Paul Allen Otak Jenius Kejayaan Microsoft, Harta Kekayaannya Bikin Takjub
Getty Images/Stephen Brashear
Dunia

Tak kalah dengan Bill Gates, sahabatnya yang termasuk orang paling tajir sejagat, Paul Allen juga termasuk salah satu orang terkaya dunia versi majalah Forbes.

WowKeren - Pendiri Microsoft, Paul Allen, sahabat Bill Gates, dikabarkan meninggal dunia di usia 65 tahun karena kanker Limfoma non Hodgkin. Pihak dari keluarga menyatakan Paul Allen meninggal pada Senin (15/10) sore waktu setempat di kantor pusat Microsoft di Seattle.

Menilik lebih lanjut, belum banyak yang tahu tentang sosok Paul Allen. Pada tahun 1975, ia bersama Bill Gates adalah dua orang dibalik pengembangan software BASIC untuk komputer desktop Altair 8800. Tak hanya itu, keduanya juga sepakat mendirikan perusahaan yang menjadi cikal bakal Microsoft saat ini.

Di awal berdirinya Microsoft, Paul Allen dan Bill Gates sangatlah akrab. Sayangnya keakraban tersebut juga diselingi dengan pertengkaran. Buntut dari perselisihannya dengan Bill Gates, Paul Allen meninggalkan Microsoft pada tahun 1983. Kendati demikian, hubungan Bill Gates dan Paul Allen sudah membaik beberapa tahun kemudian.

Mengenai kekayaan, harta Paul Allen juga tak perlu diragukan lagi. Ia termasuk salah satu orang terkaya versi majalah Forbes.


Tak seperti Bill Gates yang berada di urutan kedua orang paling tajir sejagat, Paul Allen ada di posisi 21 di daftar tahun 2018 ini. Diketahui Paul Allen memiliki kekayaan mencapai US$ 20,3 miliar atau sekitar Rp 304,5 triliun (Kurs Rp 15.000 per dolar AS).

Tak hanya tajir, Paul Allen juga termasuk orang yang dermawan. Ia menyumbangkan US$ 2 miliar untuk pendidikan yang ia kelola, Allen Institute.

Semasa hidup, Paul Allen tak hanya berkutat di industri teknologi, ia juga merambah ke industri musik, penerbangan, musik dan olahraga. Bahkan, ia juga aktif dalam kegiatan sosial. Paul Allen juga dilaporkan sebagai pemilik NBA Portland Trail Blazers, NFL Seattle Seahawks dan memiliki saham di tim sepak bola Seattle Sounders.

Pada awal Oktober ini, Paul Allen mengungkapkan bahwa ia dirawat karena kanker yang pernah dideritanya pada tahun 2009 silam. Tentunya kepergian Paul Allen di tahun 2018 ini begitu menyisakan duka mendalam. Namun kiprahnya di dunia bisnis tentu tak bisa dilupakan begitu saja. Selamat jalan, Paul Allen.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru