10 Cara Alami Serta Murah untuk Mencegah dan Membasmi Rayap di Lemari
Lifestyle

Mengatasi rayap tidak memerlukan obat-obatan kimia, lho. Ada 'resep tradisional' yang juga ampuh untuk membasmi hewan kecil itu

WowKeren - Jika kalian memiliki perabotan kayu di rumah pasti sudah tidak asing dengan hewan kecil pengganggu, rayap. Keberadaan rayap tentu akan membuat material rumah dan perabotan dengan bahan kayu menjadi tidak tahan lama dan mengalami kecacatan.

Mengatasi rayap juga tidak mudah, kalian membutuhkan kesabaran yang ekstra. Jika salah-salah, bukannya hilang, rayap malah akan menular pada perabotan atau material rumah lainnya.


Nah, mengatasi rayap tidak memerlukan obat-obatan kimia, lho. Ada "resep tradisional" yang juga ampuh untuk membasmi hewan kecil itu. Mau tahu apa saja? Kalian bisa simak di bawah ini. Ada cara untuk mencegah keberadaan rayap juga, lho.

1. Bangun Rumah dengan Ventilasi yang Cukup


Bangun Rumah dengan Ventilasi yang Cukup

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa rayap sangat menyukai tempat yang lembap dan jarang terpapar sinar matahari. Maka dari itu, kalian membutuhkan ventilasi agar rumah tetap kering dan cahaya matahari bisa masuk ke setiap sudut.

Selain itu, hindari menaruh perabotan berbahan kayu pada area rumah yang kalian rasa lembap. Hal itu tentu akan mengundang rayap berdatangan. Halaman rumah juga sebaiknya bebas dari genangan air. Pasalnya, lokasi tersebut menjadi tempat rayap berkembang biak sebelum menggerogoti material dan perabotan rumah kalian.

2. Gunakan Kapur Barus Agar Tidak Ada Rayap


Gunakan Kapur Barus Agar Tidak Ada Rayap

Mencegah lebih baik dari mengobati, bukan? Untuk mencegah rayap, kalian bisa menaruh pewangi lemari. Pewangi yang paling ampuh adalah kapur barus. Memang enggak banyak orang yang menggunakan pewangi jenis ini lagi. Tapi, khasiatnya untuk mencegah rayap tak perlu diragukan.

Kalian cukup menaruh kapur barus di setiap sudut lemari. Lebih efektif lagi jika kapur barus dihancurkan terlebih dahulu kemudian sebarkan di dalam lemari. Bau kapur barus tersebut tidak disukai rayap sehingga mereka sudah ogah untuk mendekat.

3. Beri Jarak Lemari dari Tembok untuk Mencegah Rayap


Beri Jarak Lemari dari Tembok untuk Mencegah Rayap

Perlu kalian ketahui bahwa rayap bisa memasuki rumah kapan saja dan di mana saja. Umumnya, tembok dan lantai menjadi perantara hewan kecil tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan jarak antara tembok dan lemari atau perabotan kayu sekitar 10 cm. Dengan begitu, resiko serangan rayap secara langsung ke lemari dapat berkurang.

4. Larutan Garam Membuat Rayap Musnah


Larutan Garam Membuat Rayap Musnah

Cara selanjutnya yang dapat membasmi rayap adalah dengan menyemprotkan larutan garam. Cara ini tentu sangat mudah dan efektif. Kalian hanya perlu melarutkan satu mangkuk garam pada setengah liter air. Buat larutan tersebut memiliki konsemtrasi yang tinggi.

Kemudian masukkan ke dalam botol semprotan. Tinggal aplikasikan pada lemari yang terkena rayap dan mereka akan mati lemas. Jangan biarkan satu tempat pun bebas dari semprotan air garam agar tidak ada sisa rayap yang menggrogoti lemari lagi.

5. Gunakan Larutan Kapur Sirih utnuk Membasmi Rayap


Gunakan Larutan Kapur Sirih utnuk Membasmi Rayap

Selain air garam, larutan kapur sirih juga ampuh untuk menghilangkan rayap, lho. Larutan ini sangat tidak disukai rayap karena memiliki sifat panas bagi tubuh rayap. Sebenarnya, larutan kapur sirih juga dapat digunakan untuk membasmi serangga lainnya, lho.

Sama seperti sebelumnya, kalian hanya perlu melarutkan kapur sirih. Kemudian semprotkan pada sarang rayap. Selain itu, kalian juga bisa menyemprotkannya pada tempat lain agar rayap tidak berpindah.

6. Campuran Air dan Sabun Bakal Singkirkan Rayap


Campuran Air dan Sabun Bakal Singkirkan Rayap

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan adalah air sabun. Dengan menyemprotkan air sabun pada sarang rayap, sistem pernapasan mereka akan terganggu. Sehingga rayap akan mati dengan sendirinya.

Untuk membuatnya, kalian bisa melarutkan sabun cair. Kemudian kocok hingga menyatu. Semprotkan larutan sabun pada area yang terdapat rayap. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari hingga rayap terbunuh.

7. Atasi Rayap dengan Air Cucian Beras


Atasi Rayap dengan Air Cucian Beras

Nah, yang satu ini merupakan merupakan cara super hemat untuk membasi rayap, yakni dengan memanfaatkan air cucian beras. Manfaatnya cukup besar, lho. Untuk yang satu ini jangan disemprotkan, kalian bisa menyiramkan langsung pada lemari atau perabotan lain yang diserang rayap.

8. Menggunakan Jebakan Kardus


Menggunakan Jebakan Kardus

Tidak hanya tikus, rayap bisa juga dibasmi dengan memasang jebakan, lho. Caranya adalah dengan menggunakan kardus yang lembap. Sebelum melakukan cara ini, kalian harus mengetahui terlebih dahulu di mana rayap bersarang. Kemudian tempatkan kardus di sana hingga baunya yang menyerupai kayu menarik perhatian rayap. Ketika rayap sibuk memakan kardus, pindahkan pada tempat yang luas dan aman untuk membakarnya.

9. Berikan Suhu Dingin yang Ekstrem dengan Menghidupkan AC


Berikan Suhu Dingin yang Ekstrem dengan Menghidupkan AC

Rayap memang menyukai tempat yang lembap, namun, mereka tidak tahan dengan suhu ekstrem. Kalian bisa membasmi rayap dengan menyetel pendingin udara pada temperatur paling rendah. Perpindahan suhu secara tiba-tiba menjadi dingin akan membunuh rayap dengan mudah. Kalau perlu, pindahkan semua perabotan yang dimakan rayap ke dalam ruangan yang memiliki pendingin.

10. Jemur Perabotan Kayu di Tempat Panas


Jemur Perabotan Kayu di Tempat Panas

Cara terakhir untuk membasmi rayap adalah memindahkan tempat hidupnya ke tempat yang panas. Seperti diketahui, sinar matahari menjadi cara ampuh untuk mengatasi rayap. Jadi, kalian bisa menjemur lemari atau perabotan lain yang dimakan rayap di bawah sinar matahari. Lakukan penjemuran secara rutin hingga rayap menghilang.

You can share this post!

Related Posts
Loading...