Gunakan 10 Bahan Alami Ini untuk Menghilangkan Bekas Cacar Air
polipainclinic.com
Health

Bekas luka yang ditimbulkan oleh cacar air memang sangat menggangu penampilan. Cari tahu cara menghilangkannya di artikel ini, yuk.

WowKeren - Cacar air merupakan salah satu penyakit yang umumnya terjadi pada anak-anak di bawah usia 15 tahun. Namun, penyakit satu ini dapat terjadi di semua usia. Terutama pada orang-orang yang sistem imunnya sedang lemah seperti ibu hamil, bayi dan lansia.

Saat kecil, kalian pasti pernah mendapatkan vaksin cacar air, kan? Vaksin tersebut berguna untuk membuat tubuh kebal terhadap virus varicella zoster yang menjadi penyebab munculnya cacar air.


Penyakit ini dapat terlihat dari ruam merah yang muncul di seluruh tubuh. Ruam itu kemudian akan berubah menjadi bintil merah yang berisi cairan dan menyebabkan gatal. Saat mengalami cacar air, biasanya penderita juga akan mengalami gejala lain seperti muntah, leher kaku, kejang dan masih banyak lagi.

Cacar air biasanya sembuh setelah 7 hingga 14 hari. Yang paling menyebalkan setelah terkena cacar air adalah bekas luka yang ditinggalkan dari bintil yang muncul sebelumnya. Bekas luka tersebut berwarna hitam dan cukup mengganggu penampilan apalagi jika berada di wajah.

Untuk menghilangkannya, kalian dapat mencoba 10 bahan alami berikut ini. Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Manfaat Jagung Muda untuk Menghilangkan Bekas Cacar Air


Manfaat Jagung Muda untuk Menghilangkan Bekas Cacar Air
Shutterstock

Jagung merupakan salah satu bahan alami yang manfaatnya besar untuk tubuh. Selain digunakan sebagai pengganti nasi, jagung khususnya yang muda atau manis dikenal ampuh untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh cacar air. Penggunaannya telah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu obat tradisional. Manfaat tersebut diperoleh karena tumbuhan ini memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi.

Untuk menggunakannya juga simpel banget. Kalian hanya perlu memarut jagung muda hingga halus. Setelah itu, oleskan pada bekas luka cacar air. Pada bagian wajah, kalian dapat memakainya sekaligus sebagai masker. Diamkan hingga mengering dan bilang dengan air bersih. Jika kalian melakukannya secara rutin, dijamin bekas luka akan segera memudar dan kemudian hilang.

2. Gunakan Tomat untuk Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air


Gunakan Tomat untuk Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air
Shutterstock

Kegunaan tomat dalam bidang kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Buah satu ini kaya akan vitamin E dan C yang bermanfaat untuk menyingkirkan bakteri serta mengembalikan keseimbangan kulit. Karena hal itu tomat dimanfaatkan untuk mengatasi bekas luka cacar air. Selain itu, masalah kulit lainnya seperti jerawat dan kulit kusam juga dapat diatasi dengan buah satu ini, lho.

Penggunaan tomat untuk menghilangkan bekas cacar air sangat mudah. Kalian hanya perlu menghaluskan tomat matang untuk dijadikan sebagai masker wajah. Atau bisa dengan membelah tomat menjadi beberapa bagian kemudian oleskan pada wajah dan area tubuh yang terdapat bekas luka. Diamkan hingga kering lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Pepaya dapat Menjadi Obat Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air


Pepaya dapat Menjadi Obat Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air
Shutterstock

Buah pepaya adalah salah satu yang paling ampuh untuk melancarkan pencernaan. Rupanya buah yang berwarna oranye ini juga sering digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air berkat kandungan vitamin E di dalamnya. Pepaya juga dapat mengangkat sel kulit mati yang tentunya membantu proses menyamarkan bekas luka.

Masih sama seperti sebelumnya, penggunaan pepaya cukup dengan menghaluskannya. Kemudian campurkan dengan madu dan oleskan pada bagian yang terdapat bekas luka cacar air. Jangan lupa lakukan secara rutin setiap hari, ya.

4. Lidah Buaya Bermanfaat Besar untuk Masalah Kulit


Lidah Buaya Bermanfaat Besar untuk Masalah Kulit
Shutterstock

Salah satu tumbuhan yang memiliki manfaat sangat besar untuk kecantikan wajah dan rambut adalah lidah buaya. Tumbuhan berduri ini mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Bahkan saking ampuhnya untuk memperbaiki kulit rusak, sudah banyak produk yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya.

Lidah buaya pun kerap digunakan untuk mengatasi bekas luka di kulit akibat cacar air. Kalian cukup mengoleskan gel di dalamnya pada bagian kulit terdapat bintik hitam bekas luka tersebut dan biarkan hingga mengering. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali sehati setiap setelah mandi.

5. Sari Lemon Mengandung Vitamin C Tinggi


Sari Lemon Mengandung Vitamin C Tinggi
Shutterstock

Vitamin C memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan flek-flek hitam pada wajah. Kandungan tersebut banyak ditemukan di buah lemon. Dengan begitu, lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka cacar air yang biasanya memang berwarna hitam. Bekas luka tersebut akan memudar seiring penggunaan lemon dan lama-kelamaan menghilang.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kalian hanya perlu memeras lemon dan oleskan sarinya pada wajah atau bagian bekas luka tersebut. Kalian juga bisa mencampurkan air perasan lemon dengan madu, lho.

6. Minyak atau Tablet Vitamin E Dapat Menghilangkan Bekas Cacar Air


Minyak atau Tablet Vitamin E Dapat Menghilangkan Bekas Cacar Air
Shutterstock

Minyak vitamin E memiliki sifat melembapkan dan mengandung antioksidan kuat. Selain itu, minyak ini bermanfaat untuk menyamarkan noda dan menghaluskan kulit. Minyak vitamin E juga telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan. Biasanya minyak ini dijual dalam bentuk tablet.

Kalian dapat menemukan produk tablet vitamin E di apoterk terdekat, kok. Kemudian, tinggal tuangkan minyak di telapak tangan dan oleskan pada area yang di mana bekas cacar air berada. Kalian dapat memberikan sedikit pijatan agar sirkulasi darah meningkat yang juga memberikan efek pada proses penyembuhan bekas cacar tersebut.

7. Bekas Cacar Air dapat di Atasi dengan Baking Soda


Bekas Cacar Air dapat di Atasi dengan Baking Soda
Shutterstock

Baking soda merupakan natrium bikarbonat yang memiliki fungsi sebagai antibakteri, antijamur, antiseptik dan antiperadangan. Bahan satu ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka cacar air yang umumnya sama dengan flek yang ditimbulkan oleh jerawat.

Kalian tidak perlu perlu menjadikan baking soda sebagai masker wajah. Cukup dengan mengoleskannya pada bekas luka cacar air. Sebelumnya jangan lupa campur dengan menggunakan air, ya.

8. Gunakan Air Kelapa untuk Mengatasi Berbagai Penyakit


Gunakan Air Kelapa untuk Mengatasi Berbagai Penyakit
Shutterstock

Air kelapa dikenal dengan manfaatnya untuk menetralkan racun. Biasanya penderita cacar air akan disarankan untuk mengonsumsi minuman satu ini agar cepat sembuh. Rupanya, air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka akibat penyakit tersebut.

Untuk menggunakannya, kalian cukup mengoleskan air kelapa pada area bekas cacar air berada. Kemudian diamkan hingga kering lalu bilas menggunakan air. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Madu Memiliki Manfaat Hilangkan Bekas Cacar Air


Madu Memiliki Manfaat Hilangkan Bekas Cacar Air
Shutterstock

Madu memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Medu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat menyembuhkan bekas luka cacar air pada kulit. Selain itu, sel kulit akan lebih sehat dan kondisinya juga membaik.

Penggunaan madu, cukup dengan menjadikannya masker wajah. Kalian bisa mencampur bahan alami tersebut menggunakan oatmeal agar hasilnya lebih efektif. Oleskan juga pada bagian tubuh lain yang terdapat bekas luka cacar air.

10. Atasi Bekas Cacar Air dengan Mengkudu


Atasi Bekas Cacar Air dengan Mengkudu
Shutterstock

Kalian pasti tidak menyangka bahwa mengkudu dapat membantu menghilangkan bekas cacar air, kan? Buah yang memiliki bau tidak sedap ini mengandung antioksidan tinggi sehingga akan menyamarkan bekas luka dalam waktu yang cepat.

Cara menggunakan mengkudu sangat mudah, lho. Mengkudu yang telah disiapkan harus dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian oleskan secara merata pada bagian di mana bekas luka cacar air berada. Lalu diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru