Hina Mantan Raja Malaysia, Tiga Warganet Ini Ditangkap Polisi
Dunia

Diduga membuat komentar yang berisi hinaan atas Raja Malaysia yang baru turun takhta, Sultan Muhammad V, tiga pengguna akun media sosial ditangkap polisi.

WowKeren - Pihak otoritas Malaysia baru saja melakukan penangkapan atas dua pria dan satu wanita. Penangkapan ini dilakukan atas dugaan menghina mantan Raja Malaysia, Sultan Muhammad V dari Kelantan, sehubungan dengan pengunduran dirinya pada 6 Januari 2019 lalu.

"Penangkapan dilakukan karena kami menerima sejumlah laporan mengenai pengguna akun media sosial yang mengunggah komentar berisi penghinaan terhadap Sultan Muhammad V," terang Inspektur Jenderal Polisi Diraja Malaysia, Mohamad Fuzi Harun, dilansir Channel News Asia, Kamis (10/1). Ketiga pengguna media sosial tersebut merupakan pemilik akun Twitter @azhamakhtar dan @aliaastaman, serta akun Facebook atas nama Eric Liew.


Ketiga warganet tersebut akan diperiksa sesuai perundangan yang berlaku. "Tiga orang yang diduga terlibat ini akan diperiksa dan diidentifikasi di bawah Undang-Undang Sedisi Malaysia," lanjut Mohamad.

Pihak kepolisian Malaysia memperingatkan agar publik berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Mereka berharap warganet tidak membuat pernyataan provokatif yang dapat menimbulkan kesalahpahaman terkait pengunduran diri Sultan Muhammad V.

Pernyataan tersebut ditakutkan bisa menimbulkan persepsi yang salah. "Komentar-komentar yang tak pantas akan menyebabkan persepsi negatif terhadap institusi Kerajaan," terang Mohamad.

Diketahui, Sultan Muhammad V mundur dari jabatan lima tahunnya setelah dua tahun bertakhta. Pengunduran diri raja tersebut merupakan pertama kalinya dalam sejarah Kerajaan Malaysia.

Setelah Raja Malaysia ke-15 turun takhta, Konferensi Penguasa Malaysia akan menggelar pertemuannya dan memilih raja baru dari beberapa kandidat yang ada. Rencananya, Raja Malaysia ke-16 akan disumpah pada akhir Januari 2019 mendatang.

Alasan pasti pengunduran Sultan Muhammad V juga belum dikonfirmasi oleh pihak Istana. Namun berdasarkan spekulasi yang beredar, mantan Raja Malaysia ini turun takhta demi pernikahannya dengan ratu kecantikan asal Rusia, Oksana Voevodina.

Pernikahan keduanya dilangsungkan di sebuah main hall papan atas di Moskow. Oksana sendiri dikabarkan sudah menjadi mualaf.

You can share this post!

Related Posts
Loading...