Banyak Beredar yang Imitasi, Ini Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Palsu
Shutterstock
Kuliner

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang sering dipalsukan. Simak cara memilih madu yang asli berikut ini.

WowKeren - Madu merupakan salah satu bahan alami yang sudah banyak diketahui manfaatnya. Pemanfaatannya pun makin beragam, mulai dari mengatasi masalah rambut, mencerahkan kulit kusam hingga membantu menghilangkan bekas cacar air.

Dengan segudang manfaatnya tak heran jika madu memiliki banyak peminat di pasaran. Sayangnya, banyak oknum tak bertanggung jawab sehingga membuat madu masuk dalam daftar makanan yang sering dipalsukan.

Namun tak perlu khawatir, untuk membedakan madu asli dan palsu tergolong gampang, kok. Kalian hanya perlu mengikuti 6 langkah berikut ini.

(wk/nris)

1. Tes Madu Asli dan Palsu Menggunakan Segelas Air


Tes Madu Asli dan Palsu Menggunakan Segelas Air

Madu berasal dari nektar bunga yang sama sekali tidak mengandung air. Untuk mengetahui madu yang kalian beli asli atau tidak, tes uji menggunakan air akan sangat mudah dilakukan. Hal yang pertama harus disiapkan adalah segelas air di dalam gelas bening.

Madu asli akan sulit bercampur ketika di masukkan ke dalam air. Madu akan jatuh dan tenggelam ke dasar gelas dan meskipun di aduk akan membutuhkan waktu agar dapat tercampur. Sementara jika madu langsung terlarut dan terapung dalam air, sudah dapat dipastikan, bahwa itu adalah madu palsu.

2. Tes Kekentalan untuk Menguji Madu Asli dan Palsu


Tes Kekentalan untuk Menguji Madu Asli dan Palsu

Cara paling mudah untuk menguji madu asli dan palsu adalah dengan tes kekentalan. Seperti diketahui, madu asli memiliki kekentalan yang tinggi. Hal yang sama juga terdapat pada madu palsu. Namun, tentu tetap ada perbedaan diantara keduanya.

Untuk menguji kekentalan madu cukup mudah, kalian hanya perlu mencuil madu dengan jari tangan. Jika madu tersebut secara perlahan akan meleleh dan tidak putus-putus, itu merupakan madu asli. Sedangkan madu palsu yang juga kental, alirannya masih putus-putus ketika diangkat.

3. Lakukan Tes Kejernihan untuk Membedakan Madu Asli dan Palsu


Lakukan Tes Kejernihan untuk Membedakan Madu Asli dan Palsu

Perlu kalian ketahui bahwa madu asli memiliki warna yang cenderung gelap atau pekat. Madu asli juga mengandung sedikit kotoran yang berasal dari serbuk sari, saat lebah menghisap nektar bunga maupun dari sisa-sisa bekas rumah lebah yang hancur selama proses penyaringan.

Nah, madu palsu memiliki kebalikan dari yang asli. Madu palsu biasanya memiliki warna yang jauh lebih jernih. Dilihat dari luar botol pun tampak lebih menarik. Namun jangan mudah tergiur, ya. Madu yang jernih dan bersih malah rentan palsu, lho.

4. Tes Keaslian Madu dengan Semut


Tes Keaslian Madu dengan Semut

Semut merupakan hewan yang menyukai makanan manis. Semut juga bisa kalian manfaatkan untuk mengetes keaslian madu lantaran hewan memang lebih peka terhadap hal seperti ini. Kalian cukup meletakkan sedikit madu di sebuah piring kecil.

Jika madu tersebut asli, semut tidak akan dapat masuk ke dalam madu. Hal ini disebabkan madu asli mengandung enzim murni dengan aroma yang sangat kuat, sehingga tidak disukai semut. Sementara madu palsu akan membuat semut masuk ke dalam madu dan kemudian mati. Madu palsu tersebut mengandung gula dan racun yang terbentuk dari campuran madu dan gula.

5. Masukkan Madu ke Dalam Kulkas


Masukkan Madu ke Dalam Kulkas

Setelah membeli madu, kalian bisa memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kulkas. Cara ini bisa digunakan untuk mengetahui keaslian madu tersebut.

Madu murni tidak akan membeku meskipun di masukkan ke dalam kulkas. Sementara madu palsu, bakal membeku layaknya es batu karena sudah terdapat campurannya.

6. Rebus Madu dengan Sendok


Rebus Madu dengan Sendok

Cara selanjutnya untuk menguji keaslian madu adalah dengan membakarnya diatas sendok. Tuangkan madu pada sendok, kemudian panaskan dengan lilin atau api. Nah, jika madu yang dipanaskan mengeluarkan busa yang cukup banyak hingga tumpah, maka dapat dipastikan madu tersebut asli dan murni.

Sementara itu, jika madu hanya memiliki sedikit busa, menandakan sudah terdapat bahan lain di dalamnya. Selain itu, madu palsu juga mudah terkaramelisasi atau menggumpal saat dipanaskan. Segera coba metode ini jika kalian memiliki madu di rumah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel