10 Potret Masayu Clara Dan Qausar Harta Yudana Di Momen Akad Nikah, Usung Adat Sunda
Instagram Story/myrnamyura
Selebriti

Masayu Clara dan Qausar Harta Yudana melangsungkan akad nikah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Mengusung adat Sunda, keduanya melakukan serangkaian tradisi seperti Meleum Harupat hingga tarik bakak ayam.

WowKeren - Suasana bahagia kini tengah menyelimuti Masayu Clara dan Qausar Harta Yudana. Pasalnya keduanya telah melangsungkan pernikahan pada Jumat (20/5). Akad nikah Masayu dan Qausar digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Momen sakral ini berjalan dengan lancar serta penuh sukacita. Acara akad nikah disiarkan secara langsung lewat kanal YouTube "MAQAU masayu & qausar". Pasangan tersebut mengadakan akad nikah pada Jumat sore. Masayu tampil cantik mengenakan kebaya putih serta siger yang menempel di kepala. Di sisi lain, Qausar juga mengenakan pakaian adat yang selaras dengan Masayu. Pernikahan keduanya digelar dengan mengusung adat Sunda.

Kebahagiaan juga dirasakan oleh para penggemar raja dan ratu FTV ini. Pasalnya video momen pernikahan ditonton hingga puluhan ribu. Lantas seperti apa sih momen pernikahan keduanya? Intip di sini yuk!

(wk/rosi)

1. Pengantin Yang menawan


Pengantin Yang menawan

Masayu dan Qausar berjalan bak pasangan keraton ketika memasuki aula pernikahan. Masayu tampak manglingi dengan pakaian pengantin putih serta siger Sunda. Qausar juga tampan dalam pakaian adat khas Jawa.

2. Momen Ijab qabul


Momen Ijab qabul
YouTube/MAQAU masayu & qausar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menjadi saksi pernikahan Masayu dan Qausar. Di sisi lain, Qausar juga berhasil mengucapkan ijab qabul dalam satu tarikan nafas. Ia meminang Masayu dengan maskawin 30 logam mulia (99 gram emas). Masayu dan Qausar akhirnya sah menjadi pasangan suami istri.

3. Kental dengan Adat sunda


Kental dengan Adat sunda
YouTube/MAQAU masayu & qausar

Acara pernikahan Masayu dan Qausar mengusung adat Sunda yang kental. Usai pengucapan ijab qabul, kemudian acara berlanjut. Saat memasuki aula, terdapat susu atraksi tari yang disuguhkan. Di sisi lain, sang MC yang membawai acara juga menggunakan perpaduan bahasa Sunda dan Indonesia.

4. Momen Sungkem


Momen Sungkem
YouTube/MAQAU masayu & qausar

Momen yang tak kalah mengharukan adalah ketika pengantin melakukan sungkem untuk meminta restu kepada orangtua. Masayu tampak berurai air mata di prosesi sungkem. Qausar sendiri juga penuh khidmat meminta restu kepada mertua dan kedua orangtua.

5. Adat saweran sunda


Adat saweran sunda
YouTube/MAQAU masayu & qausar

Pernikahan Masayu dan Qausar kental dengan adat Sunda. Salah satu tradisi yang tak lepas adalah adat Saweran. Tradisi ini dilakukan dengan cara menaburkan sejumlah benda-benda kecil yang bermakna khusus ke arah pengantin. Kemudian dilajut dengan kedua orangtua dan sanak saudara mempelai yang menaburkan benda- benda tersebut ke arah orang yang hadir di pernikahan.

6. Tradisi Meleum Harupat


Tradisi Meleum Harupat
YouTube/MAQAU masayu & qausar

Masayu dan Qausar juga melakukan tradisi Meleum Harupat. Dalam bahasa Sunda, 'meuleum' berarti membakar, sedangkan 'harupat' merupakan bagian dari tanaman aren. Qausar memgeang batang enau yang telah dibakar dan memasukkanya ke dalam kendi yang berisikan air. Batang enau yang sudah padam dipatahkan dan dilemparkan ke belakang oleh mempelai pria tanpa menoleh.

Manusia setiap berumah tangga menghadapi asala. Secara garis besar untuk itu dengan adanya Meuleum Harupat ini sebagai nasihat bahwa ketika masalah itu datang harus dipecahkan secara bersama-sama.

7. Disuapi makanan orangtua


Disuapi makanan orangtua
YouTube/MAQAU masayu & qausar

Salah satu momen manis di pernikahan adalah ketika orangtua menyuapi anak-anaknya. Kedua orangtua bergantian saling menyuapi anak dan menantu mereka.

8. Adat yang dilakukan suami istri


Adat yang dilakukan suami istri
YouTube/MAQAU masayu & qausar

Masayu dan Qausar juga melakukan serangkaian adat sebagai suami istri. Diantaranya salng menyuapi dengan sendok. Kemudian dilanjut dengan berebut makanan antara suami istri. Qausar berhasil merebut hidangan dan kemudian diminta MC untuk membagi dua dengan Masayu. Mereka kemudian saling suap dengan makanan tersebut. Selanjutnya ada tradisi tarik bakak ayam yang juga dilakukan Masayu dan Qausar.

9. Rencana resepsi


Rencana resepsi
Instagram Story/myrnamyura

Usai melakukan serangkaian adat hingga akhir, Masayu dan Qausar mengumumkan bahwa resepsi keduanya akan digelar Minggu (20/5). Mereka juga mengajak para penggemar untuk menonton live streaming momen resepsi.

10. Dihadiri para sahabat selebriti


Dihadiri para sahabat selebriti
Instagram Story

Momen akad nikah Masayu dan Qausar juga dihadiri banyak selebriti. Sesama artis FTV sekaligus sahabat, Adinda Azani, Puspa Ricthwary, hingga aktris sekaligus YouTuber Jovanna.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait