Terkait Fenomena Langka Ribuan Jangkrik yang Serbu Mekkah, Begini Pernyataan KJRI Jeddah
Dunia

Sampai saat ini, pemerintah setempat masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait penyebab terjadinya fenomena langka ini.

WowKeren - Publik dunia dan media sosial dikejutkan dengan fenomena langka berupa ratusan serangga yang menyerbu Mekkah, Arab Saudi. Seperti diberitakan sebelumnya, terlihat ratusan jenis serangga mulai dari belalang hingga jangkrik memenuhi berbagai bangunan di Mekkah. Jemaah yang berada di wilayah Mekkah juga terlihat terganggu dengan sejumlah besar serangga yang merayapi tubuhnya.

Dalam sebuah video, tampak serangan serangga tersebut menginvasi beberapa lokasi seperti sekolah, rumah, bahkan hingga masjid-masjid. Pemerintah setempat telah membenarkan adanya kejadian tak biasa ini. Menurut pihaknya, kejadian seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk mengatasinya, telah dilakukan pengasapan untuk membasmi serangga-serangga tersebut di seluruh kota.


Terkait fenomena langka ini, Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) Jeddah telah memberikan pernyataan. Menurut KJRI Jeddah, serangga yang menyerbu Mekkah bukanlah jenis yang berbahaya.

"Sampai hari ini, belum ada info resmi dari pemerintah Saudi," terang Konsul Pensosbud KJRI Jeddah Ahmad Syofian seperti dilansir Jumat (11/1). "Menurut beberapa kontak, jangkriknya tidak berbahaya, seperti kerumunan lalat."

Seorang penduduk setempat juga mengatakan bahwa fenomena ini baru pertama kali terjadi di Mekkah. Para pakar juga belum berhasil mengetahui apa penyebab para serangga ini menyerbu Mekkah. Dr Jacky Judas, perwakilan dari WWF dan Emirates Nature menduga munculnya serangga-serangga ini datang dari pembudidayaan jangkrik di Semenanjung Arab.

You can share this post!

Related Posts