Sandiaga Prihatin Eggi Sudjana Ditangkap: Jangan Sampai Kita Bergerak ke Era Represif
Nasional

Sandiaga menilai bahwa keadilan tidak akan terjadi di Indonesia selama hukum hanya dipakai untuk melemahkan oposisi namun bersifat lunak terhadap penguasa. Ia tak ingin jika Indonesia bergerak ke era yang represif.

WowKeren - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno angkat bicara mengenai penangkapan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana. Sandiaga mengaku prihatin dengan kondisi belakangan ini dimana satu per satu pendukungnya mengalami kriminalisasi. Ia berharap agar hukum bisa ditegakkan seadil-adilnya.

"Ya tentunya saya sampaikan, satu per satu pendukung Prabowo-Sandi mengalami intimidasi, mengalami proses kriminalisasi," kata Sandiaga di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/5). "Mari kita gunakan hukum seadil-adilnya."

Menurut Sandiaga, hukum tidak bisa dikatakan berjalan efektif jika pada praktiknya masih bersifat tebang pilih. Ia menilai hukum di Indonesia masih belum ditegakkan secara maksimal sebab selama ini hukum hanya dipakai untuk melemahkan oposisi namun sangat lunak terhadap para penguasa.

"Karena kalau hukum hanya dipakai untuk menghantam oposisi, dipakai untuk mengintimidasi para pengkritik, tapi sangat lunak untuk para penguasa dan para penjilat," tegas Sandiaga. "Ya hukum ini tidak akan memiliki efektivitas untuk menjaga dan memastikan keadilan itu akan hadir di Indonesia."


Mantan Wagub DKI Jakarta tersebut mengaku prihatin dengan sikap penguasa yang cenderung membatasi kebebasan berpendapat, khususnya pada mereka yang mengkritik pemerintah. Padahal, pelaksanaan Pemilu harusnya bisa lebih baik lagi dengan menjunjung prinsip jujur dan adil.

"Saya prihatin melihat tindakan-tindakan yang mencederai kebebasan kita mengeluarkan pendapat," ungkap Sandiaga. "Dan keinginan kita untuk memastikan Pemilu kita lebih baik lagi."

Ia berharap agar hukum yang ada tidak dipakai untuk menggerus kebebasan berpendapat. Sebab, kebebasan tersebut pada dasarnya sudah dilindungi oleh konstitusi. Jika hal ini terus berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan hanya akan membawa Indonesia ke era yang represif.

"(Kebebasan berpendapat) ini jangan diberangus. Ini adalah kebebasan yang dilindungi oleh UU ini yang harus kita pastikan," tegas Sandiaga. "Jangan sampai nanti kita bergerak dari era demokrasi ke era represif."

Sebelumnya, Eggi ditangkap saat sedang menjalani pemeriksaan di ruang penyidik di Polda Metro Jaya. Penangkapan ini oleh pengacara Eggi dinilai cukup janggal.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru