PSI Yakin Surat Suara Tercoblos 01 Di Malaysia Bukan Permainan Jokowi
Instagram/tsamaradki
Nasional

Ketua DPP PSI, Tsamara Amany, yakin bahwa surat suara yang tercoblos di bagian paslon 01 tidak ada kaitannya dengan Joko Widodo sendiri, dan meminta Bawaslu segera mengusut tuntas.

WowKeren - Publik tengah digegerkan dengan informasi temuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pun turut memberikan tanggapannya.

Calon legislatif (caleg) PSI, Tsamara Amany, meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera mengusut tuntas kasus tersebut. Tsamara juga menegaskan bahwa surat suara yang tercoblos di bagian paslon 01 tersebut tidak ada kaitannya dengan Joko Widodo sendiri.

"Saya meminta Bawaslu mengusut tuntas kasus surat suara yang tercoblos di Malaysia. Saya yakin ini bukan permainan Pak Jokowi," tegas Tsamara, Kamis (11/4). "Kita harus melihat ini secara menyeluruh, bahwa ada isu negatif berkembang mengenai permainan kotor dalam memenangkan calon anggota legislatif tertentu."

Selain tercoblos di nama Jokowi-Ma'ruf Amin, surat suara yang ditemukan juga ada yang tercoblos di nama caleg DPR RI Partai NasDem Dapil DKI II, Davin Kirana. Diketahui, Davin merupakan anak Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

"Ada isu negatif yang berkembang bahwa kejadian ini terkait dengan Davin Kirana, yang merupakan anak Rusdi Kirana, yang kini menjabat Duta Besar RI di Malaysia," tutur Tsamara. "Ada kecurigaan publik mengenai penggunaan kekuasaan untuk kepentingan politik tertentu, dalam hal ini anaknya sendiri. Saya sendiri tak ingin percaya."


Untuk menghindari beredarnya isu yang tidak benar, Tsamara menuntut Bawaslu untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut. Sehingga isu politik yang berkembang di masyarakat dapat diatasi.

"Karena itu, Bawaslu sebaiknya segera mengusut tuntas siapa pelaku di balik surat suara yang tercoblos," jelas Tsamara. "Agar isu permainan politik yang kini berkembang di publik bisa segera dijawab dengan fakta dan bukti."

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur, Yaza Azzahara Ulyana, surat suara tercoblos ditemukan di dua lokasi. Yang pertama adalah Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

Ditemukan surat suara dalam bag diplomatik, kantong plastik hitam, dan 5 karung goni dengan tulisan Pos Malaysia di lokasi tersebut. Lalu lokasi kedua adalah kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor.

Di lokasi ini ditemukan 158 karung berisi surat suara. Menurut Yazza, jarak tempuh antara kedua lokasi sekitar 15 menit.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait