa mengalokasikan dana yang gue punya dengan tepat. Tidak menghabiskan uang gue dengan percuma," jelas Rizky Billar.

Beruntung, Rizky Billar mendapat kesempatan kedua dengan membintangi web series "100 Days: A Stroy of the Expert" bersama Vanesha Prescilla. Selain itu, Rizky Billar juga membintangi sejumlah judul FTV dan sinetron lain. Dari situ, ia mulai menabung dan mengelola penghasilannya dengan lebih bijak.

Dari sisi kehidupan pribadi, Rizky Billar sempat menjalin hubungan asmara dengan sesama selebriti. Pada 2018, Rizky Billar berpacaran dengan artis cantik Syahra Larez. Saat masih berpacaran, keduanya kerap membagikan foto kebersamaan ke media sosial. Sayangnya, hubungan mereka kandas di tengah jalan. Syahra Larez sendiri kini telah menikah dengan pria lain bernama Denny Buana.

Selain itu, Rizky Billar juga sempat diisukan dekat dengan aktris Dinda Hauw. Rizky Billar sendiri mengaku sudah lama nge-fans dengan Dinda Hauw. "Awalnya dulu salah satu teman itu temanan sama Dinda. Kebetulan gue abis syuting, teman gue ini ngajak, 'Eh nongkrong yuk ada ini ini ini, ada Dinda Hauw juga'. 'Serius lu ada Dinda Hauw?'," ungkap Rizky Billar di kanal YouTube Gritte Agatha.

Rizky Billar dan Dinda Hauw sebenarnya pertama kali bertemu kala syuting bareng di sinetron "Aku Anak Indonesia" pada 2015. Kala bertemu lagi dengan Dinda Hauw, Rizky Billar sempat pura-pura tak kenal meski mereka sempat syuting bareng. "Anehnya Dinda ingat, 'dulu aku pernah syuting sama kamu ya?'. Gue pura-pura enggak tahu kan, 'Emang iya? Kayaknya iya deh'. Sok-sok gitu."

Keduanya kemudian makin sering nongkrong bersama hingga memiliki geng bernama The Gabuts. Meski dekat, Rizky Billar memastikan hubungannya dengan Dinda Hauw hanya sebatas sahabat. "Kita kebetulan terlibat satu project bareng, di situ yang tadinya kita lumayan deket jadi deket banget. Ya udah jadi sahabat. Pure sahabat ya," tegas Rizky Billar.

Kedekatan Rizky Billar dan Dinda Hauw sempat membuat para penggemar baper. Namun pada 10 Juli 2020, Dinda Hauw justru menikahi penyanyi muda Rey Mbayang lewat proses taaruf. Rizky Billar yang menghadiri pernikahan Dinda Hauw dan Rey Mbayang kemudian viral di media sosial. Rizky Billar kala itu dijuluki "Sad Boy" lantaran dianggap sebagai seorang mantan pacar yang ditinggal nikah.

Di saat yang bersamaan, Lesti Kejora juga ramai diperbincangkan lantaran ditinggal nikah mantan pacarnya, Rizki Syafaruddin. Karena dianggap memiliki kisah mirip, Rizky Billar dan Lesti Kejora lantas ramai dijodoh-jodohkan oleh penggemar. Keduanya lalu dipertemukan di acara "One Man Show" yang dipandu oleh Tukul Arwana. Setelah itu, mereka sepakat untuk membuat konten bersama hingga akhirnya semakin dekat dan menjadi sepasang kekasih.

Pada 19 Agustus 2021, Rizky Billar dan Lesti Kejora melangsungkan pernikahan yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta. Namun belakangan, Rizky Billar mengakui bahwa ia dan Lesti Kejora telah menikah siri di awal tahun 2021 sebelum menggelar akad dan resepsi pada bulan Agustus. Lesti Kejora juga dilaporkan sudah hamil sebelum resepsi pernikahannya digelar. Buah hati Rizky Billar dan Lesti Kejora yang lahir pada 26 Desember 2021 kemudian diberi nama Muhammad Leslar Al-fatih Billar.

Meski sudah menjadi sosok yang digandrungi Leslar Lovers, Rizky Billar tak lepas dari kontroversi. Pada 28 September 2022, Rizky Billar dilaporkan Lesti Kejora ke polisi atas dugaan KDRT (kekerasan dalam rumah tangga). Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Lesti Kejora mengaku dianiaya suaminya dalam laporan tersebut. Tak hanya itu, Rizky Billar juga disebut ketahuan selingkuh.

"Awal dari korban dan terlapor yang merupakan suami-istri. Dan terlapor ketahuan berselingkuh di belakang korban," beber Zulpan. "Terlapor membanting korban secara berulang-ulang. Korban akhirnya melapor ke Polres Metro Jakarta Selatan guna ditindaklanjuti."

Setelah laporan polisi tersebut terkuak ke publik, Rizky Billar menerima banyak hujatan di media sosial. Meski begitu, pihak Rizky Billar membantah adanya pembantingan secara sengaja terhadap Lesti Kejora. "Yang ada kebanting. Jadi ketika Rizky mau ke kamar mandi menenangkan diri, ini bahasa Rizky, marah Lesti dikejar dan ditariklah ininya (kalung). Putus rantainya, kemudian Rizky nipis dan (Lesti Kejora) kejatuh, jadi bukan membanting-banting," terang Ade Efril Manurung selaku kuasa hukum Rizky Billar.

Rizky Billar ditetapkan sebagai tersangka KDRT pada 12 Oktober 2022 dan sempat tampil mengenakan baju oranye khas tahanan. Namun pada akhirnya, Lesti Kejora memutuskan untuk mencabut laporan terhadap Rizky Billar pada 13 Oktober 2022. "Alasannya anak saya, karena mau bagaimana pun suami saya bapak dari anak saya dan beliau juga sudah mengakui perbuatan dan meminta maaf pada saya dan keluarga bapak saya," ujar Lesti Kejora.

Dalam proses pencabutan laporan, Lesti Kejora dan Rizky Billar juga membuat perjanjian. "Beliau (Rizky Billar) sangat berjanji tidak akan mengulangi, sudah dituangkan dalam perjanjian. Beliau memohon pada orangtua untuk minta maaf, orangtua saya maafin," tambah Lesti.

Meski kasus KDRT sudah berakhir damai, Rizky Billar masih sering mendapat komentar negatif dari haters di media sosial. Hal tersebut sempat membuat Rizky Billar reaktif menanggapi komentar-komentar tersebut. Namun Rizky Billar belakangan mengaku lebih santai dalam menghadapi nyinyiran netizen.

"Enggak apa-apa kok kita sekarang bawa santai saja. Kita sekarang bawa santai saja (mudah-mudahan selalu) lebih santai saja menanggapi orang-orang, yang mungkin kebetulan mereka hanya belum tahu apa yang terjadi dan hanya menelan bulat-bulat sebuah berita," terang Rizky Billar di Instagram Stories.

Mengaku sudah lebih santai, Rizky Billar diketahui sempat melaporkan beberapa akun media sosial yang dianggap sudah berkomentar keterlaluan hingga memberi ancaman kekerasan. "Dasar untuk dilaporkannya akun-akun tersebut karena memang ini sudah di luar batas toleransi. Karena memang hal ini dapat terjadi sehingga Mas Rizky merasa harus ditindaklanjuti," jelas kuasa hukum Rizky Billar, Sadrakh Seskoadi, pada 20 Januari 2023.

Terlepas dari kontroversinya, Rizky Billar sempat memberikan teladan baik untuk para penggemar. Setelah kasus KDRT-nya berujung damai, Rizky Billar dan Lesti Kejora menyumbangkan dana Rp 500 juta untuk gempa Cianjur. Diketahui, Cianjur merupakan tanah kelahiran Lesti Kejora.

"Ya sebenarnya apa pun yang kita berikan bukan berdasarkan nilai. Bukan berdasarkan jumlahnya, tapi bagaimana keikhlasannya, bagaimana sesuai dengan kemampuan, dan yang menerima pun bisa bermanfaat buat mereka," terang Rizky Billar beberapa waktu lalu.

Kini, Rizky Billar sudah kembali aktif membagikan momen kebersamaannya bersama Lesti Kejora dan buah hati mereka. Untuk tahun 2023, Rizky Billar mengaku memiliki keinginan kembali ke layar kaca namun tidak akan memaksakan kehendak tersebut.

Filmografi

Film

  1. "Miss Call" sebagai Jefry (2015)
  2. "Gas Kuy" sebagai Hardi (2021)
  3. "Ashiap Man" sebagai Nico (2022)

FTV

  1. "Seribu Kisah: Air Terjun Pemisah Jodoh" (2015)
  2. "Lovepedia: Love Game" (2016)
  3. "Cintaku Buat Mas Bro" (2016)
  4. "Rahasia Cinta Pelangi" (2017)
  5. "Sate Ayam Bumbu Cinta" (2018)
  6. "Cinta Jangan Kasih Kendor" (2018)
  7. "I Love You To The Moon And Back" (2018)
  8. "Cinta Jangan Kasih Kendor" (2018)
  9. "Cintaku Pendek Tapi Kece" (2018)
  10. "Ada Cinta di Balik Gula" (2018)
  11. "Karena Netijen Ku Lari ke Desa" (2018)
  12. "Jodohku Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing" (2018)
  13. "Crazy Not Rich Mentog Di Warteg" (2019)
  14. "Berakit Ke Hulu Berenang Ke Hatimu" (2019)
  15. "Energi Cinta Cinderella Matre" (2019)
  16. "Resep Cinta Kaki Lima Rasa Bintang Lima" (2019)

Sinetron

  1. "Rajawali" sebagai Rizky (2015)
  2. "Anak Jalanan" sebagai Dendi (2016)
  3. "Jinny Oh Jinny Datang Lagi" sebagai Riko (2016)
  4. "Pangeran 2" sebagai Evan (2017)
  5. "Apa Kata Dunia" sebagai Boy (2017)
  6. "Ada Dua Cinta" sebagai Bimo (2018)
  7. "Istri Istri Akhir Jaman" sebagai Iwan (2019)
  8. "Topeng Kaca" sebagai Arya Mahendra (2019)
  9. "Jangan Panggil Gue Pak Haji" sebagai Faisal (2019)
  10. "Cinta Karena Cinta" sebagai Ryan (2020)
  11. "Cinta Nikita" sebagai Tirta (2021)
  12. "Kulepas Dengan Ikhlas" sebagai Reza (2021)
  13. "Jodoh Wasiat Bapak Babak 2" sebagai Iqbal (2021)

Web Series

  1. "100 Days: A Story of the Expert" sebagai Ari (2018)
  2. "Koma" sebagai Rizky (2018)
  3. "Nikah Muda" sebagai Rama (2020)

Diskografi

Digital Single

  1. "Melihatmu Bahagia" (2020)
  2. "Kini Hanya Tentangmu" (2020)
  3. "Pemimpinmu" (2021)

Kolaborasi

  1. "Salah Benar" (bersama 3 Composers) (2021)
  2. "Takdir Cinta" (bersama Lesti Kejora) (2021)

Penghargaan

Indonesian Dangdut Awards

  1. 2021: Social Media Darling

Infotainment Awards

  1. 2021: Best Couple (bersama Lesti Kejora), Most Charming Male Celebrity (nominasi), Celebrity of the Year (nominasi)
  2. 2022: Best Couple (bersama Lesti Kejora), Artis Paling Sosmed (nominasi), Gorgeous Dad (ditangguhkan)

Kiss Awards

  1. 2020: Hobi Terkiss, Pasangan Kiyut Terkiss (bersama Lesti Kejora), Pendatang Baru Terkiss, Momen Romantis Terkiss (bersama Lesti Kejora), Host Terkiss (nominasi)
  2. 2022: Pasangan Baper Terkiss (bersama Lesti Kejora), Hot Papa Terkiss, Pernikahan Terkiss (bersama Lesti Kejora), Netizen Darling Terkiss (nominasi), Keluarga Terkiss (bersama Lesti Kejora) (nominasi)

Konser Media Sosial LIDA

  1. 2020: Host Terfavorit, Duet Terfavorit (bersama Lesti Kejora), Momen Heboh Terfavorit (bersama Lesti Kejora)
  2. 2021: Host Terfavorit

SCTV Awards

  1. 2020: Artis Paling Sosmed, Presenter Paling Ngetop (nominasi)

SCTV Music Awards

  1. 2022: Kolaborasi Paling Ngetop (bersama Lesti Kejora)

Trivia

  1. Saat kecil diasuh oleh sepupu ibunya lantaran kedua orangtuanya sering berpindah-pindah
  2. Kedua orangtuanya memiliki darah campuran Arab-Indonesia
  3. Sempat bercita-cita menjadi pemain sepak bola dan guru olahraga
  4. Sempat masuk pelatihan di KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Medan
  5. Impiannya menjadi pemain sepak bola kandas lantaran ia mengalami gejala tifus
  6. Sempat menolak tawaran menjadi model lantaran merasa tak percaya diri
  7. Juara 1 kontes Cover Guest Aneka Yess! Pada 2011
  8. Sinetron pertamanya yang berjudul "Restu Bumi" gagal tayang
  9. Honor pertama yang diterima Rizky Billar adalah Rp 1,7 juta
  10. Pernah merasakan titik terendah dimana saldo ATM-nya tinggal Rp 70 ribu
  11. Sempat berencana menjadi pekerja pabrik di Jepang kala kariernya di dunia hiburan mandek
  12. Pertama kali dipertemukan dengan Rizky Billar di acara "One Man Show" yang dipandu Tukul Arwana
  13. Pernah ngaku bahwa Lesti Kejora sebenarnya bukan tipe wanita idealnya
  14. Menikah siri dengan Lesti Kejora sejak awal tahun 2021
  15. Baru menggelar akad nikah bersama Lesti Kejora pada 19 Agustus 2021
  16. Dianugerahi anak pertama bernama Muhammad Leslar Al-Fatih Billar pada 26 Desember 2021
  17. Rizky Billar dan Lesti Kejora punya fanbase besar bernama Leslar Lovers
  18. Fanbase Leslar Lovers World sempat memecahkan rekor MURI sebagai Fanbase Pasangan yang Paling Banyak Mengumpulkan Donasi