Drama Baru Song Joong Ki Dituduh Aniaya Staf, Begini Kata Perusahaan Produksi
TV

Drama baru Song Joong Ki dan Kim Ji Won 'The Chronicles of Aseudal' dituding tidak memberikan lingkungan kerja yang memadai bagi anggota staf. Dan begini pernyataan resmi dari perusahaan produksi drama tersebut.

WowKeren - Pada Rabu (10/4), Hanbit Center dan departemen penyiaran dari Hope Solidarity Labor Union menggelar konferensi pers di depan gedung Administrasi Ketenagakerjaan dan Administrasi Perburuhan Regional Seoul. Aksi ini digelar untuk menyuarakan keprihatinan mereka terhadap dugaan kondisi kerja kurang memadai yang dialami oleh staf drama "The Chronicles of Aseudal".

Mereka menyuarakan bahwa perusahaan produksi Studio Dragon telah melanggar Undang-Undang Standar Buruh selama perekrutan anggota staf dan syuting drama tersebut. Mereka juga telah mengajukan surat keluhan sebelumnya.

Seorang anggota staf menjelaskan beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh Studio Dragon. Perusahaan tersebut bahkan belum membayar uang lembur kepada para staf.

"Studio Dragon tidak menandatangani kontrak kerja formal dengan anggota staf dan belum mematuhi peraturan terkait jam kerja dan pembatasan lembur," ungkap staf tersebut. "Selain itu, mereka belum membayar kami untuk jam kerja lembur. Selama syuting di Brunei, kami bekerja paling lama 151 jam 30 menit dalam seminggu tanpa hari libur. Seorang anggota staf bahkan lengannya sampai patah karena kecelakaan."

Menanggapi kontroversi ini, Studio Dragon pun akhirnya merilis pernyataan resminya. Dalam pernyataannya, mereka menyatakan tekadnya untuk memperbaiki kondisi kerja di lokasi syuting "The Chronicles Of Aseudal".


"Perusahaan telah berpartisipasi aktif dalam pembicaraan dengan departemen penyiaran dari dari Hope Solidarity Labor Union," ujar pihak Studio Dragon. "Dan telah membahas jadwal pertemuan lebih lanjut hingga kemarin ketika kami mendengar bahwa konferensi pers digelar."

"Perusahaan terus bekerja keras untuk memperbaiki kondisi kerja jaringan penyiaran agar selaras dengan maksud asli dari pedoman produksi," imbuh pihak Studio Dragon. "Karena kurangnya sukarelawan untuk bertindak sebagai kelompok konsultatif yang mewakili staf penyiaran, kami mengalami beberapa kesulitan dalam merumuskan perubahan pada pedoman."

"Meski demikian, kami berkomitmen untuk meningkatkan kondisi produksi dengan rasa kewajiban yang tinggi," lanjut pihak Studio Dragon. "Dan kami mematuhi waktu produksi 68 jam per minggu dan mengoperasikan tim produksi sekunder."

"Berkenaan dengan kecurigaan saat ini mengenai jam kerja tim seni atau rias, ini disebabkan karena adanya perbedaan dalam standar yang dengannya waktu dihitung," jelas pihak Studio Dragon. "Dan kecurigaan lain saat ini membutuhkan bukti lebih lanjut untuk memastikan hal itu."

"Perusahaan berencana secara sukarela untuk bekerja sama dengan setiap permintaan yang dibuat oleh Administrasi Ketenagakerjaan dan Tenaga Kerja Seoul," terang pihak Studio Dragon. "Dan kami berencana untuk melakukan yang terbaik dalam memastikan pedoman baru diberlakukan di semua kondisi kerja di setiap bagian dari proses produksi."

Sementara itu, "The Chronicles of Aseudal" dibintangi oleh Song Joong Ki dan Kim Ji Won. Drama ini akan menjadi proyek reuni mereka setelah keduanya sama-sama membintangi drama hit "Descendants of the Sun" pada tahun 2016 lalu.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru