Indonesia Jadi 1 Dari 3 Negara Teratas Dunia Yang Suka Cari Info Zodiak, Ini Bahaya Percaya Horoskop
Pixabay
Lifestyle

Indonesia menjadi satu dari tiga negara teratas di dunia yang masyarakatnya suka mencari info seputar zodiak menurut Google. Namun, tahukah Anda jika terlalu percaya ramalan zodiak bisa picu sederet bahaya?

WowKeren - Zodiak atau ramalan horoskop bukanlah sesuatu yang asing di telinga masyarakat. Indonesia bahkan dinobatkan Google sebagai satu dari tiga negara teratas di dunia yang suka mencari info tentang zodiak.

Zodiak sendiri adalah ramalan bintang yang biasa dipakai untuk memprediksi masa depan seperti karier, jodoh, dan keuangan seseorang yang belum pasti kebenarannya. Orang-orang biasanya mengkategorikan zodiak dalam 12 rasi bintang. Zodiak seseorang biasa ditentukan berdasarkan tanggal lahir mereka.

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan ramalan zodiak, asalkan orang-orang bisa mengambil sisi positifnya. Jangan sampai ramalan zodiak yang tak pasti berdampak negatif untuk diri sendiri. Hal ini disampaikan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog.


"Sebenarnya percaya dengan zodiak tidak selalu buruk. Jika orang tersebut hanya mengambil yang positifnya, maka tidak apa. Ini bisa dijadikan sebagai motivasi juga. Tapi kalau sampai percaya dan mengiyakan semua ramalan zodiak, bisa berdampak negatif bagi diri sendiri," kata Ikhsan.

Pasalnya, ahli astronomi asal Amerika Carl Sagan mengatakan terlalu mempercayai ramalan zodiak bisa memicu bahaya. Meski cuman sebatas ramalan, terlalu percaya zodiak ternyata bisa mengubah perilaku dan cara berpikir seseorang.

"Astrologi menunjukkan fatalisme yang berbahaya. Jika hidup kita dikendalikan oleh semesta mengapa mencoba mengubah sesuatu? Itu sama halnya dengan berpura-pura memuaskan keingintahuaan kita untuk merasa terhubung secara pribadi dengan semesta," kata Carl Sagan.

WowKeren pun telah merangkum 8 bahaya yang berpotensi muncul akibat terlalu percaya dengan ramalan zodiak. Penasaran apa saja? Yuk, langsung cari tahu dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Mengikis Pikiran Realistis


Mengikis Pikiran Realistis
Pexels

Terlalu percaya ramalan zodiak atau horoskop lambat laun dipercaya bakal mengikis pikiran realitas seseorang. Prediksi, dugaan atau hal-hal yang tak pasti dikatakan mampu membuat seseorang sulit berpikir jernih sebagai manusia. Hal ini dibenarkan oleh seorang ahli astronom bernama Phil Plait.

"Semakin kita mengajari orang-orang untuk menerima dugaan, prediksi, kebohongan semakin sulit bagi orang untuk berpikir jernih. Jika Anda tidak dapat berpikir jernih, Anda tidak dapat berfungsi sebagai manusia. Pemikiran yang tidak kritis mencabik-cabik dunia ini," kata Phil.

2. Merusak Hubungan Interpersonal


Merusak Hubungan Interpersonal
Pexels

Selain mengikis pikiran realistis, bergantung pada ramalan zodiak dapat merusak hubungan interpersonal dengan orang lain. Ahli astronomi Amerika Carl Segan menyebut mereka yang percaya zodiak kerap menilai orang lain berdasarkan tanda astrologi. Sifat seperti ini tidaklah baik karena bisa membuat Anda keliru menilai orang lain.

"Astrologi juga buruk bagi kita dan hubungan interpersonal kita. Karena itu memberitahu kita untuk menilai orang berdasarkan tanda astrologi mereka, itu pada dasarnya membuat kita benar-benar buruk. Ini tidak berbeda dengan rasisme," terang Carl Sagan.

3. Hilangnya Kepercayaan Diri


Hilangnya Kepercayaan Diri
Pexels

Terlalu percaya ramalan zodiak dapat mempengaruhi kualitas diri seseorang. Menurut penelitian para ahli, ramalan yang tak pasti dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Misalnya, ramalan zodiak A mengatakan Anda tak sedang beruntung hari ini. Anda kemudian minder setiap kali hendak mengerjakan sesuatu. Dampaknya, hari itu Anda benar-benar melakukan kesalahan.

Pendapat demikian disampaikan langsung oleh psikolog Ikhsan Bella Persada. "Kalau sampai ketergantungan zodiak, seseorang jadi pribadi yang tidak percaya diri dan selalu butuh penguatan dari lingkungan sekitar," papar Ikhsan.

4. Kehilangan Peluang Baik


Kehilangan Peluang Baik
Pexels

Psikolog Ikhsan Bella Persada melihat terlalu percaya zodiak juga bisa merusak peluang baik. Orang-orang yang terlalu percaya zodiak cenderung ragu dan membatasi diri dalam melangkah. Misalnya, zodiak A mengimbau agar Anda tak terlalu terburu-buru mendekati gebetan tetapi kenyataannya doi ingin segera dikejar.

Akibatnya, peluang Anda untuk mendapatkan doi pun terancam hilang begitu saja. "Terus, bisa membuatnya jadi membatasi diri dengan hal-hal yang sebenarnya memberikan keuntungan untuknya. Misalnya di ramalan bilang, ‘Jangan buru-buru dekati dia, nanti dia nggak mau.’ Padahal, pasangannya sudah berharap didekati," terang Ikhsan.

5. Mudah Berprasangka


Mudah Berprasangka
Pexels

Terlalu sering mencari info seputar zodiak ternyata bisa memicu pikiran negatif atau prasangka buruk terhadap orang lain. Tipe-tipe orang seperti ini biasanya menilai orang lain lewat ramalan astrologi tanpa mau lebih dulu mengenal secara dekat. Sikap seperti ini tidaklah baik karena hanya akan menimbulkan asumsi atau prasangka terhadap orang lain.

"Astrologi dan stereotip ras didasarkan pada kerangka keyakinan seperti 'Bahkan tanpa bertemu dengan Anda, saya percaya sesuatu tentang Anda (keras kepala, malas, arogan, dll.)'. Seseorang akan terbiasa dengan asumsi (prasangka) mereka tentang perilaku, kepribadian dan karakter orang lain," jelas Carl Sagan.

6. Pengaruhi Keputusan


Pengaruhi Keputusan
Maxpixel.net

Banyak orang menentukan keputusan penting mereka berdasarkan ramalan zodiak atau horoskop. Mereka cenderung mengikuti ramalan zodiak, alih-alih memutuskan sesuatu berdasarkan kata hati. Sosiolog Universitas York, Julia Hemphill membenarkan hal tersebut.

"Astrologi juga berpotensi membahayakan perasaan diri kita. Hal itu dapat mengubah kepribadian, perilaku, bahkan proses pengambilan keputusan kita ke arah yang sesuai dengan harapan astrologi kita," terang Julia.

7. Berpotensi Merusak Hubungan Asmara & Persahabatan


Berpotensi Merusak Hubungan Asmara & Persahabatan
Pexels

Bahaya lain yang bisa muncul akibat terlalu percaya zodiak adalah rusaknya hubungan asmara atau persahabatan dengan orang-orang spesial. Seseorang yang bergantung dengan zodiak biasanya tak akan mau berhubungan dengan mereka yang diprediksi tak baik atau tidak cocok dengan mereka.

Jika sudah begini, psikolog Ikhsan Bella Persada menyebut kepercayaan terhadap zodiak telah melewati batas normal. "Jika sudah berdampak sampai kehidupan sehari-hari dan membuat diri jadi takut untuk melangkah atau melakukan suatu kegiatan,ini sudah masuk dalam batas tidak normal," kata Ikhsan.

8. Kesehatan Mental Terancam Terganggu


Kesehatan Mental Terancam Terganggu
Pexels

Terakhir, terlalu percaya ramalan zodiak berpotensi mengganggu kesehatan mental seseorang. Menurut psikoterapi, Paul Hokemeyer, percaya dengan ramalan berpotensi menyebabkan seseorang mengalami depresi karena ramalan yang buruk.

Selain depresi, ramalan yang tak sesuai ekspektasi bisa mengakibatkan emosi tak stabil. Mereka yang tak senang dengan ramalan buruk biasanya akan mengalami kecemasan berlebih. Hal-hal semacam ini tentu tak baik untuk kesehatan mental.

Nah, itu dia bahaya-bahaya akibat terlalu percaya ramalan zodiak. Terus bijak dalam mencari informasi ya. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan WowKeren tentang bahaya terlalu percaya ramalan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait