Merusak Rasa dan Kesehatan, Jangan Mengolah 6 Jenis Makanan Ini Dengan Wajan Besi
Alibaba
Kuliner

Nah, perlu kalian tahu bahwa enggak semua makanan dapat diolah dengan wajan besi. Apa saja ya? Cari tahu di bawah ini!

WowKeren - Wajan besi merupakan salah satu alat masak yang banyak digemari. Beberapa resep makanan lebih praktis jika menggunakan jenis wajan satu ini. Misalnya saja, ketika kalian ingin membuat steak tuna, menumis sayuran dan lainnya.

Nah, perlu kalian tahu bahwa enggak semua makanan dapat diolah dengan wajan besi. Pasalnya, wajan besi dapat mempengaruhi cita rasa masakan hingga menimbulkan efek samping pada kesehatan, lho.

Agar tidak salah saat memasak, berikut 6 jenis makanan yang sebaiknya tidak diolah menggunakan wajan besi. Apa saja, ya? Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Makanan yang Berbau Tajam


Makanan yang Berbau Tajam

Jenis makanan pertama adalah yang memiliki bau tajam. Sebut saja bawang putih, paprika, beberapa jenis ikan dan lainnya sebaiknya tidak kalian masak menggunakan wajah besi. Hal tersebut lantaran wajan besi sangat mungkin untuk menaruh bau yang sulit dihilangkan.

Aroma tidak sedap tersebut akan mengkontaminasi makanan lainnya. Kalian tidak mau mengonsumsi makanan dengan bau dari makanan lainnya, kan?

2. Hindari Mengolah Telur dan Makanan Lengket Lainnya dengan Wajan Besi


Hindari Mengolah Telur dan Makanan Lengket Lainnya dengan Wajan Besi

Makanan selanjutnya adalah telur. Ketika kalian memasak telur dengan wajan besi, maka sejumlah partikel kecil pada wajan tersebut akan ikut terbawa dan menempel pada telur dadar. Hal ini tentu akan merusak penampilan telur dan membahayakan kesehatan, lho.

Tak hanya telur, hal tersebut juga berlaku pada makanan yang lengket lainnya. Sebaiknya kalian menggunakan wajan khusus yang anti lengket.

3. Jangan Memasak Keju dengan Wajan Besi


Jangan Memasak Keju dengan Wajan Besi

Keju merupakan bahan makanan yang kerap digunakan untuk membuat spageti, makaroni atau jenis pasta lainnya. Namun, mengolah bahan ini sebaiknya jangan menggunakan wajan besi lantaran dapat mempengaruhi kualitas rasa dan tekstur keju, lho. Pasalnya, logam akan membuat cita rasanya menjadi tidak maksimal.

4. Makanan yang Asam


Makanan yang Asam

Wajan besi juga sebaiknya tidak digunakan untuk mengolah bahan makanan yang asam seperti tomat dan lemon. Bahan tersebut akan menyebabkannya larut ke dalam makanan dan memecah bumbu. Makanan yang mengandung asam tinggi juga akan cenderung mempengaruhi cita rasa akhir masakan jika diolah dengan wajan besi.

5. Ikan dengan Tekstur Halus


Ikan dengan Tekstur Halus

Ikan yang halus merupakan salah satu makanan yang tidak dianjurkan diolah menggunakan wajan besi. Kemungkinan besar, daging ikan akan menempel pada permukaan wajah sehingga merusak tekstur. Parahnya, masalah kalian akan berwarna coklat hingga kehitaman jika tidak hati-hati. Jenis ikan yang lembut seperti ikan dori, sementara salmon dan tuna tidak masalah lantaran dagingnya yang padat.

6. Makanan Penutup Seperti Pancake


Makanan Penutup Seperti Pancake

Memasak pancake atau makanan penutup lainnya menggunakan wajan besi akan memberikan hasil renyah dan menggugah selera. Namun, perlu kalian tahu bahwa wajan tersebut dapat menyerap cita rasa makanan.

Ketika kalian memasak makanan penutup di atas panci besi, reaksi antara bahan mentah dan logam akan menambah beberapa rasa tajam ke dalam hidangan. Maka dari itu, disarankan membuat pancake menggunakan panci berenamel.

Simak pengawet makanan alami yang dapat kalian gunakan dengan aman di sini. Selain itu, ketahui bahan pengganti tepung yang lebih sehat di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel