Lesti Kejora Profile
Lesti Kejora Profile Photo

Lesti Kejora

Profesi
Penyanyi, aktris
Tgl Lahir
Aug 5, 1999
Lahir di
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Profesi
Penyanyi, aktris
Populer
Menjuarai ajang pencari bakat "D'Academy" (2014)
Tempat Lahir
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Endang Mulyana
Ibu
Sukartini
Saudara
Beni Mulyana Sopian (kakak laki-laki), Redi Mulyana Sopian (adik laki-laki)
Suami/Istri
Rizky Billar (aktor, sejak 19-Agt-21)
Kekasih
Rizky Syafaruddin (anggota duo "Rizki Ridho", mantan)
Anak-anak
Muhammad Leslar Al-Fatih Billar (laki-laki, L. 26-Des-21)
Populer Sejak
Menjuarai ajang pencari bakat "D'Academy" (2014)

Lestiani atau yang dikenal sebagai Lesti Kejora merupakan anak tengah dari tiga bersaudara yang lahir pada 5 Agustus 1999. Lesti terlahir di tengah keluarga sederhana, dengan kedua orangtuanya yang berprofesi sebagai penjual mie ayam di Cianjur, Jawa Barat.

Sejak kecil, Lesti telah menunjukkan bakatnya di dunia tarik suara. Orangtua Lesti sudah melihat bakat putrinya yang kerap bernyanyi meski masih cadel sejak sebelum memasuki usia TK. Melihat hal tersebut, ayah Lesti sempat mengetes kemampuan bernyanyi putrinya dengan bantuan CD (compact disc). Dari situlah Lesti mulai mengasah vokalnya.

Di usia 8 tahun, Lesti menjadi penyanyi orkes yang tampil dari panggung ke panggung. Ia juga tampil bersama grup organ tunggal sejak umur 11 tahun. Lesti mendapat dukungan dari orangtuanya, dengan sang ayah yang selalu mengantarnya ke tempat manggung. Pengalaman tersebut memang mengasah vokal dan mental Lesti untuk tampil di depan umum.

Meski begitu, ia sempat mendapat pengalaman tak menyenangkan karenanya. Saat memasuki usia SMP, Lesti sempat disawer kala manggung di suatu daerah. Momen tak menyenangkan tersebut bahkan sempat membuat ayah Lesti meminta putrinya berhenti menyanyi. "Si Bapak ngelihat (Lesti disawer), kayak semacam ya mungkin dilecehin lah gitu. Si Bapak tuh pas pulang (bilang), 'Bapak mah kalau bisa ya udah wae lah. Enggak usah nyanyi gini lagi. Mudah-mudahan ada yang melihat dede, buat dede...' Kalau dulu mah album ya, kalau orang penyanyi yang bisa nyanyi punya album teh udah wuuh, udah hebat," beber Lesti.

Harapan ayah Lesti pun terwujud tak lama setelah itu. Pada 2014, Lesti memutuskan untuk mencari pengalaman dengan mengikuti ajang pencarian bakat "D'Academy". Lesti yang kala itu masih duduk di bangku kelas 2 SMP mengikuti audisi di Bandung dan sukses mendapatkan golden ticket untuk berangkat ke Jakarta.

Saat pertama kali tiba di Jakarta, Lesti rupanya sempat dipandang sebelah mata. "Dede aja masuk audisi bahkan sempat dikeluarin sama security di situ. Dikiranya dede ikut tante atau kakak, padahal emang dede yang mau. Banyak juga kontestan yang pandang sebelah mata karena dede baru pertama kali ke Jakarta. Alhamdulillah dede ternyata dikasih rezeki oleh Yang Maha Esa," ungkap Lesti pada 2016 silam.

Dengan cengkok dan warna vokalnya yang khas, Lesti berhasil menyingkirkan ribuan peserta dan menjadi juara satu "D'Academy". Di babak final, Lesti mengalahkan Aty Kodong usai meraih dukungan SMS sebesar 52,7 persen. Lesti diganjar hadiah uang tunai sebesar Rp 100 juta, satu unit mobil, hingga kontrak dengan label rekaman Trinity Optima Production.

Setelah berhasil menjuarai ajang pencarian bakat tersebut, Lesti merilis single perdananya yang bertajuk "Kejora" pada 2014. Single tersebut dinobatkan sebagai Lagu Dangdut Paling Ngetop dalam ajang penghargaan SCTV Music Awards 2015. Kala menjadi juara 2 "D'Academy Asia" pada 2016, Lesti juga merilis single "Zapin Melayu" ciptaan komposer dan arranger asal Malaysia, Pak Ngah. Berkat karya-karyanya di dunia musik, Lesti juga banyak mendapat penghargaan termasuk setidaknya empat piala bergengsi dari AMI Awards.

Tak hanya berkarya di dunia tarik suara, Lesti juga mencoba peruntungan di dunia akting dan membintangi sejumlah sinetron hingga FTV. Salah satunya FTV berjudul "Anak Tukang Sapu Jadi Dokter" dimana Lesti memerankan karakter utama bernama Dini. Ia juga sempat membintangi operet "Kejora" bersama sejumlah jebolan "D'Academy" lainnya.

Dengan karier gemilang, kehidupan asmara Lesti pun turut berkembang. Lesti sempat menjalin hubungan spesial dengan salah satu kontestan "D'Academy", Rizki Syafaruddin alias Rizki DA. Kerap tampil sepanggung, benih-benih cinta antara Lesti dan Rizki sudah mulai tumbuh sejak tahun 2015. Namun perjalanan cinta Lesti-Rizki tidak sampai ke pelaminan dan kandas di tengah jalan.

Pada 2019, Lesti dan Rizki ramai dikabarkan telah putus. Beberapa rumor yang menyebutkan bahwa hubungan mereka kandas karena terhalang restu pun sempat beredar. Namun belakangan Lesti sudah mengklarifikasi bahwa ia putus dari Rizki bukan karena tidak direstui oleh orangtua. "Ada masalah yang tidak bisa untuk maju ke depannya dan itu masalahnya cuma kita berdua yang tahu," beber Lesti pada 2021 lalu.

Rizki akhirnya memilih untuk menikahi wanita lain bernama Nadya Mustika Rahayu pada tahun 2020. Pernikahan Rizki dan Nadya menjadi buah bibir karena turut dihadiri oleh Lesti sang mantan. Diketahui, Lesti juga sempat menangis kala dipeluk ibunda Rizki di momen pernikahan tersebut.

Setelah ditinggal nikah oleh mantan kekasih, Lesti mulai mengenal sosok pria lain yakni pesinetron muda Rizky Billar. Lesti dan Billar yang awalnya tak saling kenal ternyata ramai dijodohkan oleh warganet karena dianggap bernasib serupa. Seminggu sebelum Lesti menghadiri pernikahan Rizki DA, Billar ternyata juga sempat mendatangi acara pernikahan sahabatnya, Dinda Hauw. Billar yang disebut menyukai Dinda, justru menerima buket bunga dari sang sahabat yang menikahi pria lain.

Kisah Lesti dan Billar yang sama-sama ditinggal nikah itu kemudian viral di Twitter. Para penggemar kedua selebriti tersebut kemudian saling menjodohkan idola mereka hingga tercium oleh salah satu stasiun televisi. Lesti dan Billar akhirnya pertama kali dipertemukan di acara "One Man Show" yang dipandu oleh Tukul Arwana. Setelah itu, mereka berdua sepakat untuk membuat konten bersama hingga akhirnya semakin dekat dan menjadi sepasang kekasih.

Pada 19 Agustus 2021, Lesti dan Billar akhirnya melangsungkan pernikahan yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta. Awalnya, pernikahan Lesti dan Billar akan digelar pada bulan Juli 2021 namun terpaksa diundur karena perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Belakangan, Billar mengakui bahwa ia dan Lesti telah menikah siri di awal tahun 2021 sebelum menggelar akad dan resepsi pada bulan Agustus. Billar menjelaskan bahwa ia memilih menikah siri terlebih dahulu sebagai bentuk komitmen pada keluarga Lesti dan untuk menghindarkan hubungan keduanya dari fitnah. Lesti juga dilaporkan sudah hamil sebelum resepsi pernikahannya digelar. Buah hati Lesti dan Billar yang lahir pada 26 Desember 2021 kemudian diberi nama Muhammad Leslar Al-fatih Billar.

Meski dikenal sebagai sosok berprestasi, Lesti tak lepas dari jerat kontroversi. Lesti baru-baru ini menghebohkan publik karena melaporkan Billar ke polisi atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Laporan polisi tersebut dibuat pada 28 September 2022 lalu. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Lesti mengaku dianiaya suaminya dalam laporan tersebut. Tak hanya itu, Billar juga disebut ketahuan selingkuh.

"Awal dari korban dan terlapor yang merupakan suami-istri. Dan terlapor ketahuan berselingkuh di belakang korban," beber Zulpan. "Terlapor membanting korban secara berulang-ulang. Korban akhirnya melapor ke Polres Metro Jakarta Selatan guna ditindaklanjuti."

Usai laporan polisi tersebut diketahui publik, foto Lesti yang mengenakan penyangga leher dan terbaring di ranjang rumah sakit pun beredar. Status Billar kemudian dinaikkan menjadi tersangka pada 12 Oktober 2022. Ada dua alat bukti yang dikantongi polisi, yakni hasil visum dan keterangan yang diperoleh dari saksi-saksi. Polisi juga memiliki petunjuk lain yaitu hasil rekaman CCTV. "Dari hasil gelar perkara hari ini, penyidik menaikkan status Rizky Billar dari saksi menjadi tersangka kasus KDRT," terang Zulpan.

Dukungan pun mengalir untuk Lesti yang menjadi korban KDRT, baik dari rekan-rekan artis maupun warganet. Namun Lesti kembali mengejutkan publik kala memutuskan untuk mencabut laporan terhadap Billar pada 13 Oktober 2022. Menurut Lesti, dirinya mengambil keputusan tersebut karena sang buah hati dan juga karena ia sudah memaafkan sang suami.

”Alasannya anak saya, karena mau bagaimana pun suami saya bapak dari anak saya dan beliau juga sudah mengakui perbuatan dan meminta maaf pada saya dan keluarga bapak saya,” ujar Lesti.

Dalam proses pencabutan laporan, Lesti dan Billar rupanya telah membuat perjanjian. “Beliau (Billar) sangat berjanji tidak akan mengulangi, sudah dituangkan dalam perjanjian. Beliau memohon pada orangtua untuk minta maaf, orangtua saya maafin,” tambah Lesti.

Keputusan Lesti untuk mencabut laporan tersebut rupanya menuai sejumlah respons negatif. Banyak warganet yang tadinya memberikan dukungan bagi sang pedangdut yang kemudian kecewa dengan keputusan Lesti tersebut. Ramzi selaku sahabat sekaligus partner kerja Lesti lantas meminta pihak-pihak yang tidak terlalu paham akan permasalahan pasangan tersebut untuk mendoakan yang terbaik saja.

”Alangkah baiknya kita semua yang tidak tahu masalah sesungguhnya, tepat, dan bijaksananya jangan juga terlalu banyak bicara, nanti jadi kemana-mana. Doain saja hal terbaik yang mereka dapati. Bukan terbaik untuk kita, tapi mereka,” kata Ramzi.

Terlepas dari kontroversi yang menjeratnya, Lesti dan Billar rupanya sempat menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal positif. Fanbase mereka yang disebut sebagai Leslar (Lesti-Billar) Lovers tidak hanya berbasis di Indonesia, namun juga di luar negeri. Pada 2021, fanbase Leslar Lovers World (L2W) menggelar aksi sosial dan berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 700 juta untuk membangun jembatan, memperbaiki fasilitas pendidikan dan membantu para korban bencana. Kegiatan positif fanbase Leslar tersebut bahkan memecahkan rekor MURI sebagai “Fanbase Pasangan Artis yang Mengumpulkan Donasi Terbanyak”.

”Tentunya kami sangat senang dan tidak menyangka akan banyak sekali dukungan yang didapatkan. Terima kasih untuk semua dukungannya. Insha Allah hal baik yang dilakukan bisa dibalas sama Allah,” ujar Lesti dan Billar menanggapi aksi positif tersebut.

Kini, Lesti agaknya sudah kembali menjalani keseharian bersama keluarga kecilnya meski masih menjauh dari sorotan media. Pada akhir Oktober 2022 lalu, Lesti dan Billar terciduk healing sejenak dan pergi piknik ke pemancingan di kawasan Tasikmalaya, Jawa Barat. Lesti juga sudah mulai aktif di media sosial dan kembali membagikan momen kebersamaannya bersama Billar dan putra mereka.

Diskografi

Single

  1. "Kejora" (2014)
  2. "Zapin Melayu" (2016)
  3. "Egois" (2016)
  4. "Buka Mata Hati" (2017)
  5. "Mati Gaya" (2017)
  6. "Purnama" (2018)
  7. "Lebih Dari Selamanya" (2018)
  8. "Ada Cerita" (2019)
  9. "Tirani" (2020)
  10. "Kulepas Dengan Ikhlas" (2020)
  11. "Saat Terakhir" (2021)
  12. "Bawa Aku ke Penghulu" (2021)
  13. "Takdir Cinta" (bersama Rizky Billar) (2021)
  14. "Lentera" (2022)
  15. "Sekali Seumur Hidup" (2022)

Kolaborasi

  1. "Bismillah Cinta" (bersama Ungu) (2021)
  2. "Rumah Kita" (bersama Melly Goeslaw, Nagita Slavina, dan Celine Evangelista) (2022)

Filmografi

Acara TV

  1. "D'Academy" (musim 1) - sebagai kontestan (2014)
  2. "D'Academy Asia" (musim 1) – sebagai kontestan (2015)
  3. "Liga Dangdut Indonesia" (musim 1) – sebagai Sahabat Duta (2018)
  4. "Liga Dangdut Indonesia" (musim 3) – sebagai juri (2020)
  5. "Beraksi di Rumah Saja" – sebagai pembawa acara (2020)
  6. "AXN All Stars" – sebagai bintang tamu (2020)
  7. "Tasbih" – sebagai pembawa acara (2020)
  8. "Tasbih Ramadan Abah & Leslar" – sebagai pembawa acara (2021)
  9. "Liga Dangdut Indonesia" (musim 4) – sebagai juri (2021)
  10. "Akademi Sahur Asia" (musim 3) – sebagai pembawa acara (2021)
  11. "Cinta Abadi LesLar: Tetaplah Setia – sebagai diri sendiri (2021)
  12. "D'Academy" (musim 5) – sebagai juri (2022)

Serial TV

  1. "Si Yoyo 3" - sebagai pemeran pembantu (2005)
  2. "Kuch Kuch Dangdut" - sebagai Lesti (2015)
  3. "Ada Apa Dengan D?" - sebagai Lesti (2015)
  4. "Rhoma Irama Cinta & Doa 'Al Quran & Koran'" - sebagai Lesti (2018)
  5. "Kulepas Dengan Ikhlas" - sebagai Kejora (2021)

FTV

  1. "Merpati Tak Pernah Galau" - sebagai Cika (2014)
  2. "Kejora" - sebagai Lesti (2014)
  3. "Anak Tukang Sapu Jadi Dokter" - sebagai Dini (2015)
  4. "Munajat Cinta Sang Gadis Desa" - sebagai Lesti (2015)
  5. "Kejora 2: Mencari Bintang" - sebagai Lesti (2016)
  6. "Kekuatan Doa Sang Biduan" - sebagai Lesti (2016)
  7. "Kakek, Izinkan Aku Jadi Penyanyi" - sebagai Lesti (2017)
  8. "Pintu Berkah - Kudapatkan Berkah Terindah di Hari Raya" - sebagai Nisa (2019)

Penghargaan

Anugerah Dangdut Indonesia

  1. 2017: Video Lagu Dangdut Terpopuler, Lagu Dangdut Terpopuler (nominasi), Penyanyi Dangdut Solo Wanita Populer (nominasi), Penyanyi Dangdut Tersosmed (nominasi), Fanbase Dangdut Tersosmed (nominasi)
  2. 2019: Penyanyi Dangdut Solo Wanita Paling Di Hati (nominasi), Kolaborasi Dangdut Paling Di Hati (bersama Fildan) (nominasi), Penyanyi Dangdut Tergaul (nominasi)
  3. 2020: Lagu Dangdut Terbaik, Penyanyi Dangdut Wanita Paling di Hati (nominasi), Lagu Dangdut Paling di Hati (nominasi), Penyanyi Dangdut Terpopuler (nominasi), Fanbase Tergaul (nominasi)
  4. 2021: Lagu Dangdut Paling di Hati, Penyanyi Dangdut Wanita Paling di Hati (nominasi)

Anugerah Musik Indonesia

  1. 2016: Artis Solo Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik (nominasi)
  2. 2017: Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik
  3. 2018: Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik (nominasi)
  4. 2019: Duo/Grup/ Kolaborasi Dangdut/ Dangdut Kontemporer (bersama Fildan), Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik (nominasi), Artis Solo Pria/wanita Dangdut Kontemporer Terbaik (nominasi)
  5. 2020: Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik, Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik (nominasi)
  6. 2021: Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik, Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik (bersama Ungu), Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik (nominasi)

Anugerah Syiar Ramadhan

  1. 2020: Host Muda Inspiratif

HOT Awards

  1. 2021: Penyanyi Dangdut Wanita Terpopuler, Lagu Dangdut Progresif Terpopuler, Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik, Aransemen Dangdut Terbaik, Lagu Dangdut Terbaik

Inbox Awards

  1. 2015: Lagu Dangdut Paling Inbox (nominasi)
  2. 2016: Penyanyi Dangdut Wanita Paling Inbox

Indonesia Dangdut Awards

  1. 2015: Penyanyi Pendatang Baru Wanita Terpopuler
  2. 2016: Lagu Dangdut Terpopuler (nominasi), Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler (nominasi)
  3. 2017: Lagu Dangdut Terpopuler, Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler (nominasi)
  4. 2018: Penyanyi Dangdut Media Sosial Darling, Lagu Dangdut Terpopuler (nominasi), Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler (nominasi)
  5. 2019: Penyanyi Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut Terpopuler (bersama Fildan), Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler (nominasi), Lagu Dangdut Terpopuler (bersama Fildan) (nominasi)
  6. 2021: Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler, Lagu Dangdut Terpopuler, Music Video Dangdut Terpopuler
  7. 2022: Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler, Lagu Dangdut Terpopuler, Video Klip Dangdut Terpopuler

Infotainment Awards

  1. 2021: Best Couple (bersama Rizky Billar)
  2. 2022: Gorgeous Mom, Celebrity of the Year, Best Couple (bersama Rizky Billar), Artis Paling Sosmed (nominasi)

JOOX Indonesia Music Awards

  1. 2021: Dangdut Artist of the Year, Best Fanbase of the Year (nominasi)

Kiss Awards

  1. 2020: Host Terkiss, Move On Terkiss, Penyanyi Dangdut Wanita Terkiss, Pasangan Kiyut Terkiss (bersama Rizky Billar), Momen Romantis Terkiss (bersama Rizky Billar), Hot Mama Terkiss (nominasi), Netizen Darling Terkiss (nominasi)
  2. 2022: Penyanyi Dangdut Wanita Terkiss, Hot Mama Terkiss, Pasangan Baper Terkiss (bersama Rizky Billar), Pernikahan Terkiss (bersama Rizky Billar), Netizen Darling Terkiss, Fans Indosiar Terkiss, Keluarga Terkiss (nominasi)

Konser Sosial Media LIDA

  1. 2018: Selebriti Tersosmed
  2. 2020: Selebriti Tersosmed, Juri Putih Terfavorit, Momen Terheboh Terfavorit (bersama Rizky Billar), Penampilan Duet Terfavorit (bersama Rizky Billar)
  3. 2021: Juri Putih Terfavorit

Mom and Kids Awards

  1. 2021: Calon Mama Kesayangan (nominasi)

SCTV Music Awards

  1. 2015: Lagu Dangdut Paling Ngetop, Pendatang Baru Paling Ngetop (nominasi)
  2. 2016: Penyanyi Dangdut Wanita Paling Ngetop
  3. 2018: Penyanyi Dangdut Paling Ngetop
  4. 2022: Penyanyi Dangdut Paling Ngetop, Kolaborasi Paling Ngetop (bersama Rizky Billar), Lagu Dangdut Paling Ngetop, Lagu Pop Paling Ngetop (bersama Ungu), Video Klip Paling Ngetop (bersama Ungu) (nominasi)

Silet Awards

  1. 2021: Kehidupan Tersilet (nominasi)

Telkomsel Awards

  1. 2022: Favorite Solo Singer

Trivia

  1. Berasal dari keluarga sederhana, orangtua Lesti diketahui sempat berjualan mie ayam
  2. Sudah terbiasa tampil menyanyi dari panggung ke panggung sejak kecil
  3. Pernah hanya menerima bayaran Rp 10 ribu sekali manggung sebelum terkenal
  4. Ikut ajang pencarian bakat "D'Academy" musim pertama pada tahun 2014
  5. Rela sewa gaun di salon dengan harga Rp 50 ribu untuk dipakai audisi "D'Academy"
  6. Sukses menjadi juara 1 "D'Academy" di usia 15 tahun
  7. Jadi juara 2 ajang "D'Academy Asia" pada tahun 2016
  8. Turut merambah dunia akting dan telah membintangi sejumlah sinetron hingga FTV
  9. Memiliki keinginan untuk membangun masjid di kampung halamannya
  10. Sempat menjalin hubungan asmara dengan jebolan "D'Academy" musim kedua, yakni Rizki Syafaruddin alias Rizki DA
  11. Dijodoh-jodohkan warganet dengan Rizky Billar usai ditinggal nikah Rizki DA pada 2020
  12. Pertama kali dipertemukan dengan Rizky Billar di acara "One Man Show" yang dipandu Tukul Arwana
  13. Menikah dengan Rizky Billar di tahun 2021 dengan maskawin uang tunai USD 72.300 atau setara Rp 1,1 miliar
  14. Tukul dipercaya menjadi saksi pernikahan Lesti dan Rizky Billar
  15. Melahirkan anak pertamanya di usia kandungan 8 bulan pada 26 Desember 2021