Hindari 10 Kebiasaan Buruk Saat Keramas Ini yang Bikin Rambut Rusak
Shutterstock
Lifestyle

Keramas adalah cara untuk merawat rambut, namun juga bisa menimbulkan kerusakan, lho.

WowKeren - Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan seseorang. Keramas adalah salah satu cara yang paling mudah untuk merawat rambut. Keramas yang rutin akan sangat baik bagi kesehatan rambut sehingga kita pun tidak memiliki layaknya ketombe, kerontokan atau bahkan rambut patah.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa keramas juga dapat membawa petaka alias membuat rambut rusak. Apalagi jika pola keramas kalian tidak baik.

Nah, lalu apa sih yang kesalahan kita saat keramas? Simak di sini, ya.

(wk/nris)

1. Keramas Terlalu Lama Tidak Baik untuk Kesehatan


Keramas Terlalu Lama Tidak Baik untuk Kesehatan

Semakin lama mandi, kalian pasti merasa tubuh akan semakin bersih. Namun, perlu kalian tahu bahwa mandi terlalu lama akan membuat kulit kering. Selain itu, terlalu banyak air dapat menyebabkan rambut 'membengkak', sesuatu yang buruk bagi kutikula dan membuat ujung rambut bercabang.

Batas waktu maksimal untuk mandi adalah 10 menit. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi kulit karena air dapat menghilangkan minyak alami kulit. Jadi, sebaiknya jangan keasyikan di kamar mandi, ya.

2. Jangan Keramas Setiap Hari


Jangan Keramas Setiap Hari

Keramas juga tidak boleh dilakukan setiap hari meskipun rambut kalian termasuk tipe yang berminyak. Karena dengan membasuhnya akan menyebabkan minyak alami hilang dan membuat rambut kering. Sebaiknya, keramas dilakukan hanya dua kali sehari. Jika kalian tidak tahan dengan bau keringat, gunakan dry shampoo disamping penggunaan sampo biasa.

3. Jangan Keramas Rambut dengan Air Panas


Jangan Keramas Rambut dengan Air Panas

Banyak orang yang gemar mandi dengan air hangat karena membuat tubuh nyaman dan tidur lebih nyenyak. Tapi kalian perlu memerhatikan suhu air. Jangan gunakan air terlalu panas karena dapat merusak rambut serta kulit.

Suhu panas dapat membuat kutikula rambut terbuka dan molekul warna akan hilang. Lebih baik jika kalian keramas menggunakan air dingin untuk menjaga warna rambut agar terlihat lebih segar dan tidak kusam.

4. Menggunakan Terlalu Banyak Sampo saat Keramas


Menggunakan Terlalu Banyak Sampo saat Keramas

Sering menggunakan sampo berlebihan saat keramas? Sebaiknya kalian segera menghentikan kebiasaan tersebut. Jika kalian memiliki tekstur rambut yang terlalu kasar, jangan gunakan sampo terlalu banyak. Bahkan lebih baik lagi jika kalian mencucinya dengan kondisioner saja.

5. Mengeringkan Rambut Menggunakan Handuk Tidak Baik


Mengeringkan Rambut Menggunakan Handuk Tidak Baik

Setelah keramas, biasanya kita pasti mengeringkan rambut menggunakan handuk. Kebiasaan ini ternyata dapat membuat rambut menjadi rusak. Apalagi jika kalian mengeringkannya dengan cara menggosok-gosokkan handuk secara kasar pada rambut yang masih basah.

Hal itu membuat rambut jadi lebih mudah patah, kusut dan keriting. Daripada menggosoknya, kalian dapat menggunakan handuk untuk memeras sisa air pada rambut secara perlahan untuk membuatnya kering.

6. Tidak Menggunakan Produk Rambut Sesudah Keramas


Tidak Menggunakan Produk Rambut Sesudah Keramas

Mengeringkan rambut secara alami bukan berarti kalian mendiamkannya begitu saja. Hal itu akan membuat rambut mengembang. Untuk menangani hal tersebut, kalian harus menggunakan produk seperti hair oil, hair mousse atau hair gel pada ujung rambut. Dijamin rambut akan lebih halus.

7. Mengeringkan Rambut dengan Hairdryer


Mengeringkan Rambut dengan Hairdryer

Sebagian orang menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut saar keramas. Hal ini sebenarnya akan membuat rambut semakin rusak karena sama saja seperti mendidihkan rambut yang masih lembap dan basah.

Perlu diingat bahwa rambut seharusnya sudah kering kira-kira 70 hingga 80% sebelum kalian menggunakan hairdryer. Selain itu, kalian juga perlu melapisinya terlebih dahulu dengan produk perawatan rambut.

8. Jangan Sisir Rambut dalam Keadaan Basah


Jangan Sisir Rambut dalam Keadaan Basah

Dalam keadaan basah, rambut akan menjadi lebih rapuh dan patah. Selain itu, setelah keramas, rambut juga cenderung kusut. Maka dari itu, kalian perlu menyisirnya dalam keadaan basah perlu dihindari agar tidak memicu kerontokan. Sebaiknya, sisir rambut saat setengah kering.

9. Mengeringkan Rambut Tanpa Mengubah Belahan


Mengeringkan Rambut Tanpa Mengubah Belahan

Tahukah kalian bahwa mengeringkan rambut dengan cara membelahnya kemungkinan besar dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi, jika kalian memiliki rambut panjang yang tentu lebih berat saat basah. Hal tersebut berakibat pada tertariknya akar rambut. Untuk meminimalisir kerontokan, ubah belahan rambut saat sudah mulai kering.

10. Jangan Tidur dalam Keadaan Basah


Jangan Tidur dalam Keadaan Basah

Kerusakan rambut dapat dipicu karena tidur dalam keadaan rambut masih basah. Gerakan-gerakan yang tanpa kalian sadari saat tidur dapat menyebabkan rambut saling terikat sehingga mengakibatkan kusut pada pagi hari. Selain itu, tidur dalam keadaan basah beresiko membuatnya lebih rapuh dan rontok.

Merawat rambut tak hanya dengan produk-produk yang mengandung bahan kimia, kalian dapat menggunakan bahan alami, simak di sini. Berikut juga terdapat cara untuk menjaga warna rambut yang di cat, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru