Ada Niall Horan Hingga Emma Watson, Deretan Selebriti Ini Dukung Referendum Aborsi
Getty Images
Selebriti

Jika referendum berhasil dilakukan, maka aborsi akan diizinkan antara 12 hingga 24 minggu pertama kehamilan, atau dalam kondisi tertentu.

WowKeren - Pada Jumat (25/5) lalu, Warga Irlandia mengadakan pungutan suara untuk melakukan referendum pada amandemen kedelapan undang-undang negara. Amandemen tersebut memberikan hak hidup kepada ibu dan anak yang belum lahir dan secara efektif melarang aborsi di negara tersebut, bahkan dalam kasus pemerkosaan atau incest.

Undang-undang pelarangan aborsi di Irlandia sendiri telah diterapkan sejak tahun 1983 dengan hukuman penjara maksimal 14 tahun bagi pelakunya. Referendum undang-undang tersebut pernah dilakukan pada 2013 lalu, di mana menghasilkan putusan bahwa aborsi diperbolehkan hanya jika nyawa sang ibu terancam.

Akibat pelarangan ini, ribuan wanita Irlandia ke Inggris setiap tahun untuk melakukan aborsi atau membeli pil penggugur kandungan secara ilegal di internet. Bahkan sejak tahun 1983, tercatat ada sekitar 170 ribu wanita Irlandia yang aborsi ke luar negeri.

Perdana Menteri Irlandia, Leo Vardkar menyebut referendum ini sebagai tonggak baru di Irlandia. Jika undang-undang tersebut dicabut, maka aborsi akan diizinkan antara 12 hingga 24 minggu pertama kehamilan, atau dalam kondisi tertentu. Leo juga berjanji bahwa rancangan undang-undang akan diterbitkan sebelum akhir musim panas dengan disahkan pada akhir tahun ini.

Menanggapi hal ini, deretan selebriti Hollywood pun dengan kompak mendesak warga Irlandia untuk mendukung referendum pembatalan undang-undang anti aborsi. Sebut saja Niall Horan, Emma Watson, Russel crowe, Sam Neill, serta Dermot O'Leary.

"Ayo Irlandia! Ini adalah hari di mana kalian bisa membuat keputusan hebat lainnya. Tolong lakukan dengan benar (para wanita hebat dari negara kita)," cuit Niall dengan menambahkan emoji bendera Irlandia.


Tidak diketahui apakah anggota One Direction tersebut juga turut memberikan suara atau memenuhi syarat untuk melakukannya, mengingat bahwa Niall juga merupakan warga Irlandia. Namun Niall sendiri diketahui tengah berada di Inggris sejak Rabu (23/5) lalu.


Sementara itu, Emma Watson juga turut memberikan dukungan melalui akun Twitter miliknya. Mengingat bahwa aktris "Harry Potter" tersebut merupakan seorang aktivis hak asasi wanita, maka tak heran jika Emma selalu kritis mengenai isu-isu seperti ini.

"Sebuah suara untuk kebebasan memilih, suara untuk hak-hak perempuan, suara untuk kontrol perempuan atas tubuh mereka, suara untuk kesehatan & keselamatan perempuan, suara terhadap kesetaraan. Memikirkan Irlandia # together4yes # repealthe8th," cuit Emma.

Hasil referendum tersebut telah diumumkan pada Sabtu (26/5) lalu. Tercatat sebanyak 66,4 persen atau lebih dari 1,4 juta warga Irlandia menyatakan "Ya" untuk penghapusan undang-undang pelarangan aborsi, sementara 33,6 persen menolaknya. Referendum tersebut dihadiri oleh 64 persen pemilih.

Leo Varadkar juga mengatakan bahwa penghapusan akan dilakukan pada akhir tahun ini. Sementara Kementerian Kesehatan Irlandia, Simon Harris mengatakan bahwa kabinet akan bertemu pada Selasa (29/5) mendatang untuk merancang undang-undang baru.

Hasil referendum ini adalah pukulan telak bagi otoritas Gereja Katolik Roma di Irlandia yang menentang keras aborsi. Apalagi mengingat bahwa mayoritas warga Irlandia menganut agama Katolik. Selain itu, pada 2015 lalu, referendum juga menghasilkan persetujuan pernikahan sesama jenis yang dianggap melanggar hukum agama.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait