Khawatir Pelecehan dan Pengabaian, Pemerintah Ethiopia Larang Warganya Diadopsi
Dunia

Lebih dari 15.000 anak-anak Etiopia sudah diadopsi warga negara Amerika Serikat sejak tahun 1999.

WowKeren - Etiopia menjadi salah satu sumber terbesar untuk adopsi internasional bagi warga negara Amerika Serikat. Dikabarkan sebanyak 20 persen anak adopsi di Amerika Serikat berasal dari Etiopia. Brad Pitt dan Angelina Jolie adalah salah satu warga Amerika Serikat yang mengadopsi anak dari Etiopia.

Meskipun demikian, beberapa kasus pelecehan dan penelantaran anak-anak adopsi dari Etiopia, membuat pemerintah Etiopia khawatir. Pada tahun 2013, sepasang warga AS telah dihukum akibat membunuh seorang anak gadis Etiopia yang mereka adopsi. Kasus ini memicu perdebatan tentang adopsi asing.

"Proses adopsi di Etiopia menghadapi masalah yang serius dengan kelompok pembela hak asasi manusia," ujar wartawan Emmanuel Igunza, dilansir BBC pada Kamis (11/1). "Mereka mengatakan bahwa anak-anak yang diadopsi dari Etiopia rentan mengalami penyalahgunaan oleh oknum perdagangan manusia yang menganggap ini sebagai pasar yang menguntungkan."

Peraturan pemerintah Etiopia mengenai pelarangan warga negaranya untuk diadopsi warga asing bukanlah hal baru. Hal tersebut telah menjadi perdebatan sejak tahun 2013. Meski dikenal sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat, tetapi jutaan orang di Etiopia masih hidup miskin. Kurangnya sarana perawatan dan fasilitas pendidikan anak di sana membuat larangan adopsi ini dikhawatirkan banyak pihak asing.

Koordinator panti asuhan anak di Addis Ababa mengatakan bahwa mereka akan mencari cara untuk merawat anak-anak mereka. Beberapa warga negara Etiopia juga sudah mulai mau mengadopsi anak-anak yang kurang beruntung.

"Mereka adalah anak-anak kita," ujar koordinator tersebut. "Kami telah melihat beberapa warga negara Etiopia memilih untuk mengadopsi satu atau dua anak demi membiayai pendidikan dan kebutuhan lain. Untuk sekarang mungkin adopsi masih sedikit. Akan tetapi, siapa tahu nanti anak-anak akan menemukan keluarganya, baik di sini maupun di luar negeri."

Lebih dari 15 ribu anak dari Etiopia sudah diadopsi oleh warga negara Amerika Serikat sejak tahun 1999. Beberapa dari anak-anak Etiopia juga telah diadopsi oleh beberapa negara lain, seperti Spanyol, Prancis dan Italia.

You can share this post!

Related Posts