SNSD-2NE1 cs Disebut Girlgroup Paling Berpengaruh dalam Sejarah K-Pop, Apa Kelebihannya?
Musik

Simak deretan girlgroup yang dianggap paling berpengaruh dalam sejarah K-Pop di bawah ini.

WowKeren - Dalam industri musik K-Pop, banyak grup idol cewek maupun cowok. Dari yang kita ketahui, junior atau senior, masih banyak sisanya yang belum dikenal bahkan oleh para penggemar K-Pop sekalipun.

Lebih dari itu, hanya segelintir grup saja yang mampu mendapatkan popularitas skala besar hingga internasional. Sehingga untuk mengantongi predikat "legenda", grup idol harus benar-benar telah menorehkan prestasi di industri ini.

Sebut saja grup lawas Fin.K.L atau S.E.S. Siapa yang tak kenal mereka? Para penggemar K-Pop pasti tahu, kedua nama itu adalah girlgroup generasi pertama yang membuka gerbang untuk budaya Hallyu. Para membernya juga masih eksis sampai sekarang meski bersolo karir.

Pantaskah keduanya disebut sebagai grup cewek paling berpengaruh sepanjang sejarah musik K-Pop? Ya. Akan tetapi selain mereka, grup-grup di bawah ini juga layak menyandang predikat paling berpengaruh dalam sejarah musik K-Pop seperti dikutip dari Allkpop:

1. Wonder Girls

Wonder Girls meski sudah bubar, namanya akan tetap dikenang karena prestasi mereka. Grup ini mendunia berkat single "Nobody" yang sontak memperluas jangkauan promosi musik K-Pop sampai ke luar Korea. Tak hanya itu, Wonder Girls juga mendapat julukan "Retro Queens" di Korea Selatan lantaran genre musik retro yang mereka usung. Salah satunya adalah single "Why So Lonely" yang dirilis 2016 lalu.

2. Girls' Generation

Bisa soal girlgroup paling berpengaruh, nama Girls' Generation tentu saja tak boleh dilewatkan. Grup besutan SM Entertainment ini sekarang bisa jadi merupakan satu-satunya girlband generasi kedua K-Pop yang masih bertahan dan tidak bubar. Beberapa waktu lalu, SNSD bahkan sempat merilis album baru "Holiday Night" mengusung double title track, "Holiday" dan "All Night".

3. 2NE1

2NE1 seharusnya adalah "pesaing" terberat dan terkuat SNSD di industri musik K-Pop. Terlebih lagi, keduanya berasal dari generasi yang sama lantaran debut dalam waktu berdekatan. Beranggotakan 4 orang, 2NE1 justru bubar di tengah-tengah kabar comeback yang sempat dijanjikan. Grup yang bernaung di YG Entertainment ini resmi bubar dan merilis lagu perpisahan berjudul "Goodbye" awal 2017 lalu.

4. f(x)

Di posisi keempat ada f(x). Grup yang juga ada di bawah bendera SM ini dikenal karena keunikan mereka. Secara musikalitas, f(x) hadir menyuguhkan genre elektropop yang terbilang belum banyak dikenal secara internasional. Terakhir kali comeback, f(x) merilis album dengan empat member bertajuk "4 Walls". Saat ini masih dalam masa hiatus dan belum bisa dipastikan kapan akan mengeluarkan karya baru.

5. Red Velvet

Red Velvet juga sudah mencuri perhatian dunia sejak debut dengan "Happiness". Setelah menambah member dan hadir lagi dengan "Ice Cream Cake", "Dumb Dumb" lalu 'Russian Roulette", nama Red Velvet makin dicintai para fans. Grup ini dikenal memiliki konsep unik, dance lucu dan lagu-lagu yang nge-beat.

6. Twice

Grup lain yang masuk dalam daftar adalah Twice. Tentu tak ada yang meragukan pengaruh kehadiran Twice di industri musik K-Pop. Lihat saja lagu-lagu mereka yang easy listening seperti "Cheer Up". Bukankah meski kalian bukan penggemar Twice atau K-Popers, kalian pernah mendengar lagu itu bukan? Twice memang sudah dikenal secara internasional. Usai merilis "Signal" awal 2017 ini, Jihyo cs kabarnya akan segera comeback, loh!

7. Black Pink

Dan ini dia grup bentukan YG yang mencuri perhatian dunia. Black Pink yang sejak debut lewat "Boombayah" langsung mencetak deretan rekor jumlah penonton video musik di YouTube. Buktikan popularitas tak hanya berlangsung sekejap, Black Pink kembali menorehkan prestasi lewat lagu terbaru "As If It's Your Last". Menariknya, dua member Black Pink yakni Rose dan Jisoo sempat memamerkan skill lain mereka dengan berakting membintangi MV senior di YG seperti di lagu milik G-Dragon, Lee Hi, serta iKON sebelum memulai debut.

Selain daftar di atas, ada nama lain yang rasanya sayang jika ditinggalkan. Adalah Mamamoo, satu dari sekian banyak girlgroup K-Pop yang totalitasnya dalam bermusik telah mendapat pengakuan. Kamu juga setuju, bukan?

Loading...

You can share this post!

Related Posts