Ruhut Sitompul Sindir Kubu Prabowo: Pilkada DKI Akui Quick Count, Giliran Kalah Tak Mengakui
Nasional

Diketahui, pada Pilkada DKI Jakarta 2017, kubu Prabowo yang mengusung Anies-Sandiaga mempercayai hasil quick count yang menunjukkan kemenangan mereka.

WowKeren - Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah mendeklarasikan kemenangan mereka dalam Pilpres 2019. Tak hanya itu, Prabowo juga menduga ada kecurangan dan tak mempercayai hasil quick count yang dinilai sebagai penggiringan opini.

Anggota Bidang Hukum Tim Kampanye Nasional (TKN), Ruhut Sitompul, lantas memberikan kritik kepada kubu Prabowo. Ruhut mempertanyakan mengapa kini kubu Prabowo tak mau mempercayai quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei dengan rekam jejak bagus.

Tak hanya itu, Ruhut juga menyindir dengan menyinggung situasi Pilkada DKI Jakarta pada 2017 silam. Diketahui, kala itu kubu Prabowo yang mengusung Anies Baswedan-Sandiaga mempercayai hasil quick count yang menunjukkan kemenangan mereka.

"Kenapa waktu di (Pilkada) DKI, quick count, exit poll, mereka menang, mereka mengakui," tutur Ruhut di Rumah Aspirasi, Jakarta Pusat, pada Minggu (21/4). "Giliran sekarang kalah, mereka tidak mengakui. Dan sekarang (Prabowo) sudah tiga kali deklarasi kemenangan."


Meski demikian, Ruhut juga meminta agar para pendukung Jokowi tidak terprovokasi dengan deklarasi kemenangan Prabowo. "Masyarakat Indonesia, kita tetap waspada melihat kelakuan Prabowo dan para pendukungnya," jelas Ruhut.

Menurut Ruhut, rakyat harus waspada terhadap deklarasi kemenangan. Ia juga meminta para simpatisan Jokowi untuk tidak takut dengan deklarasi tersebut.

"Karena itu wajar kenapa saya ajak waspada. Ini nanti tanggal 22 Mei, dengan terus tidak mengakui kekalahan, rentan menjelekkan exit poll dan quick count. Ini membuat mereka men-suggest rakyat, karena itu kita harus waspada," tutur Ruhut. "Tapi kita juga jangan sombong, kita jangan takut. Kita sudah menang. Tetap semangat kebersamaan, menjaga perasaan mereka yang kalah. Tapi rupanya mereka demikian, tapi enggak apa-apa."

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini masih berproses melakukan permutakhiran penghitungan Pilpres 2019 melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU. Perhitungan suara KPU disiarkan secara online pada pemilu2019.kpu.go.id.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait