NH Dini Tak Berhenti Menulis Meski Menjadi Pramugari
Instagram/perjalanansugi
Nasional

NH Dini dapat disebut bukan wanita biasa. Ia punya se-gudang cerita dalam hidupnya. Simak di bawah ini.

WowKeren - NH Dini merupakan wanita asli Semarang yang lahir pada 29 Februari 1936. Anak bungsu dari lima bersaudara ini mulai suka menulis sejak usia sembilan tahun. Saat itu, ia baru gemar menulis syair dan sajak. Menurutnya, tulisannya saat itu merupakan ungkapan hati dan pikirannya sendiri.

Sang ayah menjadi sosok yang mengembangkan bakat tulis NH Dini. Kemudian pada saat SMP bakatnya semakin terasah dan mulai mengisi majalah dinding sekolah dengan sajak serta cerita pendek. Ia bahkan pernah menulis dan membacakan sendiri karyanya di RRI Semarang ketika berusia 15 tahun.

Serius untuk memperdalam bakatnya, NH Dini memutuskan masuk jurusan sastra saat SMA. Ia semakin rajin mengirimkan cerpen miliknya ke berbagai majalah. Bersama kakakanya, Teguh Asmar, ia bergabung dalam kelompok sandiwara radio Kuncup Berseri. Namun, saat lulus SMA NH Dini ikut kursus Pramugari di Jakarta. Ia kemudian bekerja di Garuda Indonesia Airways (GIA) di Bandara Kemayoran.

Selama menjadi seorang pramugari, NH Dini tak pernah melupakan kecintaannya pada sastra. Ia menulis karya "Hati jang Damai" yang menjadi kenangannya di dunia penerbangan. Dari pekerjaannya itu, terbit lah sebuah kumpulan cerpen "Dua Dunia" pada 1956.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait