8 Manfaat Alami Madu Ternyata Berguna untuk Atasi Masalah-Masalah Rambut Ini
Lifestyle

Begini cara memanfaatkan madu untuk mengatasi berbagai masalah rambut tanpa takut terkena efek samping dari bahan kimia.

WowKeren - Madu selama ini dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain sebagai pengganti gula, madu juga dipercaya menjadi salah satu bahan yang mampu menambah stamina.

Beberapa perusahaan juga telah memanfaatkan madu untuk berbagai produk kecantikan dan perawatan wajah. Namun sayangnya, produk-produk tersebut juga memiliki kandungan kimia yang nantinya bisa berbahaya untuk tubuh.


Nah, tahukah kamu kalau madu ternyata juga bisa dimanfaatkan secara alami untuk rambut? Ya, madu ternyata memiliki serangkaian manfaat untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Tak perlu takut, dengan memanfaatkan madu secara alami ini, kamu akan terhindar dari efek samping bahan kimia.

Apa saja manfaat alami madu untuk mengatasi beberapa masalah rambut tersebut? Simak ulasannya di sini ya.

(wk/silm)

1. Madu untuk Mencegah Rambut Rontok


Madu untuk Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi salah satu masalah rambut yang banyak dialami orang. Berbagai hal bisa menjadi penyebab rambut kita menjadi rontok dan tipis. Ingin mengatasinya dengan perawatan salon, namun terkendala masalah biaya? Tenang dulu, masalah rambut rontok ini ternyata bisa dicegah hanya dengan menggunakan madu, lho.

Beberapa kandungan khusus yang terdapat dalam madu dipercaya bisa memperkuat folikel rambut. Dengan begitu, rambut akan terhindar dari risiko kerontokan yang banyak menghantuimu.

Untuk mengatasi kerontokan rambut, kamu bisa menduetkan madu dan santan kelapa. Kandungan lemak dan protein penting dalam kelapa sangat dibutuhkan untuk memberikan kekuatan pada rambutmu sehingga tidak mudah rontok. Selain itu, kandungan antioksidan dalam madu juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut, terutama untuk mencegah kerontokan rambut.

Caranya mudah, campurkan santan dan madu dalam sebuah mangkuk. Campur dan oleskan secara merata pada rambut. Diamkan selama satu jam lalu bilas bersih menggunakan sampo.

2. Mengatasi Kutu dan Ketombe dengan Madu


Mengatasi Kutu dan Ketombe dengan Madu

Gatal karena kutu dan ketombe memang sangat mengganggu. Belum lagi hal itu juga akan merusak penampilan kita. Nah, untuk mengatasinya, kamu tak perlu lagi bingung. Kamu bisa mencoba melakukan perawatan alami dari bahan madu.

Madu diketahui mengandung bahan anti inflamasi, anti bakteri, dan juga antiseptik. Kandungan tersebut dipercaya ampuh memerangi bakteri sehingga bisa mengatasi masalah seperti ketombe, eksim, dan juga psoriasis.

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini. Pertama, yakni dengan hanya melarutkan madu dalam air lalu mengoleskannya pada rambut. Kedua, bisa dengan cara mencampurkannya dengan irisan jeruk nipis lalu dioleskan ke kulit kepala. Ketiga, bisa juga dengan menggunakan campuran madu dan yogurt. Kandungan asam sitrat yang ada dalam yogurt dipercaya ampuh atasi ketombe.

Namun, satu hal yang perlu diingat untuk memanfaatkan madu sebagai penghilang ketombe. Setelah melakukan serangkaian perawatan menggunakan madu, kamu tidak boleh luput membasuhnya menggunakan sampo hingga bersih dan tak lagi ada sisa madu maupun sampo. Ketombe bisa saja muncul dari rambut yang tidak dibersihkan dengan benar dari sisa-sisa sampo, lho.

3. Manfaatkan Madu Sebagai Sampo Sekaligus Kondisioner Alami


Manfaatkan Madu Sebagai Sampo Sekaligus Kondisioner Alami

Kaya akan manfaat, madu ternyata juga bisa kamu pakai sebagai sampo sekaligus kondisioner alami. Dengan hanya mencampurkan beberapa tetes madu dengan air, kamu bisa langsung mengoleskannya ke rambut dan membuatnya menjadi sampo. Kandungan alami dalam madu dapat memberikan kelembapan alami untuk rambutmu sama seperti sampo.

Sebagai kondisioner, madu mengandung banyak nutrisi dan enzim yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk keperluan kondisioner, kamu bisa mencampurkan madu dengan bahan lain seperti minyak kelapa atau juga alpukat.

Kandungan minyak kelapa dipercaya bisa ampuh menghaluskan kutikula rambut. Sementara itu, alpukat mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerusakan dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Alpukat juga mengandung minyak yang menyehatkan sama halnya dengan funsi kondisioner.

4. Memanfaatkan Madu untuk Menumbuhkan Rambut


Memanfaatkan Madu untuk Menumbuhkan Rambut

Antioksidan yang terkandung di dalam rambut dipercaya bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan emoliennya juga berfungsi untuk menyehatkan folikel rambut. Dengan begitu, rambut akan lebih mudah dan cepat tumbuh dengan sehat.

Tidak hanya mampu mempercepat pertumbuhan rambut, madu juga dipercaya ampuh menyehatkan kembali folikel rambut yang sudah tidak aktif. Dengan menggunakan madu, kamu bisa menambah volume rambutmu sehingga terlihat tebal dan sehat.

Ada berbagai cara memanfaatkan madu untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi masker rambut dengan campuran beberapa bahan lain. Namun, kamu bisa juga membuatnya dengan mudah semata-mata hanya dengan menambahkan madu pada sampo.

Madu merupakan pembersih yang efektif untuk rambut. Jika dikombinasikan dengan sampo, maka madu bisa lebih efektif untuk menumbuhkan rambut.

5. Mengatasi Rambut Kering dengan Madu


Mengatasi Rambut Kering dengan Madu

Tak hanya atasi masalah seperti ketombe dan kerontokan rambut. Madu juga bisa digunakan sebagai pelembab alami yang mampu mengatasi rambutmu yang kering dan rusak.

Untuk membuat madu bekerja sebagai pelembut alami, bahan yang kamu butuhkan sederhana saja. Siapkan madu, pisang yang sudah sangat matang, dan minyak zaitun.

Campur dan lunakkan bahan-bahan tersebut sampai halus. Kemudian, oleskan ke rambut secara merata hingga ke kulit kepala. Setelah itu, tutup rambut dengan kain handuk atau shower cap selama 20 hingga 25 menit. Bilas rambut menggunakan sampo hingga bersih. Ulangi rutinitas yang sama selama 2 hingga 3 kali selama satu bulan.

6. Madu untuk Mencerahkan Rambut Kusam


Madu untuk Mencerahkan Rambut Kusam

Rambut kusam dan tak bercahaya juga menjadi salah satu masalah rambut yang banyak dialami. Sayangnya, untuk melakukan perawatan seperti pengecatan, kamu hanya akan mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, bahaya obat kimia dan alat-alat yang digunakan bisa membuat rambutmu justru rusak.

Akan tetapi, jangan lantas khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi secara alami menggunakan madu. Madu mengandung enzim glukosa oksidase. Jika dibiarkan selama beberapa saat dalam rambutmu, enzim dalam madu tersebut akan melepaskan hidrogen peroksida. Hal itu akan membantu mencerahkan rambut.

Caranya, campuran madu, jeruk nipis, dan air hangat secukupnya lalu oleskan ke seluruh bagian rambut. Selain itu, kamu bisa dengan mudah hanya menambahkan air pada madu dan oleskan ke rambut yang basah. Biarkan selama 1 jam lalu bilas hingga bersih.

7. Madu Ampuh Memberikan Kekuatan untuk Akar Rambut


Madu Ampuh Memberikan Kekuatan untuk Akar Rambut

Seperti yang sudah diketahui, madu mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Zat tersebut mampu membuat folikel rambut menjadi lebih kuat. Akibatnya, rambut jadi terhindar dari berbagai masalah seperti kerontokan yang disebabkan karena akar rambut kurang kuat.

Untuk melakukan terapi alami menggunakan madu, kamu bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun dan bubuk kayu manis. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam satu panci dan panaskan dengan api kecil. Aduk merata dan diamkan hingga dingin. Setelah itu. oleskan pada kulit kepala, diamkan selama 20 menit dan bilas bersih.

8. Madu Mampu Melembutkan Rambut Secara Alami


Madu Mampu Melembutkan Rambut Secara Alami

Madu merupakan pelembab alami. Bahan alami ini menyerap kelembapan dari udara dan bisa melindungi serta melembutkan rambut dan kulitmu. Hal itu bisa membantu menjaga rambutmu tetap lembut dan terhindar dari berbagai kerusakan. Selain itu, kemampuan madu dalam menjaga kelembapan rambut juga berguna untuk mencegah kekeringan dan juga kerutan dini.

Untuk melembutkan rambut, kamu bisa mencoba campuran madu dan cuka apel. Cuka apel mengandung enzim dan nutrisi yang baik dan dibutuhkan rambut untuk membuatnya lembut secara alami. Bahan-bahan campuran cuka apel dan madu juga bisa menyegel folikel dan kutikula rambutnya, memperkuat sekaligus membuatnya sehat dan bersinar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait