Mie Ongklok Khas Wonosobo
Kuliner

Makanan tradisional di suatu daerah selalu menjadi hal menarik yang enggak bisa dilewatkan untuk dicoba. Seperti hal-nya dengan Provinsi Jawa Tengah, banyak kuliner khas yang layak banget kalian coba.

WowKeren - Berkunjung ke Jawa Tengah, tepatnya Wonosobo, kalian harus mencari kuliner yang bernama mie ongklok. Makanan ini berupa semangkuk mie kuning lembut dengan kuah yang lezat. Uniknya, kuah mie ini berwarna cokelat yang kental. Mie ini juga memiliki tambahan suwiran daging ayam serta bawang goreng.

Nah, bumbu yang melengkapi mie ini terbuat dari bumbu ongklok. Bumbu inilah yang menjadi kunci kelezatan makanan ini. Bumbu tersebut juga membuat proses pembuatan mie ongklok jadi tidak mudah. Proses pertama, mie direbus dengan sayuran. Kemudian ditiriskan dengan digoyang-goyang hingga menimbulkan bunyi ongklok-ongklok.

Kemudian, bumbu ongklok dibuat dari bawang merah dan putih, merica, ketumbar, kamijara, salam, laos, garam, gula dan vetcin. Haluskan bumbu tersebut kemudian beri air yang dicampurkan dengan tepung kanji. Umumnya, penyajian mie ongklok dilengkapi dengan sate sapi.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel