Trending

Hiburan

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI mengungkap sejumlah sanksi yang menanti Azis Syamsuddin jika terbukti melanggar kode etik karena terlibat dalam kasus dugaan suap Wali Kota Tanjungbalai.

May 19, 2021 14:06

Keterlibatan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dalam kasus dugaan suap Wali Kota Tanjungbalai tengah diusut oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. Menurut anggota MKD Junimart, Azis terancam dicopot dari jabatannya jika terbukti melanggar kode etik.

MKD sendiri tengah melakukan pemeriksaan terhadap para pelapor Azis Syamsuddin terkait kasus tersebut. Rencananya, MKD akan memanggil mereka guna penyelidikan lebih lanjut pada pekan depan.

"Ada 5 laporan terkait Pak AA. Kita jadwalkan minggu depan akan mengundang pengadu satu per satu," kata Junimart, dilansir dari Detik.com, Rabu (19/5).

Junimart mengungkapkan bahwa pihaknya akan memanggil Azis Syamsuddin setelah para pelapor dimintai keterangan. Karena itulah dia berharap para pelapor bisa hadir sesuai jadwal yang ditentukan.

Dia menjelaskan, "Setelah itu MKD akan mengundang teradu (Azis Syamsuddin). Diharapkan para pengadu datang sesuai jadwal undangan supaya pelaporan ini tidak berlarut-larut di MKD."

  BACA JUGA...

Junimart kemudian menyebut sejumlah sanksi yang menanti Azis jika terbukti bersalah dan melanggar kode etik. Sanksi terberat adalah dikeluarkan dari jajaran DPR RI.

"MKD mempunyai 3 sanksi apabila pelanggaran etiknya terbukti. Yaitu ringan, yaitu peringatan, sedang pemberhentian dari jabatan, dan berat pemberhentian dari keanggotaan DPR-RI," terang Junimart.

Diketahui bersama, kasus ini bermula saat Azis Syamsudin mengenalkan penyidik KPK bernama Stepanus Robin kepada Wali Kota Tanjungbalai M. Syahrial pada Oktober 2020. Setelah itu, Stepanus mengenalkan Syahrial kepada seorang pengacara bernama Maskur Husain.

Stepanus dan Maskur kemudian membuat kesepakatan dengan Syahrial untuk tidak menindaklanjuti penyelidikan dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai. Sebagai gantinya, mereka meminta imbalan sebesar Rp 1,5 miliar.

Karena keterlibatannya itu, Azis disebut telah mencampuri upaya penegakan hukum, sehingga KPK memutuskan untuk menggeledah kantor, rumah dinas, dan rumah pribadinya. KPK juga telah mencegah Azis pergi ke luar negeri selama enam bulan hingga 27 Oktober mendatang.

(wk/eval)

Most Read

Bagian Mata Richard Kyle Jadi Sorotan di Unggahan Terbaru, Sedih Jessica Iskandar Menikah?

Oct 24, 2021

Penampilan Baru Shin Min A Usai 'Hometown Cha-Cha-Cha' Bikin Pangling

Oct 25, 2021

Rating 'Jirisan' Cetak Sejarah tvN, Episode Perdana Justru Dikritik Habis-Habisan

Oct 25, 2021

Dijuluki Diva, Lisa BLACKPINK Cantik Elegan Tanpa Poni di Iklan Baru BVLGARI

Oct 25, 2021

Irena Fabiola Akhirnya Buka Suara Soal Dugaan Suami Selingkuh Dengan Thalita Latief

Oct 25, 2021

Jadi Heboh, Bio One Respons Nyelekit Ucapan Saiful Jamil Yang Ogah Disebut Pedofil

Oct 25, 2021

Ditinggal Shandy Aulia Syuting, Claire Terciduk Joget Ditemani Ayah Tampan Bikin Terenyuh

Oct 25, 2021

Larissa Chou Beri Pesan ke Alvin Faiz Soal Anak Sambung: Tolong Tetap Utamakan Yusuf

Oct 23, 2021

Latest News

Masuk Rumah Sakit Lagi, Dorce Gamalama Dapat Bantuan Dari Erick Thohir

Dorce Gamalama belum lama ini kembali dilarikan ke rumah sakit usai kondisi kesehatannya kembali drop. Sosok penting Menteri BUMN Erick Thohir pun dikabarkan hadir menjenguk Dorce.

Adegan Jeon Somi di Teaser 'XOXO' Ini Dibilang Mirip 'Lovesick Girls' BLACKPINK

Di komunitas online, netizen mengkritik Somi karena 'meniru jelas' seniornya dari YG. Netizen juga menyindir tim produksi The Black Label karena menggali ide lama dari MV BLACKPINK.

Teaser Drama 'Adult Trainee' TVING Tak Segan Tayangkan Cuplikan Adegan 19+

Drama original TVING 'Adult Trainee' yang dibintangi oleh para aktor dan aktris muda telah merilis teaser terbarunya yang tidak segan menayangkan cuplikan adegan yang mengusung adegan vulgar.

Sempat Digosipkan Pacaran dengan Ariel NOAH, Aura Kasih Beber Penyebabnya

Aura Kasih akhirnya beber alasan yang membuatnya dan Ariel NOAH sempat ramai digosipkan tengah menjalin hubungan asmara. Benarkah keduanya memang pernah dekat?

Angka-Angka di Papan Mugshot BTS Berubah, Maknanya Lebih Mendalam

Meskipun ada banyak kesamaan dengan video musik aslinya, ARMY memperhatikan bahwa ada beberapa perbedaan besar. Nomor di papan foto para member telah berubah.

Lee Sang Yeob Curhat Soal Kesendirian Sampai Tak Punya Foto Selfie, Nama Jessi Terseret

Selama acara variety show tvN 'The Sixth Sense' musim kedua berlangsung, Lee Sang Yeob diketahui memiliki chemistry yang so sweet dengan rapper Jessi sehingga keduanya didoakan berjodoh di dunia nyata.

Istri Kevin Aprilio Tampil Anggun Nan Seksi di Perayaan Anniversary Pernikahan, Banjir Pujian

Kevin Aprilio mengajak sang istri tercinta, Vicy Melanie, dinner di restoran mewah untuk merayakan anniversary pernikahan mereka yang pertama. Lewat video yang dibagikan Kevin, netter salah fokus dengan penampilan memukau Vicy.

Adam Levine 'Ngamuk' Pada Fans Yang Terobos Paksa Naik Panggung Dan Memeluknya, Tuai Pro Kontra

Sikap Adam Levine dianggap tak pantas usai didapati sangat kesal saat ada fans yang menerebos naik ke atas panggung dan mendadak memeluk tubuhnya. Seperti apa reaksi mengejutkan Adam itu?