Indonesia Negara Bahagia ke-92, Kalahkan Myanmar dan Laos di Asia Tenggara
tripcanvas.co
Nasional

Indeks kebahagiaan disusun berdasarkan faktor harapan hidup, dukungan sosial, serta tingkat korupsi di 156 negara di dunia.

WowKeren - World Happiness Report (WHR) merilis laporan terbaru mereka terkait daftar negara-negara bahagia di dunia. Seperti tahun sebelumnya, Finlandia kembali menyabet gelar Negara Paling Bahagia. Finlandia menduduki peringkat teratas dengan jumlah poin sebanyak 7.769.

Menyusul di peringkat dua, ada Denmark dengan perolehan poin sebanyak 7.600. Disusul dengan Norwegia serta Islandia di peringkat tiga dan empat berturut-turut.


Sementara itu dari 156 daftar negara yang dirilis, Indonesia berada di peringkat ke-92 dengan perolehan poin sebanyak 5.192. Jumlah ini mengalahkan Myanmar dan Laos di Asia Tenggara dengan perolehan poin sebanyak 4.796 dan 4.360. Adapun Myanmar dan Laos menempati peringkat 131 dan 105.

Sedangkan negara tetangga seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia menjadi negara dengan tingkat kebahagiaan lebih tinggi dari Indonesia. Berturut-turut, mereka menduduki peringkat 34, 52, 80.

Indikasi poin kebahagiaan yang dirilis oleh WHR disusun berdasarkan beberapa faktor. Di antaranya seperti harapan hidup, dukungan sosial, serta tingkat korupsi.

CEO Institut Penelitian Kebahagiaan yang berbasis di Kopenhagen Meik Wiking mengatakan bahwa lima negara Nordik yang berada di urutan atas dianggap telah melakukan sesuatu yang benar dalam menciptakan kondisi yang baik untuk kehidupan warganya.

"Singkatnya, (negara-negara Nordik) sangat pandai mengonversikan kekayaan mereka menjadi kesejahteraan," kata Meik dilansir dari DailyMail, Rabu (20/3). "Temuan mengenai kebahagiaan para pendatang menunjukkan bahwa kondisi kehidupan yang ada di bawah berpengaruh besar pada kualitas kehidupan. Jadi, kebahagiaan bukan hanya masalah pilihan."

Di bawah Indonesia, tak sedikit negara-negara di Afrika yang masuk ke dalam daftar 50 terendah seperti Kenya, Somalia, Ethiopia, Mesir, Liberia hingga Zimbabwe. Sudan Selatan berada di urutan terbawah dengan perolehan skor 2.853.

Krisis perang saudara yang bergejolak di Sudan membuat sebanyak 60 persen penduduk negara ini kekurangan pasokan makanan. Perang sipil yang berlangsung selama lima tahun telah memakan sedikitnya 400.000 korban jiwa.

Meski tidak mengalami krisis perang saudara seperti di sejumlah negara di dunia, Indonesia memiliki masalah sendiri yang tak kunjung tuntas. Seperti diketahui, korupsi di Indonesia tidak bisa dikatakan sedikit lantaran "penyakit" yang satu ini sudah mengakar di negeri. Meskipun Indonesia sudah memiliki Lembaga Anti Rasuah, namun korupsi yang ada masih belum bisa benar-benar dibersihkan.

You can share this post!

Related Posts
Loading...